"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Kamis, 26 April 2018

Apa Hobimu?

"Hobi adalah bisnis yang terbaik", mungkin ungkapan yang paling tepat dan terbukti kenyataannya, karena banyak bisnis yang dilakoni seseorang, awalnya adalah hobinya, kesukaannya. Karena orang yang menyukai sesuatu, cenderung akan mengetahui sesuatu itu dari A-Z, tidak hanya tahu, dia memahami betul dan selalu ingin mencari tahu, karena dia suka. Berawal dari suka, orang itu memiliki "skill", karena terus menerus melakukan hal yang dia suka, saat sudah memiliki keahlian, maka dia bermanfaat bagi orang yang lainnya, dan memberi manfaat atau nilai guna inilah inti daripada bisnis. Bisnis yang baik adalah bisnis yang awalnya hobi, atau bisnis yang disukai, sedangkan hobi yang baik adalah hobi yang paling banyak memberikan manfaat bagi orang lain. Dan di dalam jalan dakwah, tidak ada hobi yang remeh, bila masih dalam batasan halal, dan diniatkan karena Allah Swt.
Karena di dalam agama Islam, adalah fardhu (kewajiban) kifayah, untuk menguasai segala sesuatu yang penting dalam melindungi ummat dari ancaman-ancaman, ataupun dalam hal yang menyebabkan kewajiban harus terlaksana. Maka hobi beladiri itu penting, untuk dapat menyiapkan fisik yang prima dalam berdakwah, maka hobi sosial media itu penting agar dakwah bisa tersebar, maka hobi hacking itu penting untuk melindungi dakwah di dunia maya, maka hobi berdagang itu penting agar dakwah bisa didanai, maka hobi membaca itu penting agar dakwah bisa berlanjut.
Karena kaum Muslim, harusnya menjadi expert dalam segala hal, agar manfaatnya bisa dinikmati ummat ini juga, agar kewajiban kita tertunaikan, yaitu menjadi "ummat terbaik".
Untuk saya, saya sangat merasa manfaat memilih hobi yang baik ini, sejak kecil ketika ada form pertanyaan "hobi?" saya selalu menulis MEMBACA. Maka disinilah saya menjadi seorang pembaca sejati, juga penulis, dan berbisnis di bidang edukasi dengan buku, hehehe.. memang seorang manusia akan mendapatkan apapun yang dia pilih di masa lalu. Hidup adalah pilihan, dan kita yang sekarang adalah hasil pilihan kita di masa yang lalu, maka kita esok adalah hasil pilihan yang sekarang.
Jadi apa pilihan anda? apa hobi anda? dan apa bisnis anda?
apapun itu, semoga karena dakwah, karena Allah, dalam taat.

akhukum fillah, Felix Siauw.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar