"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Kamis, 19 April 2018

Cukuplah Allah

Di dalam al-Qur'an Surat az-Zumar (39) : 36 ; الله سبحانه وتعالى menjelaskan bahwa

أَلَيْسَ اللَّـهُ بِكَافٍ عَبْدَهُۥ ۖ وَيُخَوِّفُونَكَ بِالَّذِينَ مِن دُونِهِۦ ۚ وَمَن يُضْلِلِ اللَّـهُ فَمَا لَهُۥ مِنْ هَادٍ

Bukanlah Allah mencukupi (melindungi) hamba-Nya, sedang mereka menakut-nakuti dengan yang sebaik-baik-Nya? Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, maka tidak ada baginya yang akan memberi petunjuk.

Asbabun Nuzul
Dalam suatu riwayat yang dikemukakan oleh Abdurrazzaq yang bersumber dari Ma'mar bahwa kaum musyrikin berkata kepada Nabi ﷺ : "Hentikanlah makianmu terhadap tuhan-tuhan kami, atau kami perintahkan tuhan kami untuk menjadikan kau seorang sinting".
Ayat ini (QS. az-Zumar : 36) turun sebagai penegasan kepada Nabi Muhammad ﷺ bahwa hanya الله سبحانه وتعالى yang dapat memberi petunjuk.
---------------
Bibliography :
Asbabun Nuzul, KH Qomaruddin, Penerbit CV. Diponegoro Bandung, Cetakan ke-5, 1985, halaman 427.
Al Qur'an Terjemahan Indonesia, Tim DISBINTALAD (Drs. H.A. Nazri Adlany, Drs. H. Hanafie Tamam dan Drs. H.A. Faruq Nasution); Penerbit P.T. Sari Agung Jakarta, cetakan ke tujuh 1994, halaman 919.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar