"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Senin, 28 Agustus 2017

Pelukan Orang Tua

Ayah Bunda, tahukah memeluk anak itu sangat bermanfaat. Pada dasarnya orang tua mengetahui akan pentingnya hubungan dan kedekatan antara anak-anak dengan mereka. Sebagian besar orang tua menyatakan menghabiskan waktu dan demi kedekatan dengan anak bisa menjadi hal yang lebih penting di banding hal lain. Pada intinya bahwa antara orang tua dan anak saling membutuhkan rasa cinta dan kasih sayang satu sama lainnya.
Banyak hal yang menyebabkan hubungan orangtua dan anak menjadi renggang salah satunya adalah karena tuntutan ekonomi dan pekerjaan. Kadang dikarenakan kesibukan, orangtua harus pergi pagi-pagi secara terburu-buru karena pekerjaan dan pulang ke rumah tatkala anak tidur. Jika kondisi memang demikian, salah satu cara yang bisa dilakukan Ayah Bunda dapat mendekatkan hubungan dengan anak yaitu dengan pelukan.
Pelukan Orang Tua kepada anak dapat menimbulkan ikatan batin dan kasih sayang yang kuat antara anak dan orangtua. Mendapat pelukan berarti mendapat dukungan, dan bagi yang memeluknya berarti akan menimbulkan rasa percaya diri. Kehadiran hormon endomorfin yang muncul saat berpelukan dapat mengurangi ketegangan saraf dan serta tekanan darah.
Bahkan penelitian menunjukkan bahwa anak yang sering mendapat pelukan dari orang tuanya akan lebih efektif sembuh dari depresi. Dan akan timbul rasa percaya dirinya untuk menyelesaikan berbagai permasalahan. Bahkan pelukan saat inisiasi dini, saat bayi lahir akan mentransfer sejenis mikroorganisme yang membuat daya tahan tubuh bayi kuat. Dan ketika pelukan dengan rasa sayang ini di teruskan hingga masa kanak-kanak dapat menjadikan pribadi anak yang tidak gampang stress.
Jangan percaya pada mitos yang mengatakan bahwa anak yang sering mendapat pelukan akan menjadi cengeng, bahkan sebaliknya, secara psikologi, anak yang sering mendapat pelukan kasih sayang dari orang tuanya akan tumbuh menjadi anak yang penyayang, pertumbuhannya sehat, akan merasa nyaman dan memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi.
Peluklah anak anda sebelum anda berangkat kerja, toh memeluk anak tidak akan membutuhkan waktu yang begitu banyak. Peluklah yang tulus, jangan tergesa-gesa, curahkan segala rasa sayang dan cinta anda saat anda memeluk anak anda. Saat anda pulang kerja, meskipun anak sudah tertidur pulas, peluklah dia meskipun sedang tidur. Jadi kesimpulannya, pertama memeluk anak merupakan esensi penting dalam tumbuh kembangnya. Pelukan merupakan salah satu stimulasi yang paling penting yang dapat memfasilitasi perkembangan anak yang sehat. Kedua membuat emosinya teratur. Seorang ibu dapat menenangkan anaknya yang stres dengan memeluknya. Ketiga, kesehatan orangtua dan anak akan meningkat. Orang tua akan mendapatkan perasaan yang lebih baik dan sehat. Keempat, tentu saja hubungan Ayah bunda dan anak akan semakin meningkat.
Jadi gimana, sudahkah Ayah Bunda memeluk sang buah hati ? Kalau belum, ayo sekarang peluk buah hatinya. Mumpung belum lupa. Nah jangan lupa untuk mendongeng sebelum tidur. Bisa cerita tentang Nabi dan Rasul, kepahlawanan pahlawan Indonesia, tokoh pewayangan
Semoga bermanfaat dan sering peluk ya buah hatinya ya .. Ayah Bunda ..

Aliansi Cinta Keluarga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar