"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Jumat, 03 Maret 2017

Menikmati Setiap Episode Hidup

“Demi masa”. (1)
“Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian”, (2)
“kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat-menasehati supaya mena’ati kebenaran dan nasehat-menasehati supaya menetapi kesabaran”. (3)
(QS. Al-‘Ashr (103) : 1 – 3)

Langkah awal agar kita mampu menikmati setiap detik hidup ini, adalah dengan menumbuhkan sikap ridho (rela menerima kenyataan). Kebahagian dan kesedihan, keuntungan dan kerugian akan terasa nikmat dengan sikap ridho. Mengapa demikian ?
Kesengsaraan hidup walaupun dihadapi dengan sikap dongkol uring-uringan, keluh kesah, tetap saja kenyataan sudah terjadi. Pendek kata, disesali ataupun tidak, ridho maupun terpaksa, tetap saja kenyataan itu sudah terjadi dan dialami. Jadi, lebih baik hati kita ridho menerimanya.
Tentu saja ridho terhadap kenyataan yang dialami, bukan berarti pasrah total, sehingga tidak bertindak apapun. Itu keliru, ridho itu amalan hati, sedangkan pikiran dan tubuh kita wajib ikhtiar untuk memperbaiki kenyataan dengan cara yang diridhoi Allah. Kondisi hati yang ridho sangat membantu menjadikan proses ikhtiar menjadi positif, optimal dan bermutu.
Orang yang stress adalah orang yang tidak memiliki kesiapan mental menerima kenyataan yang ada. Pikirannya tidak realistis, tidak menerima kenyataan dan tidak berpijak kepadanya. Sibuk menyesali sesuatu yang sudah terjadi. Sungguh, suatu kesengsaraan hidup yang dibuat sendiri.
Oleh karena itu, sadarilah hidup kita ini terdiri dari berbagai episode yang tidak monoton. Kenangilah perjalanan hidup anda, ambillah kearifan dari setiap episode yang anda telah lalui. Kenanglah dengan kelapangan dada, dinginnya emosi dan keikhlasan. Tidak ada gunanya menyelimuti kenyataan hidup ini dengan keluh kesah. Itupun tidak menyelesaikan masalah, bahkan menambah luka yang anda alami. Tetapi atasi dengan hati yang ridho, sehingga kita menikmati setiap episode hidup kita sambil berikhtiar memperbaiki kenyataan pada jalan yang Allah ridhoi.
----------------------------------
Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), Buletin Jum’at Sakinah, Edisi 482/ th VII/ Februari 2015 M/ Jumadil Awal 1436 H.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar