"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Rabu, 10 September 2014

Adab Bepergian Turun Bermalam, Dan Kasihan Terhadap Kendaraan Dan Menjaga Benar Kepentingan Kendaraan, Dan Boleh Menggoncengkan Orang Jika Dirasa Kuat Kendaraannya (6)

Abdullah bin Ja’far r.a. berkata : Rasulullah telah menggoncengkan saya di belakang kendaraannya, dan membisikkan kepada saya yang tidak akan saya ceriterakan kepada seorangpun. Dan Rasulullah jika berhajat suka berdinding dengan tonggak atau pagar kurma. (HR. Muslim).

Dalam lain riwayat ada tambahan : Maka Rasulullah masuk ke kebun seorang sahabat Anshor, tiba-tiba di sana ada unta, dan ketika terlihat oleh Rasulullah tiba-tiba ia merintih dan mencucurkan air mata, maka didekati oleb Nabi dan diusap-usap punggung dan dekat leher atau telinganya, hingga diamlah onta itu, kemudian Nabi bertanya : Siapakah pemilik onta ini? Maka datanglah seorang pemuda Anshor berkata : Itu milikku ya Rasulullah. Berkata Nabi : Tidakkah kau takut kepada Allah dalam memelihara binatang yang telah diberikannya kepadamu, Ia mengeluh bahwa kau selalu melaparkannya dan melelahkannya. (HR. Abu Dawud).
----------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979, halaman 103-104.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar