"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Selasa, 01 Mei 2012

Sopan Santun Menghadiri Majlis Nabi (2)

يٰٓأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا نٰجَيْتُمُ الرَّسُولَ فَقَدِّمُوا۟ بَيْنَ يَدَىْ نَجْوَىٰكُمْ صَدَقَةً ۚ ذٰلِكَ خَيْرٌ لَّكُمْ وَأَطْهَرُ ۚ فَإِن لَّمْ تَجِدُوا۟ فَإِنَّ اللَّـهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ
Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu mengadakan pembicaraan khusus dengan Rasul hendaklah kamu mengeluarkan sedekah (kepada orang miskin) sebelum pembicaraan itu. Yang demikian itu adalah lebih baik bagimu dan lebih bersih; jika kamu tiada memperoleh (yang akan disedekahkan) maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. 58 : 12).

 ءَأَشْفَقْتُمْ أَن تُقَدِّمُوا۟ بَيْنَ يَدَىْ نَجْوَىٰكُمْ صَدَقٰتٍ ۚ فَإِذْ لَمْ تَفْعَلُوا۟ وَتَابَ اللَّـهُ عَلَيْكُمْ فَأَقِيمُوا۟ الصَّلَوٰةَ وَءَاتُوا۟ الزَّكَوٰةَ وَأَطِيعُوا۟ اللَّـهَ وَرَسُولَهُۥ ۚ وَاللَّـهُ خَبِيرٌۢ بِمَا تَعْمَلُونَ
Apakah kamu takut akan (menjadi miskin) karena kamu memberikan sedekah sebelum pembicaraan dengan Rasul? Maka jika kamu tiada memperbuatnya - dan Allah telah memberi taubat kepadamu - maka dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat dan taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya; dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS. 58 : 13).

Tafsir Ayat
QS. 58 : 12.

Latar Belakang Turunnya Ayat

Dalam suatu riwayat dikemuka bahwa Kaum Muslimin terlalu banyak bertanya kepada Rasulullah sehingga membebaninya. Untuk meringankan beban Rasulullah , Allah menurunkan ayat ini (QS. 58 : 12) sebagai perintah bersedaqah kepada fakir miskin sebelum bertanya”.
Setelah turun ayat ini (QS. 58: 12) kebanyakan orang menahan diri untuk banyak bertanya. Maka turuntah ayat berikutnya (QS. 58 : 13) sebagai teguran kepada orang-orang yang tidak mau bertanya karena takut mengeluarkan shadaqah.
Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim dari Abi Thalhah yang bersumber dari Ibnu Abbas.

Dalam riwayat lain dikemukakan bahwa setelah turun ayat “ya ayyuhalladzina amanu idza najaitumurrasula” Nabi bersabda kepada Ali bin Abi Thalib: “Bagaimana pendapatmu kalau shadaqah satu dinar?”- Ali menjawab “Mereka tidak akan mampu”. Rasul bersabda: “Setengah dinar?”. Ali menjawab “Mereka tidak akan mampu”. Nabi bertanya: “Kalau begitu berapa?”. Ali menjawab: “Satu butir sya’ir”. Rasulullah jawab: “Engkau terlalu sederhana”. Maka turunlah ayat ini (QS. 58 : 13) sebagai teguran kepada orang-orang yang ingin bertanya kepada Rasulullah tapi takut miskin karena harus membayar shadaqah lebih dahulu: Selanjutnya Ali berkata: “Karena peristiwa itulah ummat ini dientengkan bebannya”. Diriwayatkan oleh at-Tirmidzi dan lainnya yang menganggap hadits ini hasan yang bersumber dari Ali.

QS. 58 : 13. Apakah kamu takut akan (menjadi miskin) karena kamu memberikan sedekah sebelum pembicaraan dengan Rasul? Maka jika kamu tiada memperbuatnya - dan Allah telah memberi taubat kepadamu - maka dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat dan taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya; dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

---------------
Bibliography :
Al Qur'aan dan Terjemahannya, Yayasan Penyelenggara Penterjemah Al-Qur'an, Depag, Pelita II/ 1978/ 1979, halaman 911.
Asbabun Nuzul, KH Qomaruddin, Penerbit CV. Diponegoro Bandung, Cetakan ke -5, 1985, halaman 503 - 504.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar