"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Rabu, 15 Agustus 2012

JALAN MENUJU KEBAIKAN (6)

Abu Hurairah r.a. berkata : Bersabda Rasulullah s.a.w. : Tiap persendian manusia ada kewajiban sedekah untuknya. Pada tiap hari di mana terbit matahari, mendamaikan secara adil antara dua orang berarti sedekah, dan membantu orang atas kendaraannya, menaikkan atau mengangkatkan barangnya berarti sedekah, dan kalimat yang sopan itu sedekah, dan tiap langkah berjalan untuk sholat itu sedekah, dan menghalaukan gangguan dan tengah jalan itu sedekah. (HR. Buchary dan Muslim)

‘Aisjah r.a. berkata : Bersabda Rasulullah s.a.w. : Sesungguhnya telah dijadikan pada tiap manusia tiga ratus enam puluh persendian dalam badannya. Maka siapa yang membaca : ALLAAHU AKBAR, DAN ALHAMDULILLAAH, DAN LAA ILAAHA ILLALLAAH DAN ASTAGHFIRULLAAH. Dan menghalaukan batu dari tengah jalan atau duri atau tulang dari jalanan orang, atau menganjurkan kebaikan atau mencegah mungkar, sebanyak tiga ratus enam puluh berarti ia berjalan pada hari itu sudah dijauhkan dari api neraka. (HR. Muslim)
-------------------------------------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN I, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1978, halaman 140-141.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar