"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Sabtu, 13 Agustus 2016

Istilah Dasar dalam Game FF Tactics

Final Fantasy Tactics - The War of The Lions (ファイナルファンタジータクティクス 獅子戦争 Fainaru Fantajī Takutikusu Shishi Sensō). Berikut ini adalah Istilah dasar dan beberapa pengertian dalam Game Final Fantasy Tactics yang aku ambil dari WakiZaki
Istilah Dasar dalam Game Final Fantasy Tactics :
JP = Job Point
EXP = Experince
GIL = Mata Uang dalam Game
RANGE = Hitungan jarak pada game
Brave = Bravery
FS = Faith statistics
Job Master = Telah mempelajari semua skill pada JOB tersebut

Beberapa Pengertian Dasar
Bagaimana caranya dapetin skill baru?
Skill baru dapat di beli dengan menggunakan JP. Lakukanlah action pada character, baik attack, use potion atau yang lain ketika dalam field battle. Setiap action move akan mendapatkan JP. (Mukul temen sendiri juga dapet). Pada bagian map tekan tombol menu, pelajari ajah.

Bagaimana cara menggunakan potion atau item item lain?
Gunakanlah job Chemist dan memiliki range yang cukup jauh untuk menggunakan item tersebut.

Apakah hanya job Chemist, Job lain tidak dapat menggunakan potion atau item lain?
Tidak, semua job dapat menggunakan item seperti layaknya chemist tapi ada syarat dan kondisi. Pertama player harus membuka learn skill item pada job Chemist, dan jika anda ingin menggunakan potion anda harus pelajari item potion, jadi intinya setiap item yang ingin di pakai anda harus mempelajarin dulu skill item tersebut.

Ketika menggunakan Job lain dalam menggunakan item, kenapa hanya 1 range?
Jika anda ingin menggunakan potion layaknya job chemist yang bisa di lempar-lempar. Maka anda terlebih dahulu harus mempelajari skill Throw Item pada skill Chemist.

Bagaimana jika salah satu character saya mati?
Anda dapat menggunakan item pheonix down untuk menghidupkan character tersebut selama masih dalam hitungan mundurnya.

Bagaimana jika saya telat menghidupkan character tersebut? 
Berubah menjadi Cristal. Dan mohon maaf character yang telah berubah menjadi cristal artinya character tersebut udah pergi ke almarhum, atau tidak akan bisa dihidupkan kembali. Jadi usahakan jangan sampai berubah menjadi cristal, atau kamu ingin menyelenggarakan upacara pemakamannya?.

Apa bedanya brave dan FS tinggi atau rendah dalam game?
Dengan charater yang tinggi brave-nya memungkinkan charater tersebut lebih baik dalam penggunaan senjata (Serangan Fisik). Tapi selalu tinggi juga tidak baik menurut saya, character dengan brave rendah akan lebih baik dalam menemukan item langka sedangkan dengan brave tinggi akan semakin sulit menemukan item langka. Biasanya saya menyimpan 1 character yang brave sangat rendah untuk mencari item langka. (Skill Treasure Hunter)
Character yang FS-nya tinggi akan meningkat skill magic yang di gunakannya, baik itu Offence skill (Fire, Blizzard, dan lain-lain) ataupun Deffend skill (Heal, Protect, dan lain-lain).

Bagaimana cara mendapatkan item langka?
Pada versi PSP, dengan melakukan mode multiplayer memungkinkan kita mendapatkan item langka, skill tingkat tinggi, dan exp yang sangat besar. Pada Iphone saya belum mendapatkan referensi tentang multiplayer support.

1 komentar: