"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Kamis, 03 September 2015

Tuntunan Rasulullah Sa'at Makan dan Minum

Di dalam buku "Mukhtashar-Zadul Ma'ad" karya Ibnu Qayyim al-Jauziyyah pada halaman 7-8, menerangkan bahwa perilaku beliau shallallahu 'alaihi wasallam saat makan dan minum tidak ada yang dipungkiri dan tidak ada yang hilang sia-sia. Apapun yang disodorkan dari makanan yang baik, maka beliau shallallahu 'alaihi wasallam memakannya, kecuali jika makanan itu kurang berkenan di hatinya, maka beliau shallallahu 'alaihi wasallam meninggalkannya tanpa mengharamkannya. Beliau shallallahu 'alaihi wasallam tidak pernah mencela suatu makanan pun. Jika berkenan beliau shallallahu 'alaihi wasallam memakannya, dan jika tidak berkenan, beliau membiarkannya, seperti daging biawak yang ditinggalkannya, karena beliau tidak biasa memakannya.
Beliau shallallahu 'alaihi wasallam biasa memakan manisan dan madu, dan beliau shallallahu 'alaihi wasallam menyukainya, pernah makan daging sapi, domba, ayam, burung, kelinci, ikan laut, makan daging yang dipanggang, korma basah dan kering, minum susu murni, adonan gandum, minum perahan korma, makan adonan air susu dan tepung, roti campur daging dan lain-lainnya. Beliau shallallahu 'alaihi wasallam tidak menolak makanan yang baik dan tidak memaksakan diri untuk memakannya. Kebiasaan beliau shallallahu 'alaihi wasallam ialah makan sekedarnya. Jika tidak mempunyai makanan, beliau bersabar, dan bahkan beliau shallallahu 'alaihi wasallam pernah mengganjal perutnya dengan batu, karena rasa lapar yang menyerangnya. Beliau shallallahu 'alaihi wasallam tidak makan sambil telentang, entah telentang pada lambung, duduk seperti dalam tahiyat akhir, atau menumpukkan satu tangan di lantai dan satunya lagi digunakan untuk makan. Ketiga cara ini tercela. Beliau shallallahu 'alaihi wasallam biasa makan di lantai dengan beralaskan tikar, dan sekaligus sebagai tempat makannya.
Sebelum makan beliau shallallahu 'alaihi wasallam  mengucapan tasmiyah dan seusai makan mengucap hamdallah. Ketika benar-benar sudah rampung, beliau shallallahu 'alaihi wasallam mengucapkan do'a  ; "Alhamdulillahi ladhi ath’amani hadza warozaqonihi min ghoiro haulin minni wa la quwwatin" (Segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak, baik dan penuh barakah di dalamnya, tidak ditelantarkan dan dibiarkan serta dibutuhkan Rabb kami). (HR. Bukhary).
-----------------------------
Mukhtashar-Zadul Ma'ad, Ibnu Qayyim al-Jauziyyah, Penerbit Pustaka Azzam Jakarta, cetakan pertama, Pebruari 1999.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar