"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Sabtu, 20 Agustus 2016

Bahaya Fakir Ilmu

Aku hanya ingin terus menasehati diriku sendiri, dengan mengutip beberapa kalimat dalam buku "Minhajul 'Abidin"-nya Imam Al-Ghazali رحمه الله yang diterbitkan oleh Penerbit Tenaga Tani Banda Aceh, cetakan pertama, Januari 1986, halaman 49. Sesungguhnya telah diriwayatkan oleh Rasulullah ﷺ, beliau bersabda : "Pada malam mi'raj telah diperlihatkan kepadaku neraka, aku dapati bahwa isinya yang terbanyak ialah orang-orang yang fakir." Kata sahabat : "Apakah mereka fakir harta?" Sahut Rasulullah ﷺ : "Bukan !, tapi mereka fakir karena tiada ilmu."
Barangsiapa tidak mau belajar, tentu ia tidak dapat meyakinkan dan menetapkan hukum-hukum ibadah, dan tidak akan dapat melaksanakan syarat-syaratnya sebagaimana mestinya. Jika sekiranya ada orang mengerjakan ibadah, seperti ibadahnya malaikat 7 lapis dilangit, tapi tanpa ilmu, orang itu termasuk golongan yang rugi, karena hasilnya hanya lelah dan pahalanya nihil."
Oleh karenanya, bersungguh-sungguhlah engkau dalam menuntut ilmu dengan jalan meneliti, mengikuti dan mempelajarinya.
Dan jauhilah kemalasan dan kebosanan dalam menuntut ilmu, karena jika tidak demikian, engkau akan berada dalam bahaya kesesatan, na 'udzubillah.
Semoga Allah ta'ala meng-istiqomah-kanku dalam menuntut ilmu-Nya disungguh-sungguhkan dalam melakukan keta'atan dan meninggalkan apa-apa yang dilarang-Nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar