"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Kamis, 10 September 2015

Jihad (24)

Jabir r.a. berkata : Seorang bertanya : Ya Rasulullah di manakah saya nanti jika terbunuh fisabilillah? Jawab Nabi : Di sorga. Maka segera ia membuang beberapa biji kurma yang masih ada di tangannya, kemudian maju berperang hingga gugur. (HR. Muslim).

Anas ra. berkata : Rasulullah dengan sahabatnya telah mendahului orang-orang kafir sampai ke Badar, kemudian datanglah kaum musyrikin, maka Nabi bersabda : Jangan ada seorang yang maju atau berbuat sesuatu sebelum saya. Maka mendekatlah kaum musyrikin, lalu Rasulullah bersabda : Bangkitlah kamu menuju ke sorga yang luasnya seluas langit dan bumi. Maka disambut oleh Umair bin Alhammam Al-Anshary : Ya Rasulullah sorga seluas langit dan bumi? Jawab Nabi : Ya. Maka berkata ia: Untung-untung. RasululIah s.a.w. bertanya : Mengapakah kau berkata untung-untung? Jawab Umair : Tidak apa ya Rasulullah, hanya saya ingin menjadi penduduknya; Bersabda Nabi : Engkau termasuk penduduknya. Maka Umair mengeluarkan beberapa biji kurma dari kantongnya dan memakannya, kemudian ia berkata : Kalau saya hidup sampai menghabiskan kurma ini berarti terlampau lama hidup, kemudian dibuang sisa kurma itu dan maju memerangi orang kafir, hingga gugur di medan perang. (HR. Muslim).
----------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979, halaman 283-284.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar