"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Kamis, 27 Oktober 2016

Mohon Terhindar dari Meminta yang Tidak Tahu Hakekatnya

Di surat Hud (11) ayat 47 ;
"Rabbi innii a'uudzu bika an as'aluka maa laisa lii bihii 'ilmun, waillaa taghfir lii watarhamnii akun minal khaasiriin".

Artinya :
Ya Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari memohon kepada-Mu sesuatu yang aku tiada mengetahui-(hakekat)-nya, dan sekiranya Engaku tidak memberi ampun kepada-ku, dan (tidak) menaruh belas kasihan kepada-ku, niscaya aku akan termasuk orang-orang yang merugi.

Keterangan :
Do'a ini semula dibaca oleh nabi Nuh a.s. Ketika ada banjir besar yang melanda negeri nabi Nuh a.s., anaknya yang bernama Kan'an tidak mau mengikuti nasehat ayahnya bersama-sama naik perahu. Tapi Kan'an memilih perlindungan sendiri akan naik ke puncak gunung. Di kala itulah nabi Nuh a.s. memohon kepada Allah ta'ala agar anaknya mau naik perahu bersama dengan keluarga. Allah berfirman sebagai jawaban : "Kan'an itu tidak termasuk keluargamu, karena perbuatannya tidak baik".
Kemudian nabi Nuh a.s. berdo'a seperti tersebut diatas.
-------------------------------------
Bibliography :
Al Qur'aan dan Terjemahannya, Yayasan Penyelenggara Penterjemah Al-Qur'an, Depag, Pelita II/ 1978/ 1979, halaman 334.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar