"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Kamis, 11 Agustus 2011

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis Bantul
Di pesisir selatan Yogyakarta, terdapat sekitar 13 obyek pantai yang memiliki pesona wisata, salah satunya adalah pantai Parangtritis yang terletak 27 km selatan Kota Jogja, masuk wilayah administrasi kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Lokasi ini mudah dicapai dengan transportasi umum yang beroperasi hingga pukul 17.00 WIB maupun kendaraan pribadi. Atau bisa melalui desa Kretek atau rute dengan pemandangan yang lebih indah yaitu lewat Imogiri dan desa Siluk, tetapi jarak tempuh yang lebih panjang.
Objek wisata ini sudah dikelola oleh pihak Pemda Bantul dengan cukup baik, mulai dari fasilitas penginapan maupun pasar yang menjajakan souvenir khas Parangtritis. Selain itu ada pemandian yang disebut Parang Wedang konon air di pemandian dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit diantaranya penyakit kulit, air dari pemandian tersebut mengandung belerang yang berasal dari pengunungan sekitar lokasi tersebut. Di pantai Parangtritis ada juga kereta kuda atau kuda yang dapat disewa untuk menyusuri pantai dari timur ke barat.
Pasar Souvenir Pantai Parangtritis
Jika waktu anda cukup lama disini cobalah naik ke Tebing Gembirawati di belakang pantai ini. Dari sana kita bisa melihat seluruh area Pantai Parangtritis, laut selatan, hingga ke batas cakrawala.
Pantai Parangtritis tak lepas dari legenda Ratu Kidul. Banyak orang Jawa percaya bahwa Pantai Parangtritis adalah gerbang kerajaan gaib Ratu Kidul yang menguasai laut selatan. Kepercayaan masyarakat ini melahirkan pesona tersendiri. Hampir setiap malam Jumat Kliwon dan Selasa Kliwon, para pengunjung maupun nelayan setempat melakukan upacara ritual di pantai tersebut. Acara ritual diwarnai pelarungan sesajen dan kembang warna-warni ke laut. Puncak acara ritual biasanya terjadi pada malam 1 Suro, dan dua-tiga hari setelah hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Intinya, nelayan meminta keselamatan dan kemurahan rejeki dari penguasa bumi dan langit
Dokar Sewa Pantai Parangtritis
----------
Baca info lain di :
http://www.bantulbiz.com/id/bizpage_wisata/id-158.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Parangtritis,_Kretek,_Bantul
http://www.yogyes.com/id/yogyakarta-tourism-object/beach/parangtritis/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar