"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Kamis, 28 Mei 2009

MENGUMPULI ISTERI (1)

Dari Abu Hurairah r.a. dari Nabi s.a.w. beliau bersabda : “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari kiamat, janganlah ia menyakiti tetangganya. Hendaklah kalian berwasiat dengan kebaikan terhadap perempuan, karena mereka itu dijadikan dari tulang rusuk, dan tulang rusuk yang paling bengkok itu ialah yang paling atas. Kalau engkau ingin meluruskannya (sekaligus), niscaya engkau mematahkannya, tapi kalau kaubiarkan, niscaya ia tetap bengkok. Hendaklah kalian berwasiat (bernasihat) dengan baik-baik terhadap perempuan”. Muttafaq ‘alaih, dan lafadh ini dalam Bukhary. Dan dalam riwayat Muslim ; “Kalau engkau ingin bersenang-senang dengannya, niscaya engkau dapat bersenang-senang, akan tetapi sifat bengkok itu tetap ada padanya; kalau engkau ingin meluruskannya, niscaya engkau mematahkannya, dan arti patah itu ialah mentalaknya”.
-------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab Kitabul Nikah, halaman 374-375.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar