"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Kamis, 15 Februari 2018

Nasehat untuk Para Wanita

Ibnu 'Abbas رضي الله عنهما menceritakan bahwa Rasulullah ﷺ bersabda : "... dan melihat neraka mendadak isinya kebanyakan kaum wanita." (baca Tarjamah Riadhus Shalihin 1, halaman 415).

Lantas bagaimana kaum wanita bisa terhindar dari ancaman neraka?
Ibnu Umar رضي الله عنهما menceritakan bahwa Rasulullah ﷺ bersabda : "Hai para wanita bersedekahlah kamu, dan perbanyaklah membaca istiqhfar." (baca Tarjamah Riadhus Shalihin 2, halaman 656).

Lantas apa yang membuat wanita mendapat ancaman neraka?
Masih dalam riwayat hadits yang sama Nabi ﷺ menjelaskan : "Karena kamu (wanita) banyak mengomel, menghilangkan (tidak mengakui) kebaikan dari suami dan kamu adalah orang yang kurang sempurna akal dan agama. (maksudnya persaksian dua wanita sama dengan seorang lelaki, tanda kurang akal; dan sering tidak sholat beberapa hari, tanda kurang agama." (baca Tarjamah Riadhus Shalihin 2, halaman 656)
--------------------------
Inspirasi : 
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN I, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1978.
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979.
Rijal Haolar Rasul (Karakteristik Perihidup 60 Shahabat Rasulullah), Khalid Muhammad Khalid, Penerbit : CV. Penerbit Diponegoro, Cetakan keduapuluh 2006, halaman 629-637.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar