"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Jumat, 04 September 2015

Meningkatkan Status dalam Final Fantasy 2

Final Fantasy 2, memiliki gameplay yang berbeda dari seri Final Fantasy yang lain. FF2 tak mengenal level, dan hanya mengenal peningkatan status. Berikut adalah cara untuk meningkatkan status karakter ;
  1. HP dan endurance akan meningkat jika karakter itu mengalami damage cukup besar (HP berkurang cukup banyak) atau dengan cepat cari encounter. Lalu serang karakter-karaktermu sendiri sampai HP-nya berkurang lebih dari setengah, baru menangkan pertempuran. Pulihkan HP, ulangi lagi sampai kalian puas dengan status HP kalian.
  2. MP dan magic akan meningkat jika karakter itu menggunakan MP sebanyak mungkin dalam 1 pertempuran atau cara lain, hamburkan magicmu (untuk mudahnya, gunakan magic cure) sampai MP-mu habis, lalu menangkan pertempuran. Jika kalian sudah mendapat magic Osmose (didapat di Mysidian Cave), hal ini akan lebih mudah. Cukup gunakan magic Osmose pada salah satu karaktermu, MP-nya akan terkuras dan kemungkinan MP (dan kadang magicnya) akan meningkat.
  3. Magic Defend akan meningkat jika karakter tersebut sering diserang dengan magic.
  4. Untuk meningkatkan status senjata (terdiri atas 16 level) dengan cepat, equip-kan satu senjata pada salah satu karakter. Pilih attack dan musuh yang diserang, saat turn karakter lain, pilih cancel dan turn akan kembali ke karakter tadi. Pilih lagi attack, ulangi langkah pilih-cancel ini sesering mungkin, dan menangkan pertempuran. Kalian harus menggunakan senjata itu 100 kali agar statusnya meningkat 1 level, dan langkah pilih-cancel tadi akan mempercepat meningkatnya level senjata ketimbang menggunakannya 1 kali dalam tiap turn.
  5. Untuk meningkatkan magic (terdiri atas 16 level) tertentu dengan cepat, caranya juga sama. Cukup pilih satu magic, dan saat turn karakter lain, pilih cancel. Pilih lagi magic tadi, ulangi langkah pilih-cancel ini sesering mungkin sebelum memenangkan pertempuran.
  6. Jika kalian meningkatkan status attack/offense, intellegence akan turun, sebaliknya jika kalian memilih meningkatkan magic, attack/offense dan durability akan turun. Jadi kalian harus memilih suatu karakter sebagai penyerang fisik atau magician.

1 komentar:

  1. osmose tidak dapat dibeli di lapak magic kah?
    supaya tidak cuman satu anggota party yang punya.

    BalasHapus