"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Rabu, 10 September 2014

Pembuat Zat Warna Alam Indigofera

Membuat Pasta Indigofera
Photo : Toko Batik Tulis Asli Giriloyo
Dari obrolan bersama pak Marheno beberapa waktu yang lalu, aku mencoba merangkum tentang cara membuat pasta indigo, dari daun indigo sampai menjadi pasta, pembuatan untuk tiap 1 kg pasta.
Mula-mula dipilih daun Indigo yang segar (kurang lebih 7 - 9 kg); lalu rendam daun indigo segar dalam air (diusahakan daun indigo benar-benar terendam air) selama 2 hari; kemudian saring larutan yang terbentuk, tuangkan pada bak atau ember yang berbeda. Setelah itu masukkan air Kapur, lalu lakukan proses pengkeburan / aerasi / peragian (bisa dilakukan dengan cara mengambil larutan dengan gayung lalu menuangkan larutan kembali ke ember dari ketinggian hingga menimbulkan buih-buih). Proses Pengkeburan / aerasi / peragian ini dilakukan hingga buih-buih yang tercipta menghilang, dan larutan hijau berubah menjadi biru; kembali diamkan larutan biru yang tercipta selama satu hari hingga tercipta endapan berwarna biru pekat; buang larutan bening diatasnya, ambil endapan berwana biru di bagian bawah yang sudah menjadi Pasta Indigo. 

Membuat Larutan Pewarna dari Pasta
Pasta Indigo yang terbentuk dari proses diatas sudah siap untuk digunakan mewarnai, caranya adalah sebagai berikut ; Mula-mula campur 1 kilogram pasta indigo dengan 5 litet air, larutkan; tambahkan Kapur dan Gula Jawa / Gula Aren / Gula Legen, dan lain-lain dengan perbandingan 1 : 1 (bisa juga 2 : 1, tergantung eksperimen dan arah warna yang ingin dihasilkan). Catatan : Gula dilarutkan dahulu dengan cara direbus dengan air secukupnya; diamkan larutan selama setengah hari (kurang lebih 12 jam) hingga larutan berwarna hijau; kemudian larutan Indigo siap digunakan untuk mencelup / mewarnai kain.

1 komentar:

  1. Assalamualaikum, mas ini pembuatan pewarnaan nya didaerah Semarang ? Boleh minta kontaknya ? Terimakasih

    BalasHapus