"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Selasa, 12 Juni 2018

Kisah Khutbah Ied

Ibnul Qoyyim -رحمه الله- mengatakan, “dulu khutbah ied Nabi ﷺ seputar masalah pokok-pokok keimanan kepada Allah, kepada malaikat-Nya, kepada kitab-Nya, kepada rasul-Nya, kepada perjumpaan dengan-Nya, menyebut tentang surga dan neraka. Menyebutkan apa yang Allah siapkan untuk para wali-Nya dan orang-orang yang taat kepada-Nya. Menyebutkan pula apa yang Allah siapkan untuk musuh-musuh-Nya dan orang-orang yang maksiat kepada-Nya. Maka dengan khutbah itu, hati manusia kan penuh dengan keimanan, tauhid, mengenal Allah dan mengingat hari perjumpaan dengan-Nya.”

Maka boleh jadi Nabi ﷺ pun memilihi surat Qaf dan surat al-Qomar dalam bacaan sholat Iednya, karena dalam keduanya ada penetapan mengenai pokok-pokok agung dalam agama, mengenai keimanan, hari kebangkitan, takdir, akibat orang-orang yang mendustakan dan balasan-balasan bagi orang mukmin.

Syaikh Abdurrahman bin Shalih As-Sudais, penulis kitab-kitab ilmiah diantaranya Syarh ‘Aqidah Ath-Thahawiyah. (Twitter : @assdais) - Twit Ulama 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar