"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Rabu, 25 Oktober 2017

Nabi Mengkhawatirkan Ummatnya Berebut Dunia

Uqbah bin Amir r.a. berkata : Rasulullah keluar ke kubur Baqie’ tempat pemakaman orang-orang yang gugur dalam perang Uhud, maka mendo’akan mereka setelah delapan tahun dari kematian mereka, bagaikan orang yang memberi selamat tinggal kepada orang yang masih hidup dan orang yang telah mati. Kemudian Nabi naik di atas mimbar sambil bersabda : Saya akan maju di depan kamu, dan Saya sebagai saksi atas kamu dan janji pertemuan di haudl dan saya telah melihatnya dari atas mimbarku ini. Dan saya tidak khawatir kamu dari syirik, tetapi saya khawatir atas kamu kekayaan dunia, jangan sampai kamu berebutan padanya. Uqbah berkata : Itulah penghabisan saya melihat pada Rasulullah ﷺ (HR. Buchary dan Muslim).

Dalam lain riwayat : Tetapi saya khawatir atas kamu kekayaan dunia, yang kamu akan berebutan dan bunuh-membunuh karenanya, maka binasalah kamu sebagaimana membinasakan ummat yang sebelum kamu.

Dalam lain riwayat : Saya mendahului kamu, dan saya saksi atas kamu, demi Allah saya kini melihat haudl itu, dan saya telah diberi Allah kekayaan bumi ini, demi Allah saya tidak khawatir kamu melakukan syirik sepeninggalku, tetapi saya khawatir berebutan dunia.
----------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979, halaman 632-634.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar