"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Kamis, 12 April 2018

Kulit dan Hati

Di dalam al-Qur'an Surat az-Zumar (39) : 23 ; الله سبحانه وتعالى menjelaskan bahwa

اللَّـهُ نَزَّلَ أَحْسَنَ الْحَدِيثِ كِتٰبًا مُّتَشٰبِهًا مَّثَانِىَ تَقْشَعِرُّ مِنْهُ جُلُودُ الَّذِينَ يَخْشَوْنَ رَبَّهُمْ ثُمَّ تَلِينُ جُلُودُهُمْ وَقُلُوبُهُمْ إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّـهِ ۚ ذٰلِكَ هُدَى اللَّـهِ يَهْدِى بِهِۦ مَن يَشَآءُ ۚ وَمَن يُضْلِلِ اللَّـهُ فَمَا لَهُۥ مِنْ هَادٍ

Allah telah menurunkan sebaik-baik perkataan, (yaitu) Kitab yang sebagiannya menyerupai sebagian dan berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian jadi lembut kulit dan hatinya karena mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah. Dia memberi petunjuk dengan kitab itu siapa-siapa yang dikehendaki-Nya. Dan siapa yang disesatkan Allah, maka tidaklah baginya yang akan menunjuki.

Asbabun Nuzul
Menurut suatu riwayat dikemukakan bahwa setelah sekian lama turun ayat-ayat al-Qur'an kepada Nabi ﷺ dan dibacakan kepada para sahabat, mereka berkata : "Ya Rasulullah bagaimana jika tuan bercerita kepada kami?" Maka Allah menurunkan ayat ini (QS. az-Zumar : 23) yang menegaskan bahwa Allah telah menurunkan sebaik-baik cerita
---------------
Bibliography :
Asbabun Nuzul, KH Qomaruddin, Penerbit CV. Diponegoro Bandung, Cetakan ke-5, 1985, halaman 275.
Al-Qur'an Terjemahan Indonesia, Tim DISBINTALAD (Drs. H.A. Nazri Adlany, Drs. H. Hanafie Tamam dan Drs. H.A. Faruq Nasution); Penerbit P.T. Sari Agung Jakarta, cetakan ke tujuh 1994, halaman 916 - 917.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar