"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Rabu, 11 Februari 2015

Istilah Kondektur di BRT Trans Semarang

Definisi kondektur menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah orang yang memeriksa karcis atau menarik ongkos dan sebagainya (di kereta api, bus). Sedangkan menurut Gajimu.com , kondektur angkutan / transportasi adalah orang yang memeriksa dan memberikan tiket dan memastikan keselamatan dan ketenangan penumpang di kereta api, trem, bus dan kendaraan angkutan umum lainnya.
Kondektur di bus BRT Trans Semarang atau lebih keren-nya pramugara-pramugari BRT Trans Semarang memiliki tugas menarik tiket saat diatas bus (on board) BRT Trans Semarang atau disebut juga dengan PTA (Petugas Ticketing Armada) ketika bus BRT Trans Semarang menaikkan penumpang dari shelter transfer.  Kondektur bus BRT Trans Semarang juga bertugas memberi informasi, mengatur / mengingatkan / menegur / membantu jalan penumpang yang masuk / keluar armada, dan mengatur duduk penumpang agar tertata baik dan rapi dengan tetap menekankan prinsip mengutamakan penumpang yang berkebutuhan khusus (Ibu hamil, orang penyandang cacat, orang lanjut usia dan orang yang membawa anak kecil atau balita). 
Sedangkan petugas tiket di loket shelter transit atau shelter transfer sering disebut dengan PTS (Petugas Ticketing Shelter), tugasnya hanya melayani pembelian tiket penumpang BRT Trans Semarang di shelter yang penempatannya sudah ditentukan oleh perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar