"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Jumat, 03 Agustus 2012

MUJAHADAH (16)

Abu Mas’ud (Uqbah) bin ‘Amer Al Anshary r.a. berkata: Ketika turun ayat yang menganjurkan kita bersedekah, maka kita para sahabat, memikul apa yang akan kita sedekahkan itu di atas punggung kami, ada yang membawa sebanyak-banyaknya, dikatakan oleh orang-orang munafiq : Itu tidak ikhlas hanya ingin dipuji orang saja. Ada pula yang bersedekah satu sha ‘(empat kati), dikatakan oleh orang munafiq : Allah tidak hajat (butuh) sedekah orang itu, sehingga diturunkan ayat : ALLADZIINA YALMIZUUNAL MUTTHAWWI ‘IINA MINAL MU’MINIINA FISSHODAQAATI WALLADZIINA LAA YAJIDUUNA ILLAA JUHDAHUM. Mereka yang selalu mengejek kaum mu’minin yang sukarela bersedekah, dan orang-orang yang tidak dapat bersedekah kecuali sekuat tenaganya. (HR. Buchary dan Muslim)
Dalam ayat ini: Allah menunjukkan bentuk sifat orang munafiq tukang mengejek dan mengoreksi orang lain, tetapi tidak suka beramal sendiri.
---------------------------------------------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN I, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1978, halaman 128-129.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar