"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Selasa, 31 Maret 2015

"April Mop"

April Mop (The April's Fool Day) merupakan salah satu peringatan perayaan ummat kristen pada setiap tanggal 1 April dimana pada hari ini setiap orang dibolehkan dan dibenarkan untuk berdusta.

Sejarah April Mop
Untuk sejarah ini banyak sekali versi yang disebutkan dalam beberapa tulisan. Diantara yang masyur di kalangan kaum Muslimin bahwasannya April Mop merupakan perayaan dalam rangka mengenang kemenanganNasrani (tentara salibis) atau kaum Muslimin di Spanyol. Secara singkat kejadian ini terjadi pada tahun 1487 M yang bertepatan dengan 892 H di mana terjadi penipuan besar-besaran terhadap penduduk Granada, Spanyol yang mengakibatkan tewasnya ribuan kaum Muslimin di Granada, karena penipuan dan kebohongan yang dibuat-buat oleh pasukan sabilis.
Perlu diingat bahwa kisah ini masih butuh penelitian ulang dan rujukan yang dapat dipegang. Namun, perlu diingat juga bahwa perkara yang telah masyur di antara kaum muslimin dan ini diaminkan oleh dalil-dalil syar'i tentang kedengkian dan kebencian yang tertanam pada musuh-musuh Islam (orang kafir) terhadap agama dan umat ini. Allah berfirman : "Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka." (QS. al-Baqarah (2) : 120).
Kemudian firman Allah yang lain : "Jika mereka menangkap kamu, niscaya mereka bertindak sebagai musuh bagimu dan melepaskan tangan dan lidah mereka kepadamu dengan menyakitimu; dan mereka ingin supaya kamu (kembali) kafir." (QS. al-Mumtahanah (60) : 2).
----------------
Tulisan Abu Luthfia, Buletin Dakwah Islam Tahun ke-9, Volume 2 Nomer 3, halaman 1 - 2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar