"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Senin, 23 Januari 2017

Ulama dan Keutamaannya

Berikut ini adalah kultwit seputar ulama dan keutamaannya yang diambil dari timeline Syaikh Dr. Abdullah Al-Syurikah. Semoga dengan membaca kultwit ini kecintaan kita kepada para ulama bertambah dan kita dapat meneladani perilaku mereka dalam kehidupan.
  1. Imam As-Syafi'i rahimahullah berkata: “Bila yang disebut wali Allah itu bukanlah para ulama, aku tidak tahu siapa lagi yang dimaksudkan dengan wali Allah itu.”
  2. Imam As-Syatibi rahimahullah berkata: “Telah tsabit (sah) dalam pokok agama ini bahwa orang alim di kalangan manusia itu menduduki posisi nabi (dalam membina umat), dan para ulama adalah pewaris nabi-nabi..”
  3. Sufyan Ibnu ‘Uyainah berkata: “Orang yang paling tinggi kedudukannya di sisi Allah adalah orang yang kedudukannya di antara Allah dan para hambaNya, mereka adalah para nabi dan para ulama.”
  4. Sufyan Ibnu 'Uyainah berkata: “Tidaklah dikarunai kepada seseorang hal yang paling afdhal di dunia ini melainkan nubuwwah (amanah kenabian), dan tidaklah ada karunia yang lebih afdhal setelahnya melainkan ilmu dan pemahaman.” Seseorang bertanya kepada Ibnu 'Uyainah: “lalu siapakah yang mendapatkan hal itu?” Ia menjawab:“Seluruh Fuqoha”.
  5. At-Tastari berkata: “Barangsiapa yang ingin mengetahui majelisnya para nabi, lihatlah majelisnya para ulama, seperti itulah majelis mereka.”
  6. Abu Muslim Al-Khaulani berkata: “Para ulama di muka bumi itu bagaikan bintang-bintang di langit, bila mereka tampak orang-orang akan mengambil petunjuk dari mereka, dan bila mereka tidak terlihat, bingunglah orang-orang.”
  7. Hasan Al-Bashri berkata: “Ulama itu bagaikan air, di mana mereka berada di situlah mereka memberi manfaat bagi manusia.”
  8. Hasan Al-Bashri berkata: “Andai tidak ada ulama yang membimbing, niscaya manusia akan berperilaku layaknya hewan.”
  9. Sa'id bin Jabir ditanya: “Apa ciri-ciri keruntuhan manusia?” Ia menjawab: “Jika para ulama di tengah-tengah mereka telah hilang, runtuhlah para manusia.”
  10. Ibnu Taimiyyah berkata: “Wajib bagi kaum muslimin setelah mencintai Allah dan RasulNya, untuk mencintai orang-orang mu'min sebagaimana disebut dalam Al-Qur'an, terlebih para ulama yang mana mereka adalah pewaris para nabi.”
  11. Ali bin Abi Thalib radhiyallahu anhu berkata: “Barangsiapa yang meremehkan para ulama, lenyaplah akhiratnya.”
  12. Ibnu Taimiyyah berkata: “Dan orang-orang yang memiliki lisan yang jujur di kalangan umat ini, yang dengannya mereka disanjung dan dihormati di tengah masyarakat, merekalah para ulama pembawa hidayah, kesalahan mereka sangat sedikit dibandingkan kebenaran yang mereka sampaikan.”
  13. Qatadah berkata: “Ini adalah perjanjian yang diberikan oleh Allah atas para ulama yaitu barangsiapa yang mengetahui sesuatu hendaklah ia mengajarkannya, dan janganlah menyembunyikan ilmu, karena menyembunyikan ilmu akan menyebabkan kebinasaan.”

Dr. Abdullah Al-Syurikah, Imam dan Khatib Masjid Ad-Duwailah, Kuwait. (Twitter : @dr_alshoreka) - Twit Ulama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar