"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Jumat, 02 Maret 2018

Mohon Ampun untuk Orang yang Telah Bertaubat

Di surat al-Mu’min (40) ayat 7 - 9;

رَبَّنَا وَسِعْتَ كُلَّ شَىْءٍ رَّحْمَةً وَعِلْمًا فَاغْفِرْ لِلَّذِينَ تَابُوا۟ وَاتَّبَعُوا۟ سَبِيلَكَ وَقِهِمْ عَذَابَ الْجَحِيمِ

رَبَّنَا وَأَدْخِلْهُمْ جَنّٰتِ عَدْنٍ الَّتِى وَعَدتَّهُمْ وَمَن صَلَحَ مِنْ ءَابَآئِهِمْ وَأَزْوٰجِهِمْ وَذُرِّيّٰتِهِمْ ۚ إِنَّكَ أَنتَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

وَقِهِمُ السَّيِّـَٔاتِ ۚ وَمَن تَقِ السَّيِّـَٔاتِ يَوْمَئِذٍ فَقَدْ رَحِمْتَهُۥ ۚ وَذٰلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

“Robbanaa wa si’ta kulla syai’in rahmatan wa ‘ilmaa, faghfir lilladziina taabun wattaba’uu sabiilaka wa qihim ‘adzaabal jahiim. Robbana wa adkhilhum jannaati ‘adninil-latii wa’adtahum wa man sholaha min aabaa ihim wa azawaajihim wa dzurriyyaatihim innaka antal ‘aziizul hakiim. Waqihimus-sayyiaati wa man taqis syyiaati yaumaidzin faqad rahimtah wa dzaalika huwal fauzul ‘dziim.”

Artinya :
Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalan Engkau dan peliharalah mereka dari siksaan neraka yang menyala-nyala. Ya Tuhan kami, dan masukkanlah mereka ke dalam syurga ‘Adn yang telah Engkau janjikan kepada mereka dan orang-orang yang sholeh di antara bapak-bapak mereka, dan istri-istri mereka, dan keturunan mereka semua. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. Dan peliharalah mereka dari (balasan) kejahatan. Dan orang-orang yang Engkau pelihara dari (pembalasan) kejahatan pada hari itu maka sesungguhnya telah Engkau anugerahkan rahmat kepadanya dan itulah kemenangan yang besar.

Keterangan :
Do’a ini semula dibaca oleh para malaikat yang memikul ‘Arsy dan para malaikat yang berada di sekelilingnya. Mereka para malaikat bertasbih memuji Allah dan memohonkan ampun bagi orang-orang yang beriman.
Dan menurut keterangan ahli tafsir, Abu Bakr radhiyallahu anhu berdo’a dengan do’a ini dikala telah berumur genap 40 tahun. Do’a ini diajarkan kepadanya oleh Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dari nash al-Qur’an. (al Khazin 6 : 134).
------------------------
Al-Quraan dan Terjemahannya, Departeman Agama RI, Pelita II/1978/1979, halaman 760.
Pedoman Dzikir dan Do’a, Prof Dr. T.M. Hasbi Ash-Shiddieqy, Penerbit PT. Bulan Bintang Jakarta, cetakan kesepuluh 1987, halaman 369.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar