"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Kamis, 03 Mei 2018

Jangan Putus Asa

Di dalam al-Qur'an Surat az-Zumar (39) : 53 ; الله سبحانه وتعالى menjelaskan bahwa

قُلْ يٰعِبَادِىَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا۟ عَلَىٰٓ أَنفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا۟ مِن رَّحْمَةِ اللَّـهِ ۚ إِنَّ اللَّـهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا ۚ إِنَّهُۥ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

Katakanlah, "Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu putus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Asbabun Nuzul
Dalam riwayat yang dikemukakan oleh al-Hakim dan ath-Thabarani yang bersumber dari Ibnu Umar رضي الله عنهما berkata bahwa : "Pernah kami menganggap bahwa taubat seseorang yang menyeleweng dari agama Islam, bahkan meninggalkannya dengan penuh kesadaran tidak akan diterima." Ketika Rasulullah ﷺ tiba di Madinah (hijrah dari Mekah) turunlah ayat ini (QS. az-Zumar : 53) yang menegaskan bahwa الله سبحانه وتعالى akan mengampuni dosanya walaupun telah melampaui batas.
---------------
Bibliography :
Asbabun Nuzul, KH Qomaruddin, Penerbit CV. Diponegoro Bandung, Cetakan ke-5, 1985, halaman 428.
Al Qur'an Terjemahan Indonesia, Tim DISBINTALAD (Drs. H.A. Nazri Adlany, Drs. H. Hanafie Tamam dan Drs. H.A. Faruq Nasution); Penerbit P.T. Sari Agung Jakarta, cetakan ke tujuh 1994, halaman 923.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar