"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Kamis, 14 September 2017

Lagak Laku Ahli Kitab

Di dalam al-Qur'an Surat Aali 'Imraan (3) : 71 - 73 ; الله سبحانه وتعالى menjelaskan bahwa :

يٰٓأَهْلَ الْكِتٰبِ لِمَ تَلْبِسُونَ الْحَقَّ بِالْبٰطِلِ وَتَكْتُمُونَ الْحَقَّ وَأَنتُمْ تَعْلَمُونَ

Hai Ahli Kitab, mengapa kamu mencampur adukkan yang benar dengan yang bathil dan mengapa kamu menyembunyikan yang benar (tentang kerasulan Muhammad) padahal kamu mengetahui?. (71).

وَقَالَت طَّآئِفَةٌ مِّنْ أَهْلِ الْكِتٰبِ ءَامِنُوا۟ بِالَّذِىٓ أُنزِلَ عَلَى الَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَجْهَ النَّهَارِ وَاكْفُرُوٓا۟ ءَاخِرَهُۥ لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

Dan berkata segolongan Ahli Kitab (kepada sesamanya), "Berimanlah kamu (pura-pura) kepada apa-apa yang diturunkan kepada orang-orang yang beriman pada pagi hari, dan ingkarilah pada akhir hari-(petang)-nya, supaya mereka (orang mukmin) kembali (pada kekafiran), (72).

 وَلَا تُؤْمِنُوٓا۟ إِلَّا لِمَن تَبِعَ دِينَكُمْ قُلْ إِنَّ الْهُدَىٰ هُدَى اللَّـهِ أَن يُؤْتَىٰٓ أَحَدٌ مِّثْلَ مَآ أُوتِيتُمْ أَوْ يُحَآجُّوكُمْ عِندَ رَبِّكُمْ ۗ قُلْ إِنَّ الْفَضْلَ بِيَدِ اللَّـهِ يُؤْتِيهِ مَن يَشَآءُ ۗ وَاللَّـهُ وٰسِعٌ عَلِيمٌ

dan janganlah kamu percaya melainkan kepada orang yang mengikuti agamamu, Katakanlah, "Sesungguhnya petunjuk (yang harus diikuti) ialah petunjuk Allah". Mereka berkata lagi, "Jangan kamu percaya bahwa akan diberikan kepada seseorang sebagaimana pemberian yang diberikan kepadamu atau mereka membantah kamu, pada sisi Tuhanmu." Katakanlah, "Sesungguhnya karunia itu di tangan Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya", dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui. (73).

Asbabun Nuzul
Dalam suatu riwayat Ibnu Ishaq yang bersumber dari Ibnu Abbas رضي الله عنهما dikemukakan bahwa Abdullah bin ash-Shaif, 'Adi bin Zaid dan al-Harts bin 'Auf mengadakan pembicaraan untuk beriman pada pagi hari dan kufur pada sore hari pada apa yang diwahyukan kepada Muhammad dan diikuti sahabat-sahabatnya, sehingga dapat mengaburkan agama mereka dan mencontoh perbuatannya sampai keluar dari agama mereka. Maka Allah menurunkan ayat tersebut diatas (QS. Aali 'Imraan : 71 - 73) yang memperingatkan ummat Islam agar jangan mengaburkan haq dengan yang bathil.
---------------
Bibliography :
Asbabun Nuzul, KH Qomaruddin, Penerbit CV. Diponegoro Bandung, Cetakan ke-5, 1985, halaman 97 - 98.
Al Qur'an Terjemahan Indonesia, Tim DISBINTALAD (Drs. H.A. Nazri Adlany, Drs. H. Hanafie Tamam dan Drs. H.A. Faruq Nasution); Penerbit P.T. Sari Agung Jakarta, cetakan ke tujuh 1994, halaman 106 - 107.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar