"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Jumat, 11 Agustus 2017

Kebangkitan dan Pengumpulan di Hari Masyar

Di dalam buku “Ihya’ Ulumiddin” karya Imam al-Ghazali pada halaman 408 - 409 menuturkan bahwa telah datang Agama memperdengarkan keduanya (kebangkitan dan pengumpulan di hari Masyar). Dan itu adalah benar serta wajib membenarkannya. Karena menurut akal itu mungkin.
Arti dari kebangkitan ialah mengembalikan hidup setelah di-fana-kan (ifnaa’). Yang demikian adalah atas qudrah Allah seperti pada permulaan kejadian.
Berfirman Allah ta’ala yang artinya : “Kata-Nya : Siapa yang dapat menghidupkan tulang-tulang yang telah hancur luluh? Katakanlah : Yang menghidupkannya, ialah yang menjadikannya pertama kali”. (QS. Yaasiin (36) : 78-79).
Maka Allah ta’ala memberi dalil dengan permulaan kepada pengembalian itu. Dan firman Allah ta’ala yang artinya : “Menciptakan dan membangkitkan kamu itu dari kubur hanyalah sebagai menciptakan seorang diri saja”. (QS. Luqman (31) : 28).
Jadi, pengembalian itu adalah permulaan kedua. Maka itu adalah mungkin seperti permulaan pertama.
-------------------------------------------
Ihya’ Ulumiddin Jilid 1, Imam al-Ghazali, Penerbit C.V. Faizan Jakarta, cetakan kesembilan 1986.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar