"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Kamis, 24 Agustus 2017

Penggalan Kisah (2)

Abu Hurairah r.a. telah mendengar Rasulullah s.a.w. bersabda : Ada dua perempuan membawa kedua anaknya, maka datang serigala menerkam satu anak. Maka berkata yang satu: yang diterkam anakmu, dan berkata yang kedua : yang diterkam anakmu, maka pergilah kedua wanita itu kepada Nabi Dawud a.s. Maka diputus oleh Nabi Dawud bahwa anak yang ada itu, anaknya perempuan yang lebih tua. Maka keluarlah kedua wanita itu dari tempat Nabi Dawud, untuk bertemu dengan Nabi Sulaiman dan kedua perempuan itu menceriterikan kejadian itu kepada Nabi Sulaiman. Maka Nabi Sulaiman bersabda : Bawalah kemari anak itu saya belah menjadi dua. Maka berkata perempuan yang lebih muda : Jangan berbuat demikian, semoga Tuhan memberi rahmat kepadamu. Nabi Sulaiman segera memutuskan bahwa yang ada itu anaknya perempuan yang muda. (HR. Buchary dan Muslim).

Dalam lain keterangan bahwa wanita yang tua rela anak itu dibagi dua, tetapi yang muda tidak, maka oleh Nabi Sulaiman diambil kesimpulan bahwa itu anaknya.
----------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979, halaman 616-617.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar