"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Sabtu, 11 Agustus 2012

MEMBAGIKAN ZAKAT (5)

Dari Abu Rafi’ r.a.; “Bahwasanya Nabi s.a.w. telah mengutus seorang dari Bani Mahzum untuk memungut zakat, dan ia mengajak Abu Rafi’, katanya : “Marilah engkau ikut dengan saya, supaya engkau mendapat bagian dari zakat itu”. Maka Abu Rafi’ berkata : “Tidak, sebelum saya bertanya dahulu kepada Nabi s.a.w.”. Lalu ia datang kepada Nabi s.a.w., dan bertanya ; Dan beliau bersabda : “Maula (Maula adalah hamba sahaya yang dimerdekakan, Abu Rafi’ adalah hamba sahaya yang dimerdekakan oleh Nabi .s.a.w., jadi ia termasuk keluarga Nabi s.a.w, yang tidak boleh menerima zakat) satu kaum itu termasuk golongan mereka, dan zakat itu tidak halal bagi kita”. Diriwayatkan oleh Ahmad, Imam yang Tiga (Abu Dud, Ibnu Majah dan Tirmidzi), Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban.
----------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab Kitabuz-Zakat, halaman 233-234.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar