"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Sabtu, 08 April 2017

Semua Agama Sama?

Note Trip, 11 Rajab 1438 H. Lagi-lagi kudengar kalimat ; “Semua agama sama. Semua agama mengajarkan kebaikan. Semua agama baik dan benar. Tak ada agama yang menganjurkan kejahatan kepada pemeluk-pemeluknya. Oleh karena itu, kita harus menjunjung tinggi toleransi agama. Mengajarkan budi pekerti keluhuran.” dalam sebuah perjalanan.
Kalimat semacam diatas sudah sering kudengar, semenjak aku SD hingga sekarang. Terlebih lagi jelang Pilkada, kalimat semacam itu sering dimunculkan ulang. Entah apa maunya.
Tapi dari sekian jawaban dari orang-orang yang dibenturkan dengan kalimat tersebut diatas jawabnya hampir sama, hampir sepadan; "Tidak bagiku, karena aku seorang Muslim maka agama yang baik dan benar serta tidak merugi bagiku untuk mengamalkannya hanyalah Islam  (Al-Qur'an Al-Imran : 85). Dan inilah yang aku yakini dan aku ingin mati tetap dalam keadaan Islam (Al-Qur'an Al-Baqarah : 132)."
Kegembiraan atasku, semakin kaum pluralisme menggaungkan kalimat semua agama itu sama, semakin banyak jelata yang Muslim yang semakin menyadari untuk terus memperdalam dan mengamalkan ajaran agamanya. Alhamdulillah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar