"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Sabtu, 27 Agustus 2016

Kombinasi 3 Strategi

Manga Gensō Suikoden III - The Successor of Fate. Pasca penyerangan desa Chisha yang gagal oleh Harmonia, Grassland bermaksud menyerang balik malam hari ke kubu Harmonia dengan memanfaatkan kelemahan pasukan serangga. Tetapi sayangnya rencana itu sudah terbaca oleh Harmonia, dan dibawah kendali Albert Silverberg mereka menyiapkan kombinasi 3 strategi perang ala Sun Tzu; yaitu Pao Zhuan Yin Yu, Kong Cheng Ji dan Yi Yi Dai Lao.
  • Kelemahan pasukan serangga yang tidak mampu melakukan pertempuran digunakan oleh Harmonia sebagai umpan. Inilah inti strategi Pao Zhuan Yin Yu, mempersiapkan sebuah jebakan dengan memperdaya musuh melihat kelemahan Harmonia menjadi umpan. 
  • Harmonia segera mengosongkan perkemahan mereka dan bersembunyi di luar areal perkemahan. Grassland yang percaya diri segera menggempur perkemahan dan setibanya disana mereka dapati kemah-kemah yang kosong. Mereka pun menyadari jebakan ini tapi sudah terlambat, mereka pun jadi sasaran empuk Harmonia. Inilah inti strategi jebakan Kong Cheng Ji, saat situasi tidak menguntungkan mengosongkan benteng akan membuat musuh menerka-nerka bahwa benteng penuh dengan jebakan.
  • Selagi Grassland sibuk menghindari jebakan penuh kebingungan, Harmonia pun segera menggempur Grassland dengan serangan panah dan gempuran fisik. Inilah inti strategi Yi Yi Dai Lao, sebuah keuntungan ketika musuh menggunakan tenaga sia-sia mencari keselamatan penuh kebingungan, saat itu pula waktu yang tepat untuk menyerang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar