"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Sabtu, 03 September 2011

BANGSA YANG PALING SUKA MENGINGKARI PERJANJIAN

Allah berfirman : (QS. Al-Baqarah: 100)
“Dan apakah setiap kali mereka mengikat janji, segolongan dari mereka mencampakkannya? Bahkan kebanyakan dari mereka tidak beriman.”

Bangsa Yahudi setiap kali mengadakan perjanjian selalu melanggar perjanjian tersebut. Cara melakukan pelanggaran ialah dengan jalan pihak lain sesama bangsa Yahudi melakukan pelanggaran-pelanggaran terhadap lawan Bangsa Yahudi yang mengadakan perjanjian tersebut. Pihak yang melakukan pelanggaran ini berdalih karena tidak terikat kepada perjanjian yang dibuat oleh teman mereka bangsa Yahudi itu.
Ayat ini merupakan berita ghaib kepada Nabi Muhammad dan kaum muslimin, bahwa mayoritas Bangsa Yahudi sungguh tidak beriman kepada Nabi saw, baik semasa Nabi masih hidup maupun sampai hari kiamat. Berita semacam ini merupakan bukti Al qur’an sebagai mukjizat bagi Nabi saw.
Ayat inipun menerangkan dua macam sifat bangsa Yahudi yang pokok. Pertama, mereka sama sekali tidak dapat dipercaya dalam urusan apapun. Karena mayoritas mereka suka melanggar perjanjian dengan siapa saja, di mana saja dan kapan saja. Kedua, mayoritas mereka tidak dapat diharapkan mau beriman kepada Islam. Karena kesesatan dan kedurhakaan telah mendarah daging, meresap ke dalam jiwa mereka, sehingga mereka tak pernah mampu mengangkat diri dari kehinaan dan kesesatan. Oleh sebab itu perbuatan melanggar janji bagi mereka tidak merupakan akhlaq tercela, bahkan sebagai perbuatan yang membanggakan.
--------
76 Karakter Yahudi dalam Al-Qur’an karya Syaikh Mustafa Al-Maraghi, penyusun Drs. M. Thalib, Penerbit CV. Pustaka Mantiq Solo, cetakan pertama April 1989, halaman 64 - 65

Tidak ada komentar:

Posting Komentar