"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Sabtu, 30 Juli 2011

KISHO KUROKAWA

Kisho Noriaki Kurokawa atau lebih dikenal Kisho Kurokawa, lahir di Kanie, Aichi, prefektur Nagoya, Jepang pada tahun 1934. Ia lulus S1 dari Universitas Kyoto, Jurusan Arsitektur pada tahun 1957, kemudian melanjutkan ke Universitas Tokyo. Selama proses pembelajaran di tingkat S2 Ia belajar di bawah pengawasan seorang maestro arsitektur dari Jepang, Kenzo Tange dan berhasil meraih gelar Master pada 1959. Semangat belajarnya dilanjutkan dengan masuk ke jenjang doktorat bidang filsafat arsitektur. Namun, gelar doktor tidak dapat diraihnya karena keluar dari jenjang tersebut pada tahun 1964.
Kisho Kurokawa adalah seorang arsitek yang menganut aliran metabolisme yang merupakan sub kategori dari aliran arsitektur modern, dalam ilmu arsitektur. Karya arsitektur yang dihasilkannya berupa bangunan dengan konsep dan filosofi yang terinspirasi dari bagian tubuh mahkluk hidup.
Bersama arsitek-Jepang lain, Kisho Kurokawa mewujudkan gerakan metabolisme, yakni sebuah aliran arsitektur dari langgam arsitektur modern. Gerakan ini mulai muncul dan dikembangkan sejak tahun 1960, setahun setelah beliau memperoleh gelar master arsitektur. Ciri utama bangunan dalam aliran ini adalah bentuknya yang menyerupai bagian tubuh mahkluk hidup. Aliran ini berusaha menggabungkan dan menyempurnakan berbagai aliran arsitektur yang ada di Asia.
Berdasarkan bentuk bangunan yang menyerupai bagian tubuh mahkluk hidup, dapat dikatakan bahwa aliran metabolisme memandang fungsi bangunan bukan hanya dari sisi teknis saja, tetapi juga menyangkut perihal kehidupan dan alam di sekitar sehingga antara bangunan dan alam sekitar terjadi hubungan tibal-balik yang saling menguntungkan (simbiosis mutualisme).
Nakagin Capsule Tower
Sebagai contoh adalah bangunan Nakagin Capsule Tower. bangunan ini mengambil inspirasi dari bentuk sel tumbuhan berupa kotak-kotak dan membentuk jaringan yang menggambarkan sesuatu yang tumbuh/  berubah/ berkembang/ reinkarnasi. Bentuk menyerupai Kapsul. Menara dengan 140 kamar;  memberi kesan individu / ketidaksempurnaan; Proses menuju kesempurnaan / keseimbangan (filosofi Buddha Zen)


Pada tahun 1971, Kisho Kurokawa telah merancang sejumlah besar bangunan di negara Jepang, termasuk diantaranya adalah tiga pavilion pada expo 1970 dan dua buah kota baru. Beliau adalah pendiri  perusahaan konsultan Kisho Kurokawa Architect & Associates yang dibentuk pada tanggal 8 April 1962. Selain sebagai pendiri, Kisho Kurokawa juga menjabat sebagai presiden di perusahaan tersebut, yang kantor pusat di Tokyo dan beberapa kantor cabang di Osaka, Nagoya, Astana, Kuala Lumpur, Beijing dan Los Angeles.
---------
Sumber :
http://www.kisho.co.jp/page.php
http://arch07.blogspot.com/2010/03/kisho-kurokawa.html
Arsitektur : Bentuk, Ruang dan Susunannya; Francis D.K. Ching, Penerbit Erlangga, cetakan kedua 1991

Tidak ada komentar:

Posting Komentar