"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Kamis, 31 Mei 2018

Nasehat itu Manfa'at

Di dalam al-Qur'an Surat adz-Dzariyaat (51) : 54 - 55 ; الله سبحانه وتعالى menjelaskan bahwa :

فَتَوَلَّ عَنْهُمْ فَمَآ أَنتَ بِمَلُومٍ

Maka berpalinglah engkau dari mereka, engkau tidak tercela. (54).

وَذَكِّرْ فَإِنَّ الذِّكْرَىٰ تَنفَعُ الْمُؤْمِنِينَ

Dan berilah peringatan, sesungguhnya peringatan itu bermanfa'at bagi orang-orang mukmin. (55).
Asbabun Nuzul
Dalam suatu riwayat yang dikemukakan oleh Ibnu Mani, Ibnu Rahawaih dan Haitsam bin Kalib dalam musnad-musnadnya dari Mujahid yang bersumber dari 'Ali bin Abi Thalib رَضِيَ اللََّهُ عَنْه berkata "Ketika turun ayat "Fa tawalla 'anhum fama anta bimalum" (QS. adz-Dzariyaat (51) : 54)  yang memerintahkan agar Rasulullah ﷺ berpaling dari kami, tak seorang pun diatara yang hadir akan merasa selamat dari bahaya (siksaan Allah). Maka turunlah ayat berikutnya (QS. adz-Dzariyaat (51) : 55) yang menegaskan bahwa peringatan yang diberikan oleh Nabi akan bermanfaat bagi kaum Mukminin. Setelah turunnya ayat ini, barulah kami merasa tentram hati".
Dalam riwayat lain yang dikemukakan oleh Ibnu Jarir yang bersumber dari Qatadah رَضِيَ اللََّهُ عَنْه bahwa ketika turun ayat "Fa tawalla 'anhum fama anta bimalum" (QS. adz-Dzariyaat (51) : 54) para sahabat Rasulullah ﷺ merasa sesak dada dan mengira bahwa wahyu tidak akan turun lagi (putus) serta adzab akan segera datang. Maka turunlah ayat berikutnya (QS. adz-Dzariyaat (51) : 55) yang menegaskan bahwa peringatan yang diberikan oleh Nabi akan bermanfaat bagi kaum Mukminin.
---------------
Bibliography :
Asbabun Nuzul, KH Qomaruddin, Penerbit CV. Diponegoro Bandung, Cetakan ke-5, 1985, halaman 479 - 480.
Al Qur'an Terjemahan Indonesia, Tim DISBINTALAD (Drs. H.A. Nazri Adlany, Drs. H. Hanafie Tamam dan Drs. H.A. Faruq Nasution); Penerbit P.T. Sari Agung Jakarta, cetakan ke tujuh 1994, halaman 1050 - 1051.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar