"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Sabtu, 07 Februari 2015

Tertawa Seperlunya

DALAM kadar yang wajar, tertawa bisa menjadi hal yang menyenangkan. Tak heran jika tertawa, stres yang melanda pikiran akan hilang, sehingga banyak orang yang mengatakan jika tertawa dalah obat stres yang bisa membuat manusia hidup bahagia. Padahal ini belum tentu benar, karena beribadah yang penuh keikhlasan jauh membahagiakan dibandingkan tertawa.
Sebuah penelitian mengatakan tertawa memang baik untuk kesehatan. Namun bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan aneurisma otak (pelebaran pembuluh darah pada otak) dan penyakit arteri koroner disarankan tidak melakukan terawa yang terlalu berlebihan sebab akan membahayakan kesehatan, bahkan paling parah bisa menyebabkan kematian.
Tertawa yang terlalu kuat akan mengakibatkan dinding pembuluh darah akan melemah. Hal ini sangat berbahaya, sebab bisa membuat masalah kesehatan yang serius, dan bisa menjadi penyakit yang berbahaya.
Berikut ini beberapa penyakit yang disebabkan oleh tertawa, seperti yang dikutip dari palingseru.com :
1. Sinkop (pingsan)
2. Aritmia dan ruptur jantung (pecahnya otot jantung)
3. Serangan asma
4. Pneumotoraks (bocornya udara di paru-paru)
5. Cataplexy (kelumpuhan tiba-tiba pada saat penderita tidak bisa mengatur emosinya)
6. Hernia
7. Terkilir rahang

Oleh sebab itu, untuk menghindari 7 masalah kesehatan diatas, sebaiknya kita jangan tertawa terlalu berlebihan. Karena dalam ajaran Islam sendiri disebutkan bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. (Syeikh Ali Jaber).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar