"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Kamis, 19 Januari 2017

Mohon Rahmat dan Petunjuk yang Lurus

Di surat al-Kahfi (18) ayat 10 :
"Rabbanaa aatinaa milladunka rahmah wahayyi' lanaa min amrinaa rasyadaa"

Artinya :
Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi Engkau dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami ini.

Keterangan
Do'a ini dibaca oleh para pemuda yang berlindung di gua dari kekejaman dan kejaraan raja Dikyanus. Mereka di gua itu sampai bertahun-tahun dan selamat, sehingga keluar sudah bukan raja Dikyanus yang berkuasa. 
Dengan ringkas Allah ta'ala mewahyukan kepada beberapa orang pemuda yang sedang ditimpa kesulitan, lalu meninggalkan kampung halaman mereka dan pergi bersembunyi ke dalam gua. Dan dalam perjalanan itu tidak lupa mereka memohon rahmat perlindungan dari Tuhan, disertai pula tuntunan dan pimpinan jangan sampai mereka tersesat dari jalan yang benar.
-------------------------------------
Bibliography :
Al Qur'aan dan Terjemahannya, Yayasan Penyelenggara Penterjemah Al-Qur'an, Depag, Pelita II/ 1978/ 1979, halaman 444.
Tafsir Al-Azhar Juzu' 15, Prof Dr. Haji Abdulmalik Abdulkarim Amrullah (Hamka), Penerbit P. Pusaka Panjimas Jakarta, cetakan September 1999, halaman 168 - 169.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar