"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Senin, 08 September 2014

Gunungkidul Trip 2014

Bus Crew Sarapan
Ahad, 7 September 2014 / 12 Dzulqa'dah 1435 H lalu TravelNusa (Traveler Nusantara) kembali mendapat kesempatan open trip bersama-sama rombongan ibu-ibu Dawis (Dasa Wisma) Nangka kelurahan Sumurboto Semarang ke Gunungkidul kali ini melengkapi perjalanan wisata pantai yang tahun lalu belum sempat TravelNusa (Traveler Nusantara) kunjungi. Dengan dipandu mas Amin dari Friend Tour's and Travel jl. Raya Tuntang - Bringin km 02 Toyogiri RT 02 RW 03 Delik Tuntang Kabupaten Semarang. Dan armada yang mengantar kami adalah Bus PO Citra Dewi dengan Nopol H-1456-EC dengan driver pak Solikin dan kondektur pak Rochmat.
Dari Semarang perjalanan di mulai jam 05.55 WIB via tol Tembalang - Bawen lanjut melewati Pasar Raya 1 Salatiga jam 06.43 WIB, Pasar Ampel Boyolali jam 07.02 WIB, Bonyokan-Jatinom-Klaten jam 07.39 WIB dan istirahat di SPBU 44.574.02 jam 07.57 WIB, bus crew sarapan.
Setelah 20 menit perjalanan pun dilanjutkan, jam 09.23 WIB sampai di jalan Piyungan - Prambanan, tanjakan Patuk jam 09.50 WIB, Playen jam 10.20 WIB  dan jam 11.45 WIB sampailah di tempat tujuan, pantai Pulang Sawal.

Pantai Pulang Sawal
Pantai Pulang Sawal
Pesona Pantai Pulang Sawal (ada juga yang menuliskan Pulang Syawal) atau dikenal sebagai Pantai Indrayanti terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di sebelah timur Pantai Sundak dan Somandeng. Koordinat GPS: S8°9'2" E110°36'44". Pantai Pulang Sawal merupakan sebuah pantai baru yang ada di Yogyakarta. Meskipun pantai ini belum lama dikenal oleh masyarakat, namun Pantai Pulang Sawal memiliki keindahan yang tidak kalah dibandingkan dengan pantai-pantai sekitar daerah Wonosari lainnya. Pantai ini tidak berukuran besar sehingga anda dapat menikmati keindahan alam sekitar pantai dengan lebih tenang dan maksimal.
Pantai Tanggole
Pantai Pulang Sawal (Pantai Indrayanti) dapat menjadi alternatif wisata pantai, karena selain kita di suguhi keindahan pantai yang ada kita juga dapat menikmati makanan yang dapat dibeli di pinggiran pantai. Terdapat restoran yang berupa Gazebo yang menyediakan berbagai masakan laut dan sayur lombok ijo untuk para pengunjung. Gazebo akan memberi kesan yang lebih alami untuk anda menikmati pantai.
Selain dari restoran yang ada di pinggiran pantai, Pantai Indrayanti juga memiliki fasilitas berupa penginapan dan jetski yang dapat digunakan untuk pengunjung. Tarif yang dipasang untuk menikmati fasilitas ini relatif terjangkau, untuk menginap di penginapan selama satu malam. Penginapan tersebut langsung berada di pinggir pantai sehingga sangat menarik untuk langsung melihat pemandangan pantai.
Pantai Somandeng
Pantai Pulang Sawal memiliki keindahan tersendiri dengan pasir putihnya rasa nyaman dengan adanya life guard atau petugas yang bertugas menjaga dan menolong ketika ada pengunjung yang tenggelam
Jika cukup waktu TravelNusa (Traveler Nusantara) bisa menikmati pantai disisi timur yang tak kalah menarik putih pasirnya, Pantai Tenggole. Jaraknya yang cuma 50 meter dari bukit sisi timur pantai Pulang Sawal mudah sekali dijangkau. Atau TravelNusa (Traveler Nusantara) bisa mengunjungi pantai disisi barat pantai Pulang Sawal dengan melewati celah dibawah bukit Watu Gilap, pantai Somandeng.
Sebelum kembali ke bus, TravelNusa (Traveler Nusantara) sholat dzuhur dulu di musholla An-Nurrohman disisi timur Art Market pantai Pulang Sawal. Jam 12.45 WIB TravelNusa (Traveler Nusantara) menikmati nasi box yang sudah disediakan oleh biro travel. Jam 13.05 WIB bus kami perlahan merayapi jalan sisi pantai menuju barat melewati pantai Somandeng, pantai Sundak dan perbukitan jati, lalu lintas padat merayap di kedua sisi dan sampailah kami di pantai Krakal jam 16.07 WIB. Sebelum menikmati pantai TravelNusa (Traveler Nusantara) sholat Ashar dulu di masjid Jami' Da'arul sekitar kawasan pantai Krakal.

Pantai Krakal
Pantai Krakal
Pantai Krakal termasuk pantai indah yang terdapat di sepanjang pulau Jawa. Pantai ini menerima panas matahari dari pagi hingga petang hari sepanjang tahun. Angin laut yang berhembus sangat sejuk dan ombaknya cukup besar. Pantai Krakal memiliki tekstur yang landai dan berpasir putih yang terhampar lebih dari 5 kilometer. Pantai ini dikembangkan menjadi kawasan pantai dan perkampungan wisatawan, khususnya wisatawan asing.
Fasilitas lain yang terdapat disini adalah warung makan, kamar mandi umum dan penginapan.Pantai ini dibatasi oleh pantai pantai Slili dan pantai Sadranan dan pantai Selayar disisi barat yang sebenarnya masih satu rangkaian pencapaian dengan pantai Krakal.
Pantai Selayar
Jam 16.58 WIB, TravelNusa (Traveler Nusantara) mempersiapkan diri menuju Malioboro sesuai rencana melewati jalur pantai Drini, pantai Sepanjang, pantai Watu Kodok, pantai Kukup dan pantai Baron. Dan jam 17.53 WIB kami sampai di pertigaan air terjun Sri Gethuk dan jam 17.54 WIB sampai di pasar Playen.
Jam 18.05 WIB sampailah TravelNusa (Traveler Nusantara) di Pusat Oleh-oleh khas Gunungkidul Yogyakarta "Ika Sari 2" Jl. Jogja Wonosari km 07 Gading - Playen - Gunung Kidul. Sebelum masuk Pusat Oleh-oleh TravelNusa (Traveler Nusantara) mampir sholat maghrib dulu  ke masjid Al-Hidayah Dawung - Gaing - Playen - unungkidul tempatnya berada di gang kecil depan Pusat Oleh-oleh.
Jam 19.00 WIB meninggalkan Pusat Oleh-oleh dan mapir dulu di SPBU 44.558.09 untuk mengisi Biosolar. Setelah itu perjalanan pun dilanjutkan, dan jam 19.40 WIB takjub melihat pemandangan kota Jogja malam hari penuh terang lampu dari tanjakan Patuk, keren banget.
Jam 20.15 WIB sampai di Rumah Makan Tulip Ringroad Giwangan 100m Timur perempatan Baturetno tepatnya depan kantor kecamatan Banguntapan Bantul, jalan Karangturi - Ngipik - Baturetno - Banguntapan. Yang menarik dari rumah makan ini adalah satu sisi disuguhi pemandangan sawah dan tempat cuci tangan wastafelnya sengaja tidak disediakan sabun, karena air yang keluar dari wastafel langsung masuk ke sawah, mencegah polusi ke tanaman.
Setelah selesai makan malam, saat di dalam bus kami berdiskusi tentang rencana perjalanan selanjutnya. Melihat waktu dan kelelahan fisik akibat macet di perjalanan pantai sepagi hari yang telah lewat, kami memutuskan untuk melupakan tujuan Malioboro dan mengalihkan tujuan yang lebih menyenangkan, tempat tidur di rumah masing-masing.
Jam 20.15 WIB kami memulai perjalanan pulang; Giwangan jam 21.05 WIB; Jl. Ring Road Barat jam 21.16 WIB; Kronggahan 21.16 WIB, Jl. Magelang Mlati jam 21.20 WIB, melewati Tempel jam 21.48 WIB dan tertidur. Jam 23.53 WIB terbangun di Bawen dan terjaga sepanjang tol Bawen - Tembalang hingga jam 00.20 WIB sampai di awal perjalanan kembali. Nice Trip 2 Gunungkidul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar