"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Kamis, 20 Juli 2017

Al-Qur'an Dan Kitab-kitab Sebelumnya

Di dalam al-Qur'an Surat Aali 'Imraan (3) : 1 - 3 ; الله سبحانه وتعالى menjelaskan bahwa :

الٓمٓ

Alif laam min. (Allah yang lebih mengetahui maksudnya) (1).

اللَّـهُ لَآ إِلٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَىُّ الْقَيُّومُ

Allah, tiada Tuhan melainkan Dia yang Hidup lagi Berdiri Sendiri. (2).

نَزَّلَ عَلَيْكَ الْكِتٰبَ بِالْحَقِّ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ وَأَنزَلَ التَّوْرَىٰةَ وَالْإِنجِيلَ

Dia menurunkan Kitab (al-Qur'an) kepadamu (Muhammad) dengan sebenarnya, membenarkan kitab yang diturunkan sebelumnya dan menurunkan Taurat dan Injil. (3).

Asbabun Nuzul
Dalam suatu riwayat yang dikemukakan oleh Ibnu Abi Hatim yang bersumber dari ar-Rabi' bahwa turunnya beberapa ayat dari surat Aali 'Imraan antara 1 - 80 lebih, sebagai penjelasan yang diberikan kepada Nabi ﷺ atas kedatangan  kaum nashara yang mempersoalkan Nabi Isa عليه السلام (kaum nashara menganggap Nabi Isa عليه السلام lebih mulia daripada nabi Muhammad ﷺ, karenanya mereka tidak mempercayai Muhammad sebagai Rasul ﷺ).
Keterangan ; Menurut riwayat Ibnu Ishaq yang bersumber dari Muhammad bin Sahl Abi Ummah, yang datang menghadap Rasul ﷺ itu kaum nashara Najran.
---------------
Bibliography :
Asbabun Nuzul, KH Qomaruddin, Penerbit CV. Diponegoro Bandung, Cetakan ke-5, 1985, halaman 91.
Al Qur'an Terjemahan Indonesia, Tim DISBINTALAD (Drs. H.A. Nazri Adlany, Drs. H. Hanafie Tamam dan Drs. H.A. Faruq Nasution); Penerbit P.T. Sari Agung Jakarta, cetakan ke tujuh 1994, halaman 89.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar