"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Rabu, 09 September 2015

Jihad (23)

Abdullah bin Amru bin Al-’Ash r.a. berkata : Rasulullah s.a.w. bersabda : Allah akan mengampunkan semua dosa orang mati syahid, kecuali hutang. (HR. Muslim).

Dalam lain riwayat:
Terbunuh dalam perjuangan jihad fisabilillah dapat menebus segala dosa kecuali hutang.

Abu Qotadah r.a. berkata : Ketika Rasulullah s.a.w. berdiri berkhutbah bersabda : Sesungguhnya jihad fisabilillah dan iman percaya pada Allah, seutama-utama amal perbuatan. Maka seorang bertanya : Bagaimana jika saya terbunuh fisabilillah, apakah akan tertebus dosa-dosaku? Jawab Nabi : Ya. Jika kau terbunuh fisabilillah sedang kau sabar ikhlas maju tidak mundur. Kemudian Nabi bertanya : Bagaimanakah keteranganmu tadi? Berkata orang itu : Bagaimana jika saya terbunuh fisabilillah, dapatkah tertebus semua dosa-dosaku? Jawab Nabi : Ya. Jika kau sabar ikhlas maju dan tidak mundur (menghadap dan tidak membelakangkan musuh), kecuali hutang. Karena Jibril berkata demikian kepadaku. (HR Muslim).
----------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979, halaman 281-283.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar