"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Kamis, 09 Juli 2009

WALIMAH / KENDURI (3)

Dari Abu Hurairah r.a. ia berkata; Rasulullah saw. bersabda : “Sejelek-jeleknya makanan ialah makanan walimah di mana tidak diundang orang yang mau akan makanan itu (orang fakir miskin), dan yang diundang orang-orang yang tidak menyukainya (orang.orang kaya), dan barangsiapa yang tidak mengabulkan akan undangan, maka ia telah durhaka kepada Allah dan Rasulullah”. Diriwayatkan oleh Muslim.

Dari padanya r.a. ia berkata; Rasulullah s.a.w. bersabda : ”Apabila seseorang di antara kalian diundang, hendaklah ia datang, apabila ia sedang puasa hendaklah ia mendo’akan, dan apabila tidak sedang puasa hendaklah ia makan”
. Diriwayatkan oleh Muslim pula.

Dan dalam riwayat Muslim dari Jabir r.a. seperti hadits itu pula, beliau bersabda : “Kalau ia mau, makanlah dan apabila tidak, tinggalkanlah (tidak usah makan)”.
---------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab Kitabul Nikah, halaman 384-385.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar