"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Selasa, 06 September 2016

Tuntunan Sujud Sahwi

Di dalam buku "Mukhtashar-Zadul Ma'ad" karya Ibnu Qayyim al-Jauziyyah pada halaman 29-30, dituturkan bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda ; "Aku hanyalah manusia biasa yang bisa lupa sebagaimana kalian juga bisa lupa. Jika aku lupa, maka ingatkanlah aku". Kelalaian beliau shallallahu 'alaihi wasallam merupakan kesempurnaan nikmat bagi ummat dan kesempurnaan agama, agar mereka mengikuti beliau. Pasalnya beliau pernah beranjak meninggalkan sholat setelah mendapat dua rakaat dari empat akaat yang mestinya dilakukan. Setelah mengqadha' rakaatnya yang kurang, beliau shallallahu 'alaihi wasallam sujud sebelum salam. Dari sini dapat disimpulkan bahwa siapa yang ketinggalan sebagian dari bagian-bagian sholat yang bukan termasuk rukun, maka dia harus sujud sebelum salam. Beliau shallallahu 'alaihi wasallam pernah mengucap salam setelah mengerjakan dua raka'at sholat isya' atau maghrib. kemudian beliau shallallahu 'alaihi wasallam berbicara. Ketika ada sahabat yang mengingatkan, maka beliau shallallahu 'alaihi wasallam menyempurnakannya, mengucap salam, sujud lalu salam lagi. Beliau shallallahu 'alaihi wasallam juga pernah mengakhiri sholatnya, kemudian pergi, padahal masih ada satu rakaat yang tersisa. Maka Thalhah berkata kepada beliau shallallahu 'alaihi wasallam, "Engkau lupa satu raka'at". Beliau shallallahu 'alaihi wasallam kembali lagi ke masjid, menyuruh bilal menyerukan iqomah, lalu sholat satu rakaat bersama orang-orang. Hal ini diriwayatkan Ahmad. Beliau shallallahu 'alaihi wasallam juga pernah sholat lima raka'at pada waktu sholat dzuhur. Lalu orang-orang memberitahu beliau, "Engkau telah sholat lima raka'at". Maka beliau sujud. Beliau shallallahu 'alaihi wasallam juga pernah mengerjakan sholat ashar hanya dengan tiga raka'at, kemudian pulang masuk rumah. Orang-orang mengingatkan beliau. Maka beliau keluar rumah, sholat bersama mereka satui raka'at, kemudian salam, sujud, lalu salam lagi. Inilah yang diriwayatkan dari beliau, yaitu ada lima tempat.
Di dalam Ash-Shahihain, dari hadits Abdullah bin Buhainah; bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah sholat dua rakaat pada waktu dzuhur, tidak duduk melakukan tasyahhud awal. Setelah mengqadha' sholatnya, maka beliau sujud dua kali, kemudian salam. Dalam riwayat muttafa 'alaihi disebutkan bahwa beliau shallallahu 'alaihi wasallam mengucapkan takbir untuk setiap sujud, dalam posisi duduk sebelum salam.
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mengucapkan salam setelah dua rakaat, entah dalam sholat dzuhur atau ashar. Setelah itu beliau berbincang-bincang. Kemudian beliau menyempurnakannya, melakukan dua kali sujud setelah salam dan berbincang-bincang itu, mengucapkan takbir tatkala sujud dan tatkala bangkit dari sujud.
Suatu kali beliau shallallahu 'alaihi wasallam mengucapkan salam lalu beranjak pergi. Padahal masih ada satu rakaat yang tertinggal. Thalhah bin Ubaidillah yang mengetahuinya berkata kepada beliau, "Engkau lupa satu rakaat". Maka beliau kembali lagi, masuk masjid dan menyuruh Bilal untuk iqomah, lalu orang-orang juga ikut mengerjakan satu rakaat yang tertinggal itu.
Beliau shallallahu 'alaihi wasallam pernah sholat dzuhur lima rakaat. Lalu ada yang berkata dihadapan beliau, "Apakah ada tambahan dalam sholat?. Beliau shallallahu 'alaihi wasallam bertanya, "Ada apa memangnya?" Orang-orang menjawab, "Engkau sholat lima rakaat". Maka beliau sujud dua kali. Hadits Muttafaq 'alaih.
-----------------------------
Mukhtashar-Zadul Ma'ad, Ibnu Qayyim al-Jauziyyah, Penerbit Pustaka Azzam Jakarta, cetakan pertama, Pebruari 1999.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar