"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Kamis, 17 Mei 2018

Kedatangan Kiamat

Di dalam al-Qur'an Surat az-Zumar (39) : 67 ; الله سبحانه وتعالى menjelaskan bahwa :

وَمَا قَدَرُوا۟ اللَّـهَ حَقَّ قَدْرِهِۦ وَالْأَرْضُ جَمِيعًا قَبْضَتُهُۥ يَوْمَ الْقِيٰمَةِ وَالسَّمٰوٰتُ مَطْوِيّٰتٌۢ بِيَمِينِهِۦ ۚ سُبْحٰنَهُۥ وَتَعٰلَىٰ عَمَّا يُشْرِكُونَ

Dan ikutilah sebaik-baik apa yang telah diturunkan kepada kamu dari Tuhanmu sebelum datang kepadamu azab secara tiba-tiba, sedangkan kamu tidak menyadari.

Asbabun Nuzul
Dalam suatu riwayat yang dikemukakan oleh at-Tirmidzi yang bersumber dari Ibnu Abbas رضي الله عنهما bahwa seorang yahudi lewat dihadapan Nabi ﷺ dan bertanya : "Bagaimana pendapatmu (Islam) hai Abal Qasim tentang Allah meletakkan langit, bumi, air serta gunung-gunung seperti yang kita lihat sekarang ini.?
Maka turunlah ayat ini (QS. az-Zumar : 67) yang menegaskan bahwa orang-orang yahudi tidak menghormati Allah sebagaimana seharusnya, yaitu bahwa bumi, langit ada di tangan kekuasaan Tuhan.
Dalam riwayat lain yang dikemukakan oleh Ibnu Abi Hatim yang bersumber dari Sa'id bin Jubair bahwa kaum yahudi memperbincangkan sifat Tuhan tanpa menggunakan ilmu pengetahuan sebenarnya. Maka الله سبحانه وتعالى menurunkan ayat ini (QS. az-Zumar : 67)sebagai keterangan bahwa bumi dan langit dibawah kekuasaan الله سبحانه وتعالى.
---------------
Bibliography :
Asbabun Nuzul, KH Qomaruddin, Penerbit CV. Diponegoro Bandung, Cetakan ke-5, 1985, halaman 430 - 431.
Al Qur'an Terjemahan Indonesia, Tim DISBINTALAD (Drs. H.A. Nazri Adlany, Drs. H. Hanafie Tamam dan Drs. H.A. Faruq Nasution); Penerbit P.T. Sari Agung Jakarta, cetakan ke tujuh 1994, halaman 923 - 924.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar