"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Senin, 17 November 2014

Negeri diatas Awan

Bromo - Batu Trip 2014. 14 Nopember 2014 – 17 Nopember 2014 adalah hari-hari yang sangat menyenangkan. Perjalanan wisata ke Bromo dan Batu sudah direncanakan jauh-jauh hari, tepatnya saat perjalanan pulang dari Bali tahun 2012 lalu. Kali ini kita bersama Hepi Nusa Tour 'n Travel yang berkantor di Ruko Graha Wahid, Jl. Kedungmundu Raya No 28 A-B Lt. 2 Semarang, dengan mewakilkan TL-nya mas Aji dan mas Budi sie dokumentasi..
Bersama-sama ibu-ibu PKK RW 03 warga kampung kami yang memprakarsai dan dimanajeri oleh ibu Warni mengelola pengumpulan dana ke Bromo-Batu dari warga dengan cara sehari mesti nabung Rp. 2.000,- tapi bagi keluarga yang mempunyai income perbulan bisa ditotal setoran bulanan.

Perjalanan pun dimulai
Dengan menggunakan Bus Senja Furnindo Mercedes-Benz New OH 1526 dengan nopol K-1417-AL dan disopiri oleh mas Edy serta dikondekturi mas Agus. Sebelum berangkat kami berdo'a memohon keselamatan perjalanan pergi hingga pulang yang dipimpin oleh bapak Arifin, perjalanan pun dimulai pukul 14.55 WIB mengambil rute pantura.  Pukul 15.26 WIB melewati Sriwulan Sayung Demak, pukul 16.21 WIB melewati Pasar Karanganyar Demak, pukul 16.30 WIB melewati jalan lingkar Tanjung Karang Jati Kudus, pukul 16.47 WIB istirahat pipis dan sholat di SPBU 44.593.09. Pukul 17.14 WIB berangkat kembali dari SPBU 44.593.09, pukul 18.40 WIB sampai di Restoran Taman Pringsewu jalan Raya Pantura Rembang Lasem Km.6 untuk makan malam dan sholat jama'. Restoran yang nyaman dengan konsep taman pepohonan besar disekeliling area (pohon ketapang). Kamar mandi dan Musholla bersih, sangat nyaman untuk melakukan aktifitas terkait didalamnya.
Pukul 19.45 WIB kami berangkat melanjutkan perjalanan, rute agak asing melewati hutan-hutan, sepertinya modus sang supir untuk ketemu keluarganya, karena sudah beberapa hari tak pulang. Pukul 21.57 WIB kami sampai di Campurrejo Bojonegoro, pukul 22.10 WIB melewati kantor kecamatan Balen Bojonegoro,  pukul 22.20 WIB berhenti di SPBU 54.621.02 untuk urusan toilet, 20 menit kemudian perjalanan pun kami teruskan. Pukul 23.05 WIB melewati Babat Lamongan, pukul 23.33 WIB melewati Lamongan Plaza, pukul 00.05 WIB memasuki tol Manyar, pukul 00.18 WIB memasuki pintu tol Margabumi, pukul 00.55 WIB melewati Pusdik Gasum Porong Sidoarjo, pukul 01.45 WIB melewati Ngopak Pasuruan, pukul 02.13 WIB transit di Rumah Makan Bromo Asri di Jalan Raya Tongas Km 84 Probolinggo, Jawa Timur.

Negeri diatas Awan
Akhirnya dini hari  pukul 02.13 WIB kami sampai di Rumah Makan Bromo Asri di Jalan Raya Tongas Km 84 Probolinggo, Jawa Timur untuk melakukan persiapan menuju Cemorolawang. Pukul 02.45 WIB dari Probolinggo dengan Elf Mitsubishi N-499-UR dan pukul 03.50 WIB berhenti sholat subuh dulu di Masjid Al-Hidayah sebelah Balai Desa Wonokerto jalan Ringgit. Pukul 04.15 WIB, setelah sholat subuh perjalanan 5 kilometer lagi menuju Cemorolawang pun dilanjutkan. Kurang lebih 20 menit kemudian kita sampai dipemberhentian sebelum puncak Penanjakan 2 untuk melihat Sunrise. Untuk mencapai puncak Penanjakan ada dua pilihan; jalan kaki kurang lebih 15 - 20 menit atau meng-ojek 10 ribu sekali jalan. Setelah puas menikmati sunrise dan ber-photo-photo kita turun ke tempat pemberhentian Elf untuk berangkat ke kaldera pasir dengan Jeep nopol N-518-NQ, pukul 05.40 WIB. Sesampainya kaldera kabut begitu tebal, so beberapa diantara kami memutuskan kembali ke rumah makan transit. Karena keterbatasan waktu yang dijadwalkan untuk masing-masing kegiatan, akhirnya TravelNusa (Traveller Nusantara) pun memilih pulang, padahal berharap bisa melihat kawah, pura dan gunung-gunung dari kaldera pasir. Kawah Bromo dan lautan Pasir yang secara geografis merupakan wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur Indonesia, dan secara administratif terletak di Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Probolinggo. Taman yang bentangan barat-timurnya sekitar 20-30 kilometer dan utara-selatannya sekitar 40 km ini ditetapkan sejak tahun 1982 dengan luas wilayahnya sekitar 50.276,3 ha. Kaldera lautan pasir yang luasnya ±6290 ha. Batas kaldera lautan pasir itu berupa dinding terjal, yang ketinggiannya antara 200-700 meter. Semoga lain waktu bisa kembali ke Bromo lagi. Pukul 07.15 WIB kami kembali menuju Cemorolawang dan pukul 08.15 WIB menuju RM Bromo Asri  Probolinggo. Dan pukul 09.15 WIB tiba juga di RM Bromo Asri untuk segera menikmati breakfast yang disediakan dan mandi pagi. Kamar mandi dan Musholla di rumah makan ini sangat bersih dan nyaman. Pukul 10.30 WIB kami cabut dari Probolinggo menuju Kota Batu untuk check in Hotel.

Alun-Alun Kota Batu
Pukul 10.32 WIB melewati pasar Bayeman Probolinggo, pukul 10.35 WIB melewati pasar Tongas Probolinggo, pukul 10.55 WIB melewati SMPN 1 Rejoso Pasuruan, pukul 10.58 WIB melewati  Terminal Untung Surapati, pukul 11.16 WIB melewati pasar Kebon Agung Pasuruan, pukul 11.20 WIB melewati Polres Sektor Pohjentrek jalan Raya Warungdowo Pasuruan, pukul 11.36 WIB melewati pasar Wonorejo Pasuruan, pukul 11.54 WIB melewati Polsek Purwadadi Pasuruan, pukul 12.08 WIB melewati kantor desa Bedali kecamatan Lawang kabupaten Malang, pukul 12.44 WIB melewati jalan Raya Mojorejo - Batu kabupaten Malang, dan akhirnya pukul 13.00 WIB sampai di Rumah Makan Watu Lontar jalan Gajahmada No. 1 Kota Batu tepatnya disekitar alun-alun kota Batu tak jauh dari masjid An-Nuur kota Batu.Untuk kamar mandi TravelNusa (Traveller Nusantara) tidak sempat mencari tahu, karena dekat masjid yang tentu lebih nyaman disana.
Sekilas tentang alun-alun kota Batu, semenjak direnovasi dan dibuka kembali pada bulan Mei 2011, Alun-alun Kota Batu menjadi ikon baru pariwisata kota Batu. Ditengah-tengah alun-alun terdapat patung apel yang merupakan simbol dari Kota Batu itu sendiri. Alun-Alun Kota Batu juga memiliki sebuah mini playground untuk anak-anak. Terletak tepat di depan Plaza Batu, tempat ini juga memiliki air mancur di salah satu sudut yang menjadi atraksi tersendiri. Biasanya banyak anak kecil yang bermain basah-basahan di area ini. Selain itu terdapat juga no smoking area serta ruang informasi yang berbentuk strawberry raksasa dan toilet dengan bentuk apel besar. Di tengah alun-alun terdapat air mancur yang sangat iconic yang dikelilingi dengan kursi-kursi dimana para pengunjung duduk untuk melepas lelah. Dapat dikatakan bahwa Alun-alun Kota Batu merupakan tempat wisata gratisan. (halomalang).
Sedikit tentang Kota Batu. Kota Batu adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini terletak 15 km sebelah barat Kota Malang, berada di jalur Malang-Kediri dan Malang-Jombang. Kota Batu berbatasan langsung dengan Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Pasuruan di sebelah utara serta dengan Kabupaten Malang di sebelah timur, selatan, dan barat. Wilayah kota ini berada di ketinggian 680-1.200 meter dari permukaan laut dengan suhu udara rata-rata 15-19 derajat Celsius. Kota Batu terdiri atas 3 kecamatan (Batu, Bumiaji, dan Junrejo) yang dibagi lagi menjadi 19 desa dan 5 kelurahan. (wikipedia).
Pukul 14.20 WIB kami menuju Poja Kirana Pusat Souvenir dan Oleh-oleh Khas Jawa Timur di Batu Galleria Blok A4-B22 kota Batu. Pukul 14.53 WIB kami meninggalkan Poja Kirana untuk menuju hotel.

Hotel Prima Asri 153
Pukul 15.07 WIB kami sampai di hotel Prima Asri 153 di jalan Imam Bonjol Atas 36 RT 009 RW 001 kelurahan Sisir kota Batu. Rombongan kami menempati 22 kamar hotel, dan TravelNusa (Traveller Nusantara)  mendapat kamar No. 204 dengan fasilitas double bedroom, 24" LCD TV, kamar mandi air dingin saja (air panasnya nggak berfungsi :D , sabar), dapat welcome drink (air mineral kecil sebotol dan satu cup minuman sari apel "Siiplah" khas Batu, produksi PT. Mannasatria Kusumajaya Perkasa). Setelah mandi dan beberes TravelNusa (Traveller Nusantara) mencari masjid atau langgar agar dapat suasana berjama'ah dirantau. Dan akhirnya ketemu juga sebuah langgar Al-Ikhlas jalan Kartika 59 Sisir kota Batu yang masih satu wilayah RT dengan hotel tempat TravelNusa (Traveller Nusantara) menginap. Secara arsitektural hotel ini memanfaatkan kondisi alam yang dingin dengan sedikit bukaan (jendela dan sejenisnya) dan kamar dibuat serong untuk memanfaatkan lahan dan pergerakan matahari. Kesan terasa akrab dengan perencanaan kamar berhadap-hadapan dengan dipisahkan dengan void, cocok untuk menginap rombongan besar.

Batu Night Spectacular
Pukul 18.25 WIB keluar hotel untuk menuju destinasi berikutnya. Pukul 18.35 WIB kita dinner di d'Green Palm Resto jalan Sultan Agung No. 28 kota Batu. Untuk kamar mandi dan musholla disini tidak sempat melihat karena tak jauh dari hotel jadi persiapan urusan kebelakang sudah diantisipasi dari hotel. Kalau melihat deretan muda-mudi di trotor seberang restoran sambil memandang kerlip lampu kota Malang jadi teringat spot yang sama di daerah Patuk Gunungkidul D.I. Yogyakarta dan di bukit Gombel Semarang. Dan akhirnya pukul 19.10 WIB keluar dari restoran menuju Batu Night Spectacular (BNS). Pukul 19.19 WIB sampai di Batu Night Spectacular (BNS) dan diberi kesempatan bermain sampai pukul 21.30 WIB. Setelah kumpul di tempat parkir bus, pukul 22.00 WIB kita kembali ke hotel dan tidur.

1 komentar:

  1. Salam hangat dari kami, kami Warung khas Batu merupakan tempat makan yang santai dan romantis, terletak strategis di jalan Sultan Agung no. 29 Kota Batu sangat dekat dengan wisata Museum Angkut & Jatim Park 1. Sate kelinci & aneka nasi gorengnya sangat laris, maklum karena rasanya extra lezat, tapi harganya super murah. Suasananya santai dan romantis, cocok untuk nongkrong atau sekedar refreshing bersama keluarga. Lokasi strategis tepat diantara Jatim Park dan Museum Angkut.

    Penawaran bagi rekan-rekan Tour / Travel Agent, tingkatkan OMZET dan LABA anda :

    CASH BACK 50%
    GRATIS Wifi 20 Mbps
    GRATIS parkir bus luas
    GRATIS makan dan minum crew
    GRATIS tidur
    GRATIS mandi air panas
    GRATIS permainan billiard, karambol, dll
    TERSEDIA musholla
    LEBIH romantis
    LEBIH strategis
    LEBIH lezat
    LEBIH murah
    BERHADIAH TABLET, diundi akhir tahun.

    Paket LENGKAP mulai Rp. 9,750 NETT, bersih tanpa tambahan apapun !

    FREE trial, test food GRATIS !

    Referensi : BCA, Sinarmas Land, Allianz insurance, dll

    salam hangat dari kami.

    Warung Khas Batu
    Jln. Sultan Agung 29 Kota Batu
    Telepon : 0341-592955
    HP/Whatsapp : 085707585899

    BalasHapus