"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Kamis, 26 April 2018

Kesallah Hati Mereka

Di dalam al-Qur'an Surat az-Zumar (39) : 45 ; الله سبحانه وتعالى menjelaskan bahwa

وَإِذَا ذُكِرَ اللَّـهُ وَحْدَهُ اشْمَأَزَّتْ قُلُوبُ الَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ بِالْءَاخِرَةِ ۖ وَإِذَا ذُكِرَ الَّذِينَ مِن دُونِهِۦٓ إِذَا هُمْ يَسْتَبْشِرُونَ

Dan apabila disebutkan Allah satu-satunya niscaya bencilah hati orang-orang yang tidak beriman kepada akhirat; dan apabila disebut sesembahan-sesembahan selain-Nya tiba-tiba mereka amat gembira.

Asbabun Nuzul
Dalam suatu riwayat yang dikemukakan oleh Ibnu Mundzir yang bersumber dari Mujahid bahwa ayat ini (QS. az-Zumar : 45) turun berkenaan dengan kegembiraan orang-orang musyrikin ketika mendengar nama tuhannya disebut-sebut oleh Rasulullah ﷺ ketika membaca surat an-Najm : 19, di dekat Ka'bah.
---------------
Bibliography :
Asbabun Nuzul, KH Qomaruddin, Penerbit CV. Diponegoro Bandung, Cetakan ke-5, 1985, halaman 428.
Al Qur'an Terjemahan Indonesia, Tim DISBINTALAD (Drs. H.A. Nazri Adlany, Drs. H. Hanafie Tamam dan Drs. H.A. Faruq Nasution); Penerbit P.T. Sari Agung Jakarta, cetakan ke tujuh 1994, halaman 921.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar