"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Minggu, 19 Agustus 2012

JALAN MENUJU KEBAIKAN (10)

Abu Hurairah r.a. berkata : Rasulullah s.a.w. bersabda : Ketika seorang berjalan di jalan, mendadak ia merasa haus sehingga terpaksa turun ke dalam perigi untuk minum, kemudian ketika keluar dari perigi ada anjing menjilat-jilat tanah kehausan. Maka berkata orang itu : Mungkin anjing ini merasa haus, sebagaimana saya tadi, maka segera ia turun kembali ke dalam perigi dan memenuhi sepatunya dengan air dan digigitnya dengan mulut sehingga naik ke atas dan diminumkan kepada anjing, maka Allah memuji perbuatannya dan mengampunkan dosanya. Sahabat bertanya : Ya Rasulullah apakah dalam menolong binatang ada pahala? (HR. Buchary dan Muslim)

Dalam riwayat Buchary disebut : Allah memuji perbuatannya dan mengampunkan serta memasukkannya ke dalam sorga. Dan dalam riwayat lain : Ketika ada anjing berputar-putar di atas perigi, hampir mati kehausan, mendadak ada seorang pelacur dari Bani Isra’il, maka ia membuka sepatunya dan mengambilkan air untuk anjing itu kemudian diminumkan kepadanya, maka diampunkan dosanya, karena perbuatannya itu.
---------------------------------------------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN I, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1978, halaman 142-143.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar