"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Jumat, 20 Februari 2015

Manfa'at Tsaum

SELERA NUSANTARA. Selepas menikmati Nasi Goreng di Warung Bakmi / Nasi Goreng Suroboyo di Jl. Sumurboto Dalam I No. 3 Semarang pertama kali dulu. TravelNusa (Traveler Nusantara) tak pernah lepas untuk menyempatkan mampir ke Warung Makan ini, mencoba menu-menu yang lain seperti Mie Goreng, Cap Cay dan Nasi Goreng Ruwet (kalau di Warung Bubur Kacang Ijo, menu ini lebih dikenal dengan Magelangan, Nasi Goreng dengan isi mie).
Yang selalu aku perhatikan di setiap sajian makanan di warung ini tak lepas dari geprekan bawang putih (bahasa Arab = Tsaum) sebagai bumbu utama. Salah satu bumbu menu-menu masakan Indonesia ini, bawang putih bermanfaat untuk orang yang kedinginan, membuka penyumbatan, mengusir angin, membersihkan perut, melancarkan urine dan menangkal sengatan binatang berbisa, dengan cara dibalurkan pada bagian tubuh yang terkena sengatan, maka bisanya keluar. (Mukhtashar Zadul-Ma'ad, Ibnu Qayyim al-Jauziyah, 328).
Dari sisi rasa olahan menu masakan di warung makan pak Rudy juara dibandingkan dengan olahan warung sepanjang kawasan Ngesrep - Tembalang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar