"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Sabtu, 05 November 2011

Faedah Bertakwa

يٰٓأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِن تَتَّقُوا۟ اللَّـهَ يَجْعَل لَّكُمْ فُرْقَانًا وَيُكَفِّرْ عَنكُمْ سَيِّـَٔاتِكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ۗ وَاللَّـهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيمِ
Hai orang-orang yang beriman, jika kamu bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan memberikan kepadamu furqaan dan menghapuskan segala kesalahan-kesalahan dan mengampuni (dosa-dosa)mu. Dan Allah mempunyai karunia yang besar (QS. 8 : 29).

Tafsir Ayat
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah mengatakan bahwa para ulama salaf berpendapat mengenai firman Allah ta'ala; "..., jika kamu bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan memberikan kepadamu furqaan (kemampuan membedakan antara yang hak dan batil), ...", bahwa yang dimaksud dengan furqaan adalah nuur (cahaya) yang dengannya dapat membedakan antara yang haq dengan yang batil. Sebagian mereka mengatakannya pula sebagai bashiiraa (petunjuk). Ayat ini berlaku umum untuk semua bentuk jalan keluar dari kesempitan, baik bersifat lahiriah maupun kesempitan batiniah.

-----------------
Bibliography :
Al Qur'aan dan Terjemahannya, Yayasan Penyelenggara Penterjemah Al-Qur'an, Depag, Pelita II/ 1978/ 1979, halaman 265.
Tazkiyatun Nafs, Ibnu Taimiyah, Penerbit : Darus Sunnah Press, Jakarta Timur, Cetakan Pertama : November 2008, halaman 60.
Tulisan Arab Al-Qur'an

Tidak ada komentar:

Posting Komentar