"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Rabu, 31 Desember 2014

Keutamaan Shaf Barisan Pertama dan Perintah Meratakan dan Menyempurnakan Barisan dan Rapat (1)

Jabir bin Samuroh r.a. berkata Rasulullah s.a.w. keluar pada kami lalu berkata : Tidakkah kamu berbaris sebagaimana barisan Malaikat di sisi Tuhan-Nya? Kami bertanya : Ya Rasulullah, bagaimanakah barisan mereka di depan Tuhan? Jawab Nabi : Menyempurnakan barisan pertama dan rapat benar dalam barisan. (HR. Muslim).
----------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979, halaman 170.

Diam Jauh Lebih Baik

Komunikasi barulah sehat dan berguna apabila prasangka dihilangkan saat berbicara. Apabila kita sudah berprasangka, maka syaitan yang berkuasa. Bila sudah begini diam jauh lebih baik, karena bicara jadinya dosa. Emosi cenderung membuat kita mencari-cari salah bukan solusi. Memojokkan lawan bicara bukan menuntun dan menyemangati. Prasangka buruk berujung menghakimi, tak peduli tak mau mengerti. Bila dari awal sudah menyimpulkan, lalu apa gunanya diskusi? Dan bila syaitan sudah mengambil alih, tanda-tandanya terlihat di lisan; kasar, kotor, penuh caci maki dan celaan, semua sarat keburukan. Dan kata-kata yang dilontarkan memang diniatkan untuk menyakiti, karena hati berpenyakit senang orang lain sakit tersebab dirinya.
Dari situ diskusi berubah menjadi bagaimana menjatuhkan manusia, serang kehormatan dirinya, bukan lagi diskusi tataran ide, tapi individu. Mereka lupa akal bisa ditakluk dengan dalil tapi hati jadi terkunci, akal melihat pada dalil, namun hati tertakluk pada akhlak ranggi. Tak ada arti ilmu tanpa adab, dan adab itu bersumber dari iman, maka ilmu yang tak membuat beradab, jauh dari keimanan
Seorang pendakwah takkan pernah berkata kasar dan buruk akhlak, karena dia tahu persis, kasar itu menjauhkan dirinya dari mad'u. Dan ingat yang paling penting dalam diskusi bukan yang berdiksusi, tapi semua yang mengetahui diskusi tersebut, mereka yang menilai. Diskusi bukan soalan menang atau kalah, atau siapa yang lebih pintar, tapi siapa yang bisa mendekatkan yang lain pada hal yang lebih benar.
Jadikan akhlak yang mulia sebagai pakaian, lisan baik sebagai hiasan, biar Allah yang menilai, karena Allah yang memiliki hati manusia. Dan dewasalah dalam berkomunikasi dan berdiksusi, awasi dan jaga lisanmu sendiri bukan lisan saudaramu. (Ustadz Felix Siauw)

Infanteri

Foto : Khas Djogdja
Infanteri merupakan pasukan tempur darat utama yaitu pasukan berjalan kaki yang dilengkapi persenjataan ringan, dilatih dan disiapkan untuk melaksanakan pertempuran jarak dekat. Infanteri berasal dari kata infant yang berarti kaki, biasanya untuk menggambarkan para tentara muda yang berjalan kaki di sekeliling para kesatria yang menunggang kuda atau kereta. Oleh karena itu seorang infanteri harus memiliki kemampuan berkelahi, menembak, dan bertempur dalam segala medan dan cuaca. 
Pasukan infanteri modern dapat diangkut ke daerah pertempuran dengan pesawat terbang, kapal/perahu, truk, kendaraan lapis baja, atau helikopter. Sebagian infanteri kini merupakan bagian organik dari kesatuan lapis baja atau kesatuan mobil udara. Namun, apabila terlibat dalam pertempuran baik dalam keadaan menyerang maupun bertahan, mereka bertempur di luar kendaraan sebagai pasukan berjalan kaki.
Sasaran atau wilayah belum dapat dikatakan berhasil direbut sebelum diduduki dan dikuasai satuan Infanteri. Lalu, muncul sebutan infanteri adalah "Queen of the Battle" (ratu dari pertempuran). (sumber : wikipedia)

Selasa, 30 Desember 2014

Perintah Menjaga Sholat Lima Waktu dan Ancaman Keras Terhadap yang Meninggalkannya (8)

Abu Hurairah r.a. berkata : Rasulullah s.a.w. bersabda : Sesungguhnya yang pertama dihisab (diperhitungkan) pada seorang hamba di hari qiyamat dari amal perbuatannYa ialah sholat, maka bila sempurna berarti telah lulus dan untung, dan bila kurang atau rusak maka pasti kecewa dan rugi; dan jika terdapat kurang dalam sholat fardlunya. Allah berkata : Perhatikanlah kalau-kalau hamba-Ku ada sholat sunnat untuk mencukupi kekurangan fardlu. Kemudian setelah selesai so’al sholatnya barulah lain-lain amal perbuatan dan kelakuan-kelakuannya. (HR. Attirmidzy).
----------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979, halaman 169.

Senin, 29 Desember 2014

Perintah Menjaga Sholat Lima Waktu dan Ancaman Keras Terhadap yang Meninggalkannya (7)

Syaqiq bin Abdullah seorang ulama tabi’in berkata : Adanya sahabat Nabi Muhammad s.a.w. tiada memandang sesuatu amal perbuatan sekiranya ditinggalkan menyebabkan kekafiran, selain daripada sholat. (HR. Attirmidzy).
----------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979, halaman 169.

Minggu, 28 Desember 2014

Perintah Menjaga Sholat Lima Waktu dan Ancaman Keras Terhadap yang Meninggalkannya (6)

Buroidah r.a. berkata : Bersabda Nabi s.a.w. : Ikatan janji diantara kami dengan mereka ialah sholat, maka siapa meninggalkannya berarti kafir. (HR. Attirmidzy).
----------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979, halaman 168-169.

Sabtu, 27 Desember 2014

Perintah Menjaga Sholat Lima Waktu dan Ancaman Keras Terhadap yang Meninggalkannya (5)

Jabir r.a. berkata : Saya telah mendengar Rasulullah s.a.w. bersabda : Sesungguhnya batas yang memisah antara seseorang dengan kufur, hanya sholat, maka siapa meninggalkan sholat berarti telah kafir. (HR. Muslim).
----------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979, halaman 168.

Jumat, 26 Desember 2014

Perintah Menjaga Sholat Lima Waktu dan Ancaman Keras Terhadap yang Meninggalkannya (4)

Mu’adz r.a. berkata : Ketika Rasulullah mengutus saya ke Yaman berpesan kepada saya : Engkau akan mendatangi orang-orang Ahlil-kitab, maka lebih dahulu kau ajak mereka mengakui bahwa tidak ada Tuhan kecuali Allah, dan Muhammad utusan Allah, dan apabila mereka telah ta’at untuk itu. Maka beritahukan kepada mereka bahwa Allah telah mewajibkan atas mereka sholat lima waktu sehari semalam. Maka bila mereka telah menta’atinya, maka beritahukan kepada mereka bahwa Allah mewajibkan atas mereka sedekah (zakat) yang diambil dari orang-orang kaya dan diberikan kepada orang-orang miskin mereka. KaIau mereka telah ta’at kepada itu, maka berhati-hatilah kamu dan harta kesayangan mereka, dan berhati-hatilah dari do’a orang yang teraniaya, karena tiada antaranya dengan Allah suatu dinding. (HR. Buchary dan Muslim).

Berhati-hati dari harta kesayangan mereka artinya dalam memilih ternak mereka untuk zakat jangan memilih yang amat baik tetapi ambil yang tengah-tengah. Dan jangan berbuat sesuatu yang akan menimbulkan kejengkelan orang hingga merasa teraniaya.
----------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979, halaman 167-168.

Kamis, 25 Desember 2014

Perintah Menjaga Sholat Lima Waktu dan Ancaman Keras Terhadap yang Meninggalkannya (3)

Ibn Umar r.a. berkata : Rasulullah sa.w. bersabda : Saya diperintah memerangi orang-orang hingga mereka mengakui bahwa tiada Tuhan kecuali Allah dan Muhammad utusan Allah, dan mendirikan sholat dan mengeluarkan zakat. Maka jika melakukan semua itu, terpelihara darah dan harta mereka, kecuali dengan hak Islam, dan perhitungan mereka terserah kepada Allah. (HR. Buchary dan Muslim).

Nabi diperintah memerangi orang-orang yang tidak memberi kesempatan bagi penyiaran agama secara bebas tiada tekanan atau halangan, supaya siapa yang akan kafir tidak dipaksa untuk Islam asalkan ia telah mengetahui ajaran Islam, tetapi kalau belum harus dikenalkan kepadanya semua ajaran dan tuntunan Islam, maka setelah itu terserah siapa yang akan percaya atau akan tetap kafir.
----------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979, halaman 167.

Rabu, 24 Desember 2014

Perintah Menjaga Sholat Lima Waktu dan Ancaman Keras Terhadap yang Meninggalkannya (2)

Ibn Umar r.a. berkata : Rasulullah s.a.w. bersabda : Di dirikan agama Islam atas lima sendi : Menyaksikan bahwa tiada Tuhan kecuali Allah dan Nabi Muhammad utusan Allah, dan mendirikan sholat, dan mengeluarkan zakat, dan berhaji ke baitillahil haram, dan puasa bulan Ramadlan. (HR. Buchary dan Muslim).
----------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979, halaman 166-167.

Selasa, 23 Desember 2014

Perintah Menjaga Sholat Lima Waktu dan Ancaman Keras Terhadap yang Meninggalkannya (1)

Ibn Mas’ud r.a. berkata : Saya bertanya kepada Nabi s.a.w. : Apakah amal perbuatan yang utama? Jawab Nabi : Sholat pada waktunya yang tepat. Saya bertanya : Kemudian apakah? Jawab Nabi : Bakti pada kedua ayah bunda. Saya bertanya : Kemudian apakah? Jawab Nabi : Berjuang untuk menegakkan agama Allah. (HR. Buchary dan Muslim).
----------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979, halaman 166.

Senin, 22 Desember 2014

Anjuran Untuk Hadir Sholat Jama‘ah Subuh dan Isya’ (2)

Dan dari Abu Hurairah r.a. berkata : Rasulullah s.a.w. bersabda : Tidak ada sholat yang lebih berat bagi orang munafiq dari sholat Subuh dan Isya’ dan andaikan mereka mengetahui pahalanya tentu mereka akan mendatanginya meskipun merangkak-rangkak. (HR. Buchary dan Muslim).
----------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979, halaman 164.

Minggu, 21 Desember 2014

Anjuran Untuk Hadir Sholat Jama‘ah Subuh dan Isya’ (1)

Usman bin Affan r.a. berkata : Saya telah mendengar Rasulullah s.a.w. bersabda : Siapa yang sholat Isya’ berjama’ah, seolah-olah bangun setengah malam, dan siapa yang sholat Subuh berjama’ah, maka bagaikan sholat satu malam penuh. (HR. Muslim).

Dalam riwayat Attirmidzy : Siapa yang mengikuti sholat Isya’ berjama’ah, bagaikan sholat setengah malam, dan siapa yang sholat Isya’ dan Subuh berjama’ah maka mendapat pahala bagaikan orang bangun semalam penuh.
----------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979, halaman 164.

Kebahagiaan Berbagi

Dalam Al Qur'an Allah swt. Tidak pernah menyuruh meminta-minta, tetapi menyuruh memberi. Dalam surah Al Insan ketika menceritakan ciri ahli surga, Allah Menjelaskan bahwa mereka masuk surga karena mereka selama di dunia suka memberi makan fakir miskin dengan penuh keikhlasan.
Dalam surah Al Lail, ketika menyebutkan ciri ahli surga juga menyebutkan bahwa ia suka memberikan hartanya dan membersihkan jiwanya.
Dalam surah Al Maun, kitka Allah swt Menjelaskan ciri manusia yang mendustakan hari Kiamat, disebutkan pertama, adalah karena bakhil, tidak mau membantu anak yatim dan orang miskin.
Dalam suraj Al Humazah, ketika Menjelaskan penyebab sikap suka mengejek dan menghina orang lain adalah karena suka menumpuk-numpuk harta dan bakhir mengeluarkannya.
Berikut ini kisah yang sangat menyentuh dalam hal berbagi  :
Secercah Kisah Dari Al-Azhar
Seorang guru yang separuh umur berjalan-jalan santai bersama seorang remaja, salah seorang di antara murid-muridnya di sebuah taman. Di sela-sela waktu terdengar ketawa kecil anak remaja tersebut. Mereka kelihatan sebagai kawan yang sangat akrab walaupun dengan perbedaan usia yang sangat zahir. Inilah keistimewaan seorang murabbi yang ikhlas. Sedang berjalan, mereka terlihat sepasang kasut yang sudah usang dan hampir reput bersama beberapa barangan peribadi tukang kebun yang usang.
Remaja itu melihat gurunya sambil mengusul : "Bagaimana kalau kita usik tukang kebun ini dengan sembunyikan kasutnya, kemudian kita berlindung di belakang rimbun? Dia datang, pasti terkejut. Coba kita tengok bagaimana dia terkejut dan cemas! He he”
Guru yang alim dan bijak itu menjawab : "Anakku, tidak elok kita berseronok dengan mempermainkan orang, apatah lagi pada orang yang susah. Kamu kan seorang yang senang, dan kamu boleh sahaja menambah kebahagiaan untuk orang tu? Sekarang saya cadangkan kamu masukkan beberapa keping duit kertas ke dalam kasutnya, kemudian saksikan bagaimana respon tukang kebun tu?"
Pemuda itu terpegun dengan usulan gurunya, bersetuju dan segera untuk memasukkan uang ke dalam kasut tersebut.
Kemudian mereka bersembunyi di belakang rimbunan pepohon. Selang beberapa waktu, datanglah seorang lelaki dalam usia 40-an, bajunya basah dengan peluh, sambil mengibas-ngibaskan kotoran dari pakaiannya. Dia berjalan menuju tempat barangan yang tinggalkan.
Beliau memasukkan kakinya ke dalam kasut, merasai sesuatu di dalamnya. Dia coba keluarkan, bila dilihatnya benda asing itu adalah wang kertas, mukanya berubah, dia terpegun.
Ada beberapa keping dalamnya!!
Dia memeriksa sebelah lagi, mukanya hampir-hampir pucat melihat uang yang lebih banyak!!!
Dia menatap uang itu berulang-ulang, seolah-olah tidak percaya dengan matanya.
Dia melihat ke segala penjuru, seolah-olah mencari orang disekitarnya, mungkin ingin bertanyakan sesuatu..
Beliau mendapati dirinya seorang diri!!
Dengan segera ia memasukkan uang itu ke dalam sakunya dan terus berlutut sambil melihat ke langit dan menangis. Dia berteriak dengan suara tinggi, seolah-olah berbicara dengan Allah Ar Razzaq (Pemberi Rezeki), “Aku bersyukur kepada-Mu, Ya Allah, Tuhanku. Wahai Yang Maha Tahu, isteriku sakit dan anak-anakku kelaparan. Mereka belum menjamah apa-apa pun hari ini. Engkau telah menyelamatkanku, anak-anak dan isteri dari kecelakaan ini ya Allah".
Dia terus menangis dalam waktu cukup lama sambil memandang ke langit sebagai ungkapan rasa syukurnya atas kurnia dari Allah Yang Maha Pemurah.
Murid tadi, sangat terharu dengan apa yang dilihat. Air matanya meleleh tanpa dapat dibendung.
Guru yang bijak terus bersuara :  “Bukankah sekarang kamu rasa lebih bahagia dari mengusik orang lain dan lucu melihat orang yg kehilangan barangan?”
Pemuda itu segera menjawab, “Hari ini aku mendapat pelajaran yang tidak akan mungkin aku lupakan seumur hidupku. Sekarang aku baru faham makna kalimah yang dulu belum aku fahami sepanjang hidupku : “Ketika kamu memberi, kamu akan mendapatkan kebahagiaan yang lebih banyak dari pada kamu mengambil”.
Gurunya melanjutkan "Sekarang ketahuilah bahawa pemberian itu bermacam-macam : Memaafkan kesalahan orang di saat kita mampu membalas dendam, adalah suatu pemberian; Mendo’akan teman dan saudaramu di belakangnya (tanpa pengetahuannya) adalah suatu pemberian; Berusaha untuk berbaik sangka dan menghilangkan sangka buruk darinya juga satu pemberian; Menahan diri dari membicarakan aib saudaramu di belakangnya, adalah satu pemberian lagi. Ini semua adalah pemberian dari Allah, supaya kesempatan memberi tidak hanya dibuat oleh orang-orang berada sahaja.
Jadikanlah semua ini pelajaran, wahai sahabatku!

Semoga bermanfa'at

Sabtu, 20 Desember 2014

Keutamaan Sholat Berjamaah (7)

Abud-Darda’ r.a. berkata : Saya telah mendengar Rasulullah s.a.w. bersabda : Tiada terdapat tiga orang berkumpul baik di dusun atau hutan atau kota, kemudian tidak dilakukan sholat jama’ah melainkan mereka telah dijajah syaithon. Maka kerjakan olehmu sholat berjama’ah. Sesungguhnya serigala itu hanya dapat menerkam kambing yang jauh mencil dari kawan-kawannya. (HR. Abu Dawud).
----------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979, halaman 163.

Jowy Atreides

Tahun Kelahiran: IS 444
Tempat Tinggal: Kyaro, Republik Dunan
Hubungan : Agares Blight (Mertua), Jillia Blight (Istri), Luca Blight (Kakak), Marcel (Ayah Angkat), Pilika (Anak Angkat), Nanami (Teman), Riou (Teman), Rosa (Ibu)

Foto by pixgood
Raja terakhir Highland, Jowy bukanlah seorang Atreides murni, sebagai anak hasil hubungan ibunya sebelum menikah dengan Marcel Atreides. Karena itu, Jowy tidak sepenuhnya diterima sebagai keluarga oleh kakak dan saudara angkatnya. Meskipun demikian, Jowy punya masa kecil yang cukup gembira dengan temannya Riou dan Nanami seperti perasaannya kepada Jillia Blight muda. Dia masuk divisi muda Pasukan Highland, Royal Unicorn Brigade, bersama dengan Riou dikirim ke Tenzan Pass setelah penandatanganan perjanjian damai antara Highland dan Jowston City-States.
Kemudian, setelah pembantaian Unicorn Brigade oleh Luce Blight, Jowy hanyut ke Jowston, diselamatkan di  Toto Village oleh Joanna, Marx, dan Pilika. Dia kemudian pergi untuk menyelamatkan Riou yang ditangkap oleh Viktor dan Flik di Mercenary Fortress, tapi berakhir ketika dia juga ikut tertangkap. Mereka berdua akhirnya berhasil kabur dan kembali ke Kyaro hanya untuk ditangkap dan dieksekusi karena dianggap sebagai mata-mata Jowston. Untungya, mereka, bersama Nanami dan Mukumuku diselamatkan oleh Viktor dan Flik sehingga Jowy memutuskan bekerja untuk pasukan bayaran (Mercenary Force) dan membantu mereka dalam berjuang melawan Highland. Setelah hancurnya East Muse (Wilayah timur provinsi Muse), Jowy menerima Black Sword Rune, setengah bagian dari Rune of Beginning, di Toto sedangkan sahabatnya, Riou, menerima Bright Shield Rune.
Akan tetapi, dengan kurangnya rasa persatuan dan perang saudara di wilayah City-States, Jowy merasa Jowston tidak akan bisa mencegah Highland dan mulai berpikir bahwa satu-satunya cara menyelamatkan City-States adalah menghancurkan Highland dari dalam. Karena itu, saat misi penyusupan di dekat perbatasan Muse-Highland, Jowy tertangkap dan memutuskan untuk bekerja untuk Luca Blight. Setelah eksekusi Solon Jhee, Jowy memimpin penyerangan Highland ke Greenhill dan setelah sukses, meminta Jillia Blight untuk menikah dengannya, membujuk Luca dalam rencana pembunuhan Agares Blight, dan memberikan Luca tahta Highland.
Tetapi pemerintahan Luca tidak berjalan lama. Atas bantuan dari Leon Silverberg, dan mendapat dukungan dari Seed dan Culgan, Jowy bersekutu dengan Pasukan Aliansi (Allied Army) yang dipimpin Riou, untuk membunuh Luca, dan membuat Jowy menjadi raja. Akan tetapi, Jowy merasa usaha apapun yang dilakukan demi perdamaian akan sa-sia dengan adanya banyak perang antara kedua negara sehingga Jowy berencana untuk menyatukan wilayah Dunan di bawah satu negara untuk menciptakan perdamaian.
Tetapi, meskipun dibantu oleh Leon Silverberg, Jowy mulai kehilangan dirinya selama perang, sebagian dikarenakan dia tidak bisa menjalankan beberapa strategi Leon yang tidak berperi kemanusiaan dan juga karena tubuhnya melemah akibat Black Sword Rune, yang dia gunakan untuk menyegel kekuatan Beast Rune yang dilepaskan Luca. Akhirnya pasukannya terdesak mundur ke perbatasan, Highland memberikan perlawanan terakhir di L’Renouille sebelum akhirnya berhasil dikalahkan. Jowy melarikan diri ke Tenzan Pass, setelah memastikan keamanan Jillia dan Pilika, dimana dia menunggu Riou dan bersiap untuk berduel untuk terakhir kali dengannya.
Akan tetapi Riou menolak untuk menyerang, dia menerima beberapa serangan mematikan dari Jowy yang sebelum Jowy akhirnya terjatuh, sekarat akibat terlalu banyak menggunakan rune. Kemudian, Leknaat muncul untuk menyatukan kembali Rune of Beginning dan menggunakan kekuatan dari Stars of Destiny, mengobati tubuh Jowy, dan mengakhiri konflik untuk selamanya. Keduanya kembali ke Kyaro dimana mereka bertemu dengan Nanami yang mereka kira telah meninggal di Rockaxe. Dengan ketiganya berkumpul kembali, mereka pergi untuk menjelajahi dunia. (sumber : Pandu Gilas Anarkhi)

Masjid Jamik Pekojan Semarang

Masjid Jamik Pekojan yang berada di jalan Petolongan No.1 Semarang merupakan salah satu masjid peninggalan zaman kolonial Belanda yang masih bisa kita temukan hingga sekarang. Prasati yang ditemukan didinding dalam masjid jelas masjid tersebut dibangun pada tahun 1309 Hijriah atau 1878 Masehi.
Menurut informasinya Masjid Jamik Pekojan ini sebelumnya adalah musholla kecil. Namun oleh enam orang yang merupakan keturunan Pakistan mushola kecil itu dirombak dan dibangunlah masjid yang memiliki arsitektur mirip dengan Masjid Agung Kauman Semarang itu.
Di prasasti yang ada di dinding masjid selain menuliskan tahun dibangunnya masjid juga tertulis enam orang yang bahu membahu merenovasi musholla tersebut menjadi masjid yakni H Muhammad Ali, H Muhammad Asyari Akhwan, H Muhammad Yakub, Alhadi Ahmad, H Muhammad Nur dan H Yakub.
Masjid Jamik Pekojan ini telah mengalami banyak renovasi, terakhir kali masjid ini direnovasi secara besar-besaran pada tahun 1975-1980. Meski telah mengalami banyak renovasi, namun banyak benda kuno yang masih bisa temukan di ruang utama masjid. Mimbar masjid terbuat dari kayu jati, diatas peng-imam-an terdapat ukiran bintang dan bulan sabit yang merupakan ciri khas masjid di zaman dulu.
Selain itu masih terdapat beberapa jam kuno ditempel di beberapa bagian dinding masjid, dan hebatnya lagi meski jam-jam dinding itu kuno namun hampir semuanya masih berdetak hingga sekarang. Pintu dan kaca patri warna-warni khas tempo dulu masih mampu berbicara sebagai perwakilan ciri khas arsitektur di masanya.
Masjid ini dulunya hampir semuanya di kelilingi makam, hingga saat ini makam-makam tersebut masih ada dan terawat baik. Makam yang masih sering dikunjungi oleh peziarah di Masjid Jamik Pekojan ini merupakan makam keturunan dari Nabi Muhammad SAW, yakni Syarifah Fatimah binti Syekh Abu Bakar yang di nisannya tertulis 5 Jumadil Akhir 1290 H. Konon beliau seorang ahli menyembuhkan pelbagai penyakit setiap Muslim yang memerlukan pertolongan. Tak heran makam ini sering diziarahi puluhan Muslim dari pelbagai daerah dan untuk menghormati Syarifah Fatimah jalan depan Masjid Jamik Pekajon diberi nama jalan Petolongan. Menariknya lagi di kawasan masjid ini masih dapat menjumpai pohon bidara, sebuah pohon yang akar sampai buahnya dapat untuk menyembuhkan aneka penyakit kolestrol dan beberapa penyakit lainnya, daunnya dapat melemaskan mayat yang kaku, buahnya manis seperti buah apel. Pohon bidara daunnya yang rimbun terletak didepan dan disamping masjid Jamik membuat suasana masjid menjadi sejuk dan asri.

Jumat, 19 Desember 2014

Keutamaan Sholat Berjamaah (6)

Ibn Mas’ud r.a. berkata : Siapa yang ingin bertemu kepada Allah sebagai seorang Muslim harus menjaga benar-benar sholat pada waktunya ketika terdengar suara adzan. Maka sesungguhnya Allah telah mensyari’atkan (mengajarkan) kepada Nabi beberapa kelakuan hidayat dan menjaga sholat itu termasuk dari SUNANUL HUDA kelakuan-kelakuan hidayat. Andaikan kamu sholat di rumah sebagai kebiasaan orang yang tidak suka berjama’ah berarti kamu meninggalkan sunnat Nabimu, dan bila kamu meninggalkan sunnat Nabimu pasti kamu tersesat. Sungguh saja dahulu pada masa Nabi tiada seorang tertinggal dari sholat berjama’ah kecuali orang-orang munafiq yang terang-terang nifaq. Sungguh adakalanya seorang itu dihantar ke masjid didukung oleh dua orang kanan kirinya untuk ditegakkan di barisan shaf. (HR. Muslim).
Dalam lain riwayat : Rasulullah ﷺ mengajarkan kepada kami SUNANUL HUDA cara-cara dan beberapa kelakuan dalam Islam, dan setengah dari padanya yaitu sholat di masjid dimana terdengar adzannya.
----------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979, halaman 162-163.

Kamis, 18 Desember 2014

Keutamaan Sholat Berjamaah (5)

Abu Hurairah r.a. berkata : Rasulullah s.a.w. bersabda : Demi Allah yang jiwaku ada di tangan-Nya, saya ingin menyuruh orang mengumpulkan kayu api, kemudian saya perintahkan mu’adzzin beradzan, dan saya menyuruh orang menjadi imam pada orang-orang, kemudian saya pergi kepada orang-orang yang tidak datang sholat saya bakar rumah-rumah mereka dengan mereka sekali. (HR. Buchary dan Muslim).
----------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979, halaman 162.

Mintalah al-'Afiyah

TIME TUNNEL. Abul-Fadlel (Al-Abbas) bin Abdulmutthalib, paman yang amat dicintai Rasulullah ﷺ. Ketika Abbas bin Abdulmutthalib menjadi salah satu tawanan Muslimin, tetapi saat itu keislaman Abbas bin Abdulmutthalib masih belum diketahui Muslimin yang lain dan orang Quraisy. Rasulullah  ﷺ tak bisa menyembunyikan kegelisan dan kekhawatiran tentang keadaan pamannya; "Serasa terdengar olehku rintihan Abbas bin Abdulmutthalib dalam belenggu .....".
Salah seorang diantara Muslimin mendengar kata gelisah tersebut segera ia pergi ke tempat tawanan dan melonggarkan belenggu Abbas bin Abdulmutthalib, lalu orang itu kembali mengabarkan kepada Rasulullah  ﷺ; "Ya Rasulullah aku telah melonggarkan sedikit ikatan belenggu Abbas bin Abdulmutthalib...!" Jawab Rasulullah s.a.w.: "Tetapi kenapa hanya Abbas bin Abdulmutthalib saja ...? Ayuh pergilah, lakukan seperti itu terhadap semua tawanan ...!"
Setelah tetapan musyawarah pembebasan tawanan perang Badr, Rasulullah  ﷺ berkata kepada Abbas bin Abdulmutthalib: " Wahai Abbas, tebuslah dirimu dan anak saudaramu Uqeil bin Abi Thalib, Naufal bin Harits dan teman karibmu "Utbah bin Amr saudara Bani Harits bin Fihir, sebab kamu banyak harta!". Abbas bin Abdulmutthalib menjawab : "Wahai Rasulullah  ﷺ sebenarnya akukan sudah masuk Islam, hanya orang-orang itu memaksaku....!"
Tetapi Rasulullah  ﷺ terus mendesak agar pamannya ini menebusnya. Dan Allah berkenan mengabadikan peristiwa ini, "Wahai Nabi! Katakanlah kepada tawanan yang ada dalam tanganmu : Jika Allah mengetahui dalam hati kalian kebaikan, pasti Ia akan mengganti apa yang telah diambil daripada kalian dengan yang lebih baik dan Ia mengampuni kalian, dan Allah Maha Pengampun dan Maha Penyayang....!" (TQS. 8 : 70). Keikhlasan Abbas bin Abdulmutthalib memenuhi tebusan, meninggalkan keturunan yang diberkati; Abdullah bin Abbas bin Abdulmutthalib mutiara ummat dengan pengertian alim, 'abid dan shaleh, ia adalah salah satu anak yang diberkati Nabi  ﷺ.
Suatu ketika Abbas bin Abdulmutthalib bertanya kepada Nabi  ﷺ. : "Ya Rasulullah ajarkanlah kepadaku sesuatu yang harus aku minta kepada Allah?" Jawab Nabi  ﷺ : "Mintalah al-'Afiyah (sejahtera) kepada Allah". Beberapa hari kemudian Abbas bin Abdulmutthalib mendatangi Nabi  ﷺ dan bertanya : "Ya Rasulullah ajarkanlah kepadaku sesuatu yang harus saya minta kepada Allah?" Nabi  ﷺ kembali menjawab : "Hai Abbas paman Rasulullah, mintalah keselamatan dan kesejahteraan dunia-akhirat kepada Allah".
-----------------
Inspirasi :
Rijal Haolar Rasul (Karakteristik Perihidup 60 Shahabat Rasulullah), Khalid Muhammad Khalid, Penerbit : CV. Penerbit Diponegoro Bandung, Cetakan keduapuluh 2006, Bab "Abu Darda'", halaman 475-488.
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979, halaman 375.

Rabu, 17 Desember 2014

Keutamaan Sholat Berjamaah (4)

Abdullah bin Ummi Maktum r.a. (tukang adzan) berkata : Ya Rasulullah kota Madinah ini banyak binatang buas dan jahat-jahat. Maka Rasulullah s.a.w. berkata Apakah kau mendengar : HAYYA ‘ALASSHOLAH HAYYA ‘ALAL FALAH. Maka datanglah ke mari. (HR. Abu Dawud).
----------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979, halaman 161-162.

Jangan Egois

Dalam buku Tarjamah Riadhus-Shalihin 1 karya Salim Bahreisy, halaman 75, Abdullah bin Mas’ud r.a. menuturkan bahwa Rasulullah s.a.w. bersabda; akan terjadi sepeninggalku nanti sifat monopoli (mengutamakan diri sendiri) dan beberapa hal mungkar. Sahabat bertanya : Ya Rasulullah bagaimana pesanmu kepada kami, jika menghadapi hal itu? Sabda Nabi : Kamu tunaikan kewajibanmu dan kamu minta kepada Allah untuk mendapatkan hakmu. (HR. Buchary dan Muslim).

Makna yang bisa diambil dari hadits ini adalah tiap-tiap orang harus memperhatikan kewajibannya dan menunaikannya dengan benar dan sempurna, sedangkan haknya sandarkan saja kepada rahmat Allah ta'ala, biar Allah ta'ala saja yang membela haknya, baik didunia ataupun diakhirat kelak.
Dan bila masa itu datang Rasulullah s.a.w. menasehati bahwa pada hari qiyamat di dekat telaga kautsar (baca : Tarjamah Riadhus-Shalihin 1 karya Salim Bahreisy, halaman 75-76).
Dengan bahasa sederhana Rasulullah s.a.w. meminta kita untuk sabar sampai mati, jika bertemu masa yang penuh sifat monopoli dan mengutamakan diri sendiri mendominasi umat.
------------------------------------------
Ispirasi : 
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN I, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1978, halaman 75-76.

Tembok Konstantinopel

Foto : Juragan Tegal
Kota Konstantinopel memiliki pertahanan terbaik pada masanya, dari 20 km garis pertahanan kota 13 km dibatasi oleh laut. Sebelah selatan dilindungi oleh laut Marmara yang berombak dan kadang berbadai tanpa terduga. Seluruh batas laut dijaga garis tembok 15 kilometer bersusun tak terputus, dikuatkan dengan 188 buah menara dengan jarak setiap menara 70 meter. Sebelah utara kota terdapat perairan tenang di teluk Tanduk Emas yang berfungsi sebagai pelabuhan alami. Untuk melindungi teluk Tanduk Emas, sejak serangan kaum Muslim pada tahun 717 M, sedangkan mereka membentangkan rantai raksasa sepanjang 275 meter untuk menutup akses ke teluk Tanduk Emas. Rantai diikatkan di menara Eugienius di tembok Konstantinopel dan pada Castellion, tembok segiempat di Galata. Dengan susunan 60 cm setiap matarantainya dan ketebalan besinya 4 cm.
Foto : Sate Ayam
Sedangkan garis pertahanan sepanjang 7 km di barat kota Konstantinopel dilindungi oleh tembok tiga lapis, dikenal dengan tembok theodosius yang terbentang dari teluk Tanduk Emas sampai laut Marmara.
Digerbang utama yang terletak di tengah-tengah garis pertahanan darat, seseorang akan dihadapkan dengan pemandangan pertahanan tiga lapis dari horison ke horison sejauh mata memandang. Kombinasi menara - tembok - menara, tembok benteng dan gerbang yang disusun dari campuran batu kapur, marmer dan granit yang disemen dengan kapur menjulang tinggi siap untuk menjadi arena tempur yang tentunya sangat menguntungkan bagi pasukan tuan rumah, tetapi tidak bagi penantang kota.
Bagian terdalam tembok yang bersentuhan langsung dengan kota disebut dengan mega teichos atau tembok dalam. Bagian ini menjulang dengan ketinggian 18-20 meter dengan ketebalan 5 meter. Struktur pondasi tembok ini disusun dari marmer dan kapur pada semua sisinya, kemudian dicor dengan batu-batuan dan semen kapur shingga mempunyai kekuatan yang cukup untuk menahan gempa. Menara-menaranya dibangun dengan bentuk persegi, heksagonal dan oktagonal.
Foto : Storm Warrior
Bagian berikutnya dikenal dengan mikron teichos atau tembok luar yang dibangun dengan ketebalan 2 meter dan ketinggian 5 meter atau 10 meter bila diukur dari dataran para teichion yang memisahkan tembok dalam dengan parit sebesar 18 - 20 meter dengan kedalaman antara 6 - 10 meter.
Setiap menara, baik ditembok dalam maupun luar dilengkapi dengan senjata pertahanan semacam ballista dan mangonel yang siap meluluh-lantahkan pasukan dalam jumlah besar. Sementara itu pasukan pemanah ditempatkan di setiap titik-titik penting pertahanan, dimana disetiap tepi tembok theodosius dilengkapi dengan dinding pendek dengan potongan-potongan yang memungkinkan pemanah bisa menembakkan panah dan berlindung disisi tembok yang lain.
Struktur tembok dalam juga dibentuk sedemikian rupa sehingga terdiri dari dua bagian yang terpisah sama sekali. Bagian bawah diakses melalui kota dan digunakan sebagai tempat menyimpan alat-alat perang ataupun cadangan makanan, dilengkapi dengan ventilasi berupa celah sempit di dindingnya. Sedangkan bagian atas digunakan untuk berperang terdiri dari 2 lantai. Lantai paling atas dipakai sebagai tempat pemanah, sedangkan lantai dibawahnya untuk menembakkan alat-alat berat.
Foto : Senja Biru
Rangkaian tembok yang membatasi daratan sebelah barat Konstantinopel juga dirantai dengan 11 pintu gerbang yang dinamai sesuai fungsinya. Secara umum, pintu gerbang kota diperuntukkan menjadi 2 fungsi, yaitu pintu sipil untuk lalu-lalang penduduk kota dan pintu yang digunakan untuk keperluan militer. Pintu gerbang militer ditandai dengan nomor. Pintu gerbang ini mengantarkan orang yang melaluinya menembus kedua bagian tembok tebal dan dilengkapi dengan jembatan untuk melalui parit air, yang tentu saja dapat segera ditarik atau dihancurkan ketika musuh mengepung kota.
Tidak kurang dari 23 kali tembok darat Konstantinopel pernah dikepung dan tidak satupun yang mampu menembusnya. Praktis tembok bagian darat Konstantinopel menyandang gelar "City of Perfect Defence", sejak tembok ini berdiri hingga penaklukan Sultan Mehmed II tahun 1453 M. (dirangkum dari buku "Muhammad Al-Fatih 1453"-nya Felix Y. Siauw; Penerbit : Al-Fatih Press, Jakarta Utara; Cetakan ke-7, Juni 2014, halaman 81-90).

Dar Al-Islam

Mengutip kalimat dari buku "Muhammad Al-Fatih 1453"-nya Felix Y. Siauw; diterbitkan oleh Al-Fatih Press, Jakarta Utara; Cetakan ke-7, Juni 2014, halaman 11; "Rasulullah s.a.w. memberikan pemahaman pada kaum Muslim di masa awal, hanya ada dua tipe negara; yaitu negara yang dikuasai oleh kaum Muslim dan menetapkan hukum Islam (Dar Al-Islam) dan negara yang tidak berada dalam kekuasan kaum Muslim dan menerapkan aturan selain Islam (Dar Al-Kufr) dan memberi pemahaman pada sahabat bahwa maksud diutusnya Rasulullah s.a.w. adalah untuk menjadikan semua manusia menyembah kepada Allah ta'ala smata, dibawah Dar Al-Islam. Oleh karena itu, hanya ada 3 pilihan bagi Dar Al-Kufr, yaitu apakah mereka berubah menjadi Dar Al-Islam dengan menggabungkan diri dengan kaum Muslim, tetap menjadi Dar Al-Kufr lalu diperangi ataukah membayar jizyah dngan sepenuh ketundukan.
Nabi s.a.w tidak pernah bercanda dalam urusan janji Allah ta'ala.

Selasa, 16 Desember 2014

Keutamaan Sholat Berjamaah (3)

Abu Hurairah r.a. berkata : Seorang buta datang kepada Nabi s.a.w. dan berkata : Ya Rasulullah tiada seorang penuntun bagiku untuk menuntun ke masjid, maka ijinkanlah aku sholat di rumah. Maka diijinkan aku sholat di rumah. Kemudian ketika orang itu telah bangun berjalan pulang dipanggil kembali oleh Nabi s.a.w. dan ditanya : Apakah kau mendengar suara adzan untuk sholat? Jawabnya : Ya. Kalau demikian kau harus datang menyambut. (HR. Muslim).
----------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979, halaman 161.

Senin, 15 Desember 2014

Keutamaan Sholat Berjamaah (2)

Abu Hurairah r.a. berkata : Rasulullah s.a.w. bersabda : Sholat berjama’ah berlipat ganda dari sholat sendiri di rumah atau di pasar dengan dua puluh lima lipat. Yang demikian itu karena seorang jika menyempurnakan wudlu’ kemudian keluar ke masjid, tiada ia melangkahkan kaki selangkah melainkan terangkat satu derajat dan dihapus satu dosa dan bila ia sholat selalu dido’akan oleh para malaikat selama ia di tempat sholat itu tidak berhadas, malaikat berdo’a “ALLAHUMMA SHOLLI’ALAIHI ALLAHUMMAR HAMHU” (Ya Allah ampunkan baginya ya Allah kasihanilah ia). Dan tetap ia dianggap dalam sholat selama ia menantikan sholat. (HR. Buchary dan Muslim).
----------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979, halaman 160-161.

Minggu, 14 Desember 2014

Keutamaan Sholat Berjamaah (1)

Ibn Umar r.a. berkata : Rasulullah s.a.w. bersabda : Sholat berjama’ah lebih dari sholat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat. (HR. Buchary dan Muslim).
----------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979, halaman 160.

Sabtu, 13 Desember 2014

Keutamaan Menantikan Sholat (3)

Anas r.a. berkata : Rasulullah s.a.w. pada suatu malam mengakhirkan sholat Isya’ hingga tengah malam, kemudian ia menghadap kepada kami setelah sholat, maka bersabda : Orang-orang banyak yang telah sholat dan pulang tidur, sedang kamu tetap dianggap dalam sholat selama kamu menantikan sholat. (HR. Buchary).
----------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979, halaman 159.

Jumat, 12 Desember 2014

Jaga Lisan agar tak Lacur

Rasulullah bersabda, "agama (Islam) itu akhlak yang baik" (HR Ahmad)
 

Dan akhlak paling mudah diketahui lewat lisan. Bila lisan sudah lacur dan kotor, begitu pula akhlaknya ; dan tiada sesuatu yang bisa diambil dari orang yang buruk akhlaknya.
Perhatikan, komentar-komentar yang keluar dari lisan atau tulisan anda, pastikan yang baik-baik karena agama ini adalah akhlak yang baik, tahan diri untuk berkomentar buruk bila melihat komentar buruk, jangan terjebak menjadi orang yang buruk akhlaknya hanya karena melihat contoh buruk
 

Bila melihat komentar buruk di manapun, termasuk di sosial media, cukuplah dalam hati kita berujar, "oh, begitulah isi kepalanya, itulah kadar agamanya".

Keutamaan Menantikan Sholat (2)

Abu Hurairah r.a. berkata : Rasulullah s.a.w. bersabda : Para Malaikat selalu mendo’akan seseorang itu selama ia di tempat sholat yang baru diselesaikan, selama ia tidak berhadas. Malaikat berkata : ALLAHUMMAGHFIRLAHU ALLAHUMMAR HAMHU (Ya Allah ampunkan baginya ya Allah kasihanilah ia). (HR. Buchary).
----------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979, halaman 159.

Kamis, 11 Desember 2014

Keutamaan Menantikan Sholat (1)

Abu Hurairah r.a. berkata : Rasulullah s.a.w. bersabda : Selalu seorang itu teranggap dalam sholat, Selama tertahan oleh menantikan sholat, tiada yang menahannya untuk kembali ke rumahnya hanya semata-mata karena menantikan sholat. (HR. Buchary dan Muslim).
----------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979, halaman 159.

Rabu, 10 Desember 2014

Keutamaan Berjalan ke Masjid (8)

Abu Sa’id Alkhudry r.a. berkata : Bersabda Nabi s.a.w. Jika kamu melihat seorang biasa ke masjid maka saksikanlah oleh kamu bahwa ia beriman. Sebagaimana Firman Allah : INNAMA YA’MURU MASAJIDALLAH MAN AMANA BILLAHI WAL YAUMIL AKHIR. (Sesungguhnya yang memakmurkan masjid itu, ialah orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian). (HR. Attirmidzy).
----------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979, halaman 158.

Sepanjang November, Zionis ‘Israel’ Tangkap, Sekap dan Siksa 20 Muslimah Palestina

Cara serdadu Zionis ‘Israel’ menangkap Muslimah Palestina.
RAMALLAH, Senin (PIC): Pusat Hak Azasi Tawanan Palestina hari Sabtu (6/12) menyiarkan secara resmi, bahwa sepanjang bulan November 2014 serdadu penjajah Zionis menangkap, menculik, menyekap dan menyiksa sekurang-kurangnya 20 Muslimah Palestina.
Sebagian besar dari mereka sudah dibebaskan, tetapi masih ada 3 Muslimah yang masih disekap dan seorang lagi masih diinterogasi pihak polisi rahasia Zionis.
Menurut Pusat Hak Azasi Tawanan Palestina, tindakan serdadu zionis menangkapi, menyekap dan menyiksa para Muslimah Palestina masih terus berlangsung sampai hari ini.
Pusat itu menambahkan, diantara Muslimah Palestina yang ditahan adalah para istri dan saudara perempuan tawanan Palestina yang ditangkap saat mengunjungi suami atau saudara lelakinya.
Setidaknya ada 8 orang Muslimah yang mengalami kejahatan itu. Menurut Pusat Hak Azasi Tawanan Palestina, penjajah Zionis mencari-cari pembenaran penangkapanya itu dengan menuduh para Muslimah itu melakukan percobaan penusukan dan penabrakan serdadu zionis di beberapa pos pemeriksaan.
Belum ada tanggapan resmi dari pihak penjajah atas siaran maklumat dari organisasi pembela hak azasi tawanan Palestina itu.* (PIC|Sahabat Al-Aqsha|8 Desember 2014, 11:35 WIB).

Manusia Santun

Adakah di bumi pernah berjalan manusia sesantun Muhammad saw? Namun akhlak seagung beliau pun orang munafik tetap mencacinya.
Adakah kalimat lebih mulia ditimbang melainkan hadits Nabi saw? Namun kaum munafik selalu punya cara mengingkari dan mendebatnya.
Akhlak kita tentu tidak seagung Nabi, lisan kita jauh dari lembutnya Nabi, karenanya Nabi mencontohkan sabar dan ikhlas dalam berdakwah. Tugas kita menyampaikan yang Nabi sampaikan dengan jelas, Allah selalu punya cara menyelipkan kebaikan pada hati manusia. Bila menemui kekasaran maka tak usah dibalas serupa, karena kekasaran menjauhkan manusia dari kebenaran. Pengecut pencela selalu bersembunyi saat terang benderang, para manusia gagal di kenyataan pintar bersuara dalam kegelapan. Berdakwah terus tanpa henti, hanya ini yang harus dipikirkan, Allah tak pernah salah hitung, Allah tak pernah lalai memerhatikan. Hidayah itu milik Allah dan diberikan-Nya pada siapapun yang Dia suka, namun menghantarkan hidayah itu dengan kelembutan dan akhlak mulia. (Ustadz Felix Siauw)

Selasa, 09 Desember 2014

Keutamaan Berjalan ke Masjid (7)

Abu Hurairah r.a. berkata : Rasulullah s.a.w. bersabda : Sukakah saya tunjukkan kepadamu apa yang dapat menghapus dosa dan meninggikan derajat? Jawab sahabat : Baiklah ya Rasulullah. Bersabda Nabi s.a.w. : Menyempurnakan wudlu’ dalam masa keberatan (kesukaran) dan banyak melangkahkan kaki ke masjid, dan menantikan sholat setelah menyelesaikan sholat yang pertama. Maka inilah yang dinamakan kewaspadaan dalam memelihara perintah Allah (ARRIBAATH). Maka inilah yang disebut ARRI -BAATH. (HR. Muslim).
----------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979, halaman 158.

Pengertian Dakwah

Dakwah artinya seruan, ajakan atau panggilan. Mendakwahkan artinya mempropagandakan suatu keyakinan. Dakwah Islamiyah artinya menyampaikan seruan Islam, mengajak dan memanggil ummat manusia, agar menerima dan mempercayai keyakinan dan pandangan hidup Islam. Berdakwah artinya mempropagandakan suatu keyakinan, menyeru suatu pandangan hidup, iman dan agama.
--------------------
Mujahid Dakwah, KH. M. Isa Anshary, Penerbit CV Diponegoro Bandung 1964, halaman 13.

Senin, 08 Desember 2014

Keutamaan Berjalan ke Masjid (6)

Buroidah r.a. berkata : Bersabda Nabi s.a.w. : Sampaikan berita gembira kepada mereka yang berjalan di malam gelap pergi ke masjid, bahwa untuk mereka telah disediakan cahaya yang cukup pada hari qiyamat. (HR. Abu Dawud dan Attirmidzy).
----------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979, halaman 157-158.

Bagi Pemukim Ilegal Yahudi, Jerusalem Sudah Tak Aman

Bekas-bekas penyerangan terhadap para penjajah. Foto: Safa
 AL-QUDS TERJAJAH, Rabu (Safa | Sahabat Al-Aqsha): Ibarat kucing makan ikan curian, tak akan tenang, dan selalu dalam keadaan kalut. Takut ketahuan. Takut ikan curian diambil kembali oleh pemiliknya. 
Begitulah perasaan kaum Zionis Yahudi, terutama para pemukim ilegal yang berimigrasi ke Palestina sejak negeri ini diklaim bernama ‘Israel’ bulan Mei 1948. Klaim negara palsu ‘Israel’ itu selama 66 tahun ini dipertahankan dengan teror, perampokan, pengusiran, penyekapan, penyiksaan, penghinaan dan pembantaian tanpa henti.
Gaza, Tepi Barat, dan Al-Quds atau Jerusalem adalah saksi-saksinya.
Hari-hari ini, di mata warga Palestina di kota Al-Quds, kalut, bingung dan panik itu semakin jelas terlihat di wajah para pemukim ilegal Yahudi. Terutama sesudah terjadi serangkaian aksi perlawanan para Syuhada Palestina dengan menabrak, menikam, dan menyerang para penjajah dengan alat apa adanya.
Warga  Al-Quds yang diwawancarai oleh kantor berita Safa, mengaku belum pernah menyaksikan kekalutan di wajah-wajah para pemukim ilegal Yahudi, sekentara sekarang ini sejak Al-Quds diduduki 1967.
“Bahkan di waktu Intifadhah akhir tahun 1980-an pun dampaknya tidak sekuat ini,” kata Hussain Ar-Rajbi, supir angkutan umum di kota Al-Quds. Menurut Hussain, para pemukim ilegal Yahudi kelihatan semakin cemas. “Al-Quds sudah tak aman lagi bagi mereka,” tandasnya.
Menurut Hussain, sejak banyak aksi tabrak serdadu Zionis Yahudi yang dilakukan beberapa pemuda Palestina, “para pemukim ilegal Yahudi kini selalu merasa sewaktu-waktu akan ditabrak oleh supir Palestina.”
Pengamatan jalanan ini secara tak langsung dibenarkan oleh pengamat politik Zionis, Amos Harel yang disiarkan koran Haaretz (19/11), “Perlawanan rakyat Palestina di kota Al-Quds menggunakan pisau dan tabrak mobil sangat efektif dalam membuat gentar dan takut pemukim Yahudi.”
Bahkan Amos menegaskan, bahwa perlawana jenis baru ini telah “mengembalikan keadaan di Al-Quds mundur ke masa Intifadhah kedua, hari-hari yang sulit dan berdarah.”
Intifadhah pertama meledak dari Gaza Desember 1987, sesudah empat pemuda Palestina tewas ditabrak sebuah truk tentara Zionis. Intifadhah kedua meledak September 2000, sesudah calon perdana menteri zionis waktu itu Ariel Sharon, berkampanye dengan memasuki dan menginjak-injak Masjidil Aqsha. 
Menurut Amos, ketidak mampuan ‘Israel’ dalam menghadapi situasi ini sangat jelas. Bukan karena rakyat Palestina yang bisa bergerak bebas, tetapi juga karena tidak adanya serdadu penjajah yang berjaga di wilayah di luar tembok pemisah di Tepi Barat. Tambahan lagi, menurut Amos, informasi yang dimiliki pihak Zionis tentang aksi perlawanan rakyat Palestina di kota Al-Quds sangat sedikit.
Wartawan Channel 10 Zionis bernama Tzvika Izquili memberikan kesimpulan yang sangat tajam, setelah memantau pemukiman Yahudi di Al-Quds. “Tidak seperti di masa lalu, sekarang tembok-tembok pemisah tidak akan berfaedah sama sekali, karena mereka (rakyat Al-Quds) hidup bersama kita, rumah-rumah orang arab dan Yahudi saling berdekatan satu sama lain. Saat ini pemukim Yahudi di kota Al-Quds hidup dalam ketakutan,” kata Tzvika.
Kepala urusan manuskrip di Masjidil Aqsha, Syeikh Najih Bakirat mengatakan, “Kita harus menghidupkan budaya perlawanan dan jangan sampai menyerah dalam membela Masjidil Aqsha dan tempat suci lain. Kita harus kuat saat menghadapi penjajah. Jalan yang kita tempuh untuk menghadapi penjajah adalah perlawanan, bukan perundingan.”
Syeikh Najih menambahkan, “Sudah terbukti selama puluhan tahun, perundingan membawa kita pada kerugian besar, hanya perlawanan yang bisa membuat penjajah faham.”
Sementara menurut Muhamad Abu Ghoush, relawan pemuda Al-Quds, perlawanan di kota ini memberikan pukulan telak bagi serdadu dan intelijen penjajah zionis. Menurutnya, serdadu penjajah tidak becus menghadapi gencarnya perlawanan ini, “Yang mereka lawan adalah seperempat juta rakyat Paletina di seluruh kota Al-Quds.”
Muhammad menegaskan, penjajah Zionis paham betul, penyerangan dan penodaan terhadap Masjidil Aqsha tidak akan dibiarkan begitu saja, justru mereka harus membayar mahal perbuatannya itu.
Perlawanan jenis baru di kota Al-Quds meledak beberapa hari sesudah 5 November 2015 lalu, ketika ratusan serdadu dan polisi penjajah Zionis menyerbu Masjidil Aqsha, menyerang jama’ah, melukai puluhan orang, masuk ke dalam masjid dan mengobrak-abriknya, termasuk membakar sebagian karpetnya.
Muhammad mengingatkan, selama ini penjajah berkuasa di Al-Quds karena dua hal, perasaan aman dan keuntungan ekonomi. “Keduanya sudah mulai berhasil dirobohkan sekarang,” tegasnya.
Semoga Allah tolong dan menangkan.* (Safa|Sahabat Al-Aqsha|3 Desember 2014, 13:50 WIB).

Minggu, 07 Desember 2014

Keutamaan Berjalan ke Masjid (5)

Abu Musa r.a. berkata : Rasulullah s.a.w. bersabda : Sesungguhnya sebesar-besar manusia pahalanya dalam sholat ialah yang terjauh jarak perjalanannya, dan orang yang menantikan sholat untuk berjama’ah dengan imam lebih besar pahalanya dari orang yang sholat sendiri untuk segera pulang tidur. (HR. Buchary dan Muslim).
----------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979, halaman 157.

Hugo, Ksatria Karaya

Manga Gensō Suikoden III - The Successor of Fate. Karakter Hugo (Tensyo Star) dalam Suikoden 3 adalah anak remaja yang tangguh dan berdaya juang tinggi. Dalam bahasa Karaya kuno Hugo berarti "Sayap Panah". Sebenarnya dia anak yang biasa-biasa saja, hidupnya tentram, aman, damai di Karaya Village, bersama umminya; Lucia, pemimpin Karaya. Sahabatnya, Lulu, Sergant Joe, Fubar, dan seluruh tetangganya. Sampai suatu saat Chris Lightfellow sang pemimpin Zexen Knights membunuh Lulu dalam peristiwa pembakaran di Karaya Village. Sejak saat itu hidupnya berubah 180 derajat. Seiring berjalannya waktu dan pengalaman hidup, Hugo tumbuh dewasa dan bertanggung jawab. Dia menghadapi permasalahan-permasalahan yang rumit bagi anak seusianya. Tentunya, dia dibantu oleh mentor dan penasehat, sekaligus sahabat baiknya, Sergant Joe, dan seluruh teman-teman yang ditemuinya saat menempuh perjalanan dalam berjuang mempertahankan Grassland. Nenek Sana sesepuh desa Chisha menilai bahwa Hugo berhati tulus, dan memiliki kemampuan serta kemauan menjaga keutuhan wilayah Grassland. Dan hal itu pula yang mendasari nenek Sana untuk menyerahkan True Fire Rune kepada Hugo sebagai sang penerus Flame Champions. Setelah Hugo memutuskan mengambil tongkat Flame Champions, ia mesti bersiap diri melewati penderitaan, karena perbedaan keinginan rune dengan sang pemilik rune. True Fire Rune yang ia miliki bisa digunakan untuk apapun seumur hidupnya dan berhak mengambil alih nama "Flame Champions" dan tanag Grassland. Tetapi jika terjadi pertentangan antara keinginan rune dan keinginan sang pemilik rune itu akan membuat keseimbangan dunia hancur dan penderitaan itu harus dipikulnya semua.
Kemampuannya sebagai pemimpin dan pewaris Flame Champions diuji saat menyatukan friksi yang tumbuh akibat beristiwa masa lalu yang terjadi dalam diri orang-orang Grassland dan Zexen selepas penenggelaman desa klan Duck. Perkembangan senjata Hugo dari Kwan (Level 1-5); Gwanga (Level 6-11) dan Luft (Level 12-16). (sumber : Duniaides dan Manga Gensō Suikoden III - The Successor of Fate 1, karya Aki Shimizu, Kadokawa Corporation, Tokyo Japan 2002).

Sabtu, 06 Desember 2014

Keutamaan Berjalan ke Masjid (4)

Jabir r.a. berkata : Sunyi beberapa tempat di sekitar masjid, maka Bani Salimah akan pindah ke dekat masjid. Kejadian ini terdengar oleh Rasulullah s.a.w. maka sabda Nabi : Saya dengar bahwa kamu akan pindah ke dekat masjid? Jawab mereka : Benar ya Rasulullah, memang kami menghendaki begitu. Maka sabda Nabi s.a.w. : Hai Bani Salimah, tetaplah di kampungmu, hai Bani Salimah tetaplah di kampungmu, tercatat untuk amalmu bekas-bekas langkah kakimu itu. Berkata Bani Salimah : Karena itu kami tidak ingin pindah dari tempat kami. (HR. Muslim).

Buchary meriwayatkan yang hampir serupa dengan ini dari riwayat Anas r.a.
----------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979, halaman 156-157.

Kemegahan Hagia Sophia

Hagia Sophia dari depan Masjid Sultanahmed (Blue Mosque) (Foto: Septin)
Hagia Sophia merupakan salah satu tempat wisata di Turki yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berlokasi di Archeological Park di Istanbul, Turki, Hagia Sophia beserta beberapa bangunan lain seperti Masjid Sultanmahmed, Basilica Cistern, dan Topkapi Palace, sejak 1985 oleh UNESCO  ditetapkan menjadi salah satu warisan budaya dunia yang harus dilindungi.
Hagia Sophia atau dikenal juga dengan Aya Sofiya, menyimpan banyak sejarah di masa Kekaisaran Byzantium. Dibangun di atas tanah dengan lebar 70 meter dan ketinggian 75 meter dengan dome (kubah) berdiameter 31 meter, bangunan ini bisa dibilang sangatlah megah.
Pada tahun 306 di masa Kekaisaran Byzantium, di kota Konstantinopel yang merupakan cikal bakal kota Istanbul, Gereja Konstantin dibangun. Lokasi Gereja Konstantin inilah yang merupakan lokasi Gereja Hagia Sophia. Sebelum dijadikan gereja, Lokasi Gereja Konstantin itu sendiri awalnya juga merupakan tempat penyembahan masyarakat. Jadi, lokasi Hagia Sophia "Holy Wisdom Church" memang merupakan lokasi yang menyimpan banyak cerita masa lalu tentang kehidupan beragama menusia di masa lalu.
Pada tahun 404, terjadi kerusuhan di Konstantinopel. Perusuh membakar apa saja termasuk Gereja Konstantin. Kerusuhan itu membuat bangunan Gereja Konstantin rusak parah. Selanjutnya, pada tahun 405 Theodosius II memerintahkan untuk membangun gereja kembali. Namun sayang, lagi-lagi gereja harus rusak karena kerusuhan Nika pada tahun 532.
Tahapan pembangun dome di Hagia Sophia, 537 (Sumber: Youtube)
Justinian yang pada waktu itu menjadi kaisar di Konstaninopel memerintahkan Anthemius dan Isidor untuk membangun gereja kembali. Anthemius dan Isidor sebenarnya bukanlah arsitek. Anthemius adalah ahli Matematika dan Fisika sementara Isidor adalah ahli Geometri dan Mesin. Menariknya, mereka berdua tidak punya pengalaman dalam hal arsitek.

Selama pembangunan Gereja ini, Justinian punya ambisi untuk membangun suatu gereja dengan dome yang sangat besar. Untuk mewujudkan impian Justinian, dengan dibantu sepuluh ribuan pekerja, Anthemius dan Isidor bekerja keras untuk mewujudkannya.
Bahan bangunan didatangkan dari berbagai negara seperti Syria dan Mesir untuk membuat bangunan benar-benar sesuai harapan dan megah. Selain itu, bahan bangunan juga dirancang sedemikian rupa sehingga bisa menghasilkan bangunan sangat kuat dan kokoh. Untuk dindingnya, batu bata penyangga bangunan dibuat dari tanah liat yang dibakar dengan teknik pembakaran tertentu sehingga batu batanya lebih solid. Tanah liat, semen dan pasir untuk merekatkan batubata juga menggunakan bahan yang membuat bangunan tersebut kuat dan tahan gempa.
Kiri: Tambahan kubah. Kanan: Kubah ditinggikan 6,5 m. (Sumber: Youtube)
Hingga akhirnya, tahun 537 bangunan gereja tersebut bisa diselesaikan. Bangunan Hagia Sophia di masa itulah yang diyakini sampai sekarang ini bisa dinikmati kemegahannya.
Namun sayang, gempa bumi yang melanda Turki tahun 553 dan 557. Gempa bumi itu menyebabkan bangunan itu rusak parah. Bahkan dome yang megah yang berdiameter 31 meter itu hancur.
Tahapan penambahan penyangga bangunan (Gambar 1-3 : Youtube, Gambar 4 : Youtube)
Isidorus, keponakan dari Isidor, membantu membangun kembali dome yang telah rusak. Di bawah rancangan Isidorus, dome ditinggikan lagi setinggi 6,5 meter. Fondasinya kemudian dibenahi lagi, sehingga bangunan lebih kuat. Kolom-kolom penyangganya menggunakan marmer, sehingga membuat bangunan menjadi kuat.
Hingga akhirnya Hagia Sophia dibuka kembali sebagai gereja untuk Kristen Ortodoks di akhir tahun 562.
Namun, gempa bumi berkali-kali mengguncang Turki. Gempa bumi kedua kalinya pada tahun 869 membuat dome Hagia Sophia retak. Kemudian atas permintaan Kaisar Basil I direnovasi. Malangnya, pada tahun 989, gempa melanda Turki lagi. Kali ini, dome rusak lagi. Selanjutnya pada masa Kaisar Basil, dibawah arsitek Trdat, dome kembali dibenahi untuk kesekian kalinya.
Lantai atas (Foto: Septin)
Gempa yang terjadi tahun 1344 dan 1346 juga merusak. Meski kemudian dibenahi oleh arsitek Atras dan Peralta, sejak saat itu, gereja ditutup.
Pada tanggal 20 Jumadil Ula 857 H yang bertepatan dengan hari Selasa 29 Mei 1453 M, Konstantinopel berhasil ditaklukkan oleh Sultan Mehmed II dari Kekhalifahan Utsmani, setelah 1.143 tahun 10 bulan dan 4 hari berdiri. Hagia Sophia dialih fungsikan menjadi masjid. Setelah itu, beberapa renovasi kecil untuk mengubah gereja menjadi masjid dilakukan. Seperti membuat mihrab. Beberapa gambar-gambar di interior ditutup dan diberi hiasan-hiasan ayat-ayat Al-Qur;an, patung-patung berwujud makhluk hidup, salib-salib dan semua simbol kristen segera disingkirkan serta seluruh struktur bangunan dibersihkan untuk kenyamanan bagi Muslim saat sholat. Juga menambahkan perpustakaan.
Hagia Sophia malam hari (Foto: Septin)
Tidak hanya itu, bangunannyapun diperkokoh. Pada masa Sultan Selim II di akhir abad ke-16, dengan dibantu arsitek Sinan, bagian luar Hagia Sophia dibangun struktur untuk penyangga (Gambar 4). Kemudian juga menambahkan menara di sebelah barat dan di tenggara bangunan. Selanjutnya, dua menara lainnya ditambahkan pada masa Murad III dan Mehmed III.
Sejak 1935, Hagia Sophia diubah menjadi Museum oleh Mustafa Kemal Ataturk, pendiri Republik Turki.
Menyusuri setiap sudut Hagia Sophia memang menarik. Bangunan yang masih tetap kokoh berdiri menjadi bukti kehebatan arsitektur jaman dahulu. Kehebatan orang-orang jaman dahulu yang mau berfikir untuk mewujudkan suatu impian yang bisa dinikmati oleh generasi sekarang dan masa depan.
Di lingkungan Archeological Park sudah dibangun beberapa taman tanpa mengubah bentuk asli dari bangunan-bangunan asli. Ini semata untuk menjaga kenyamanan wisatawan yang akan berkunjung ke lokasi Archeological Park. Tidak hanya di siang hari, tetapi juga malam hari. Sehingga pengunjungpun masih bisa menikmati keindahan lokasi kawasan arkeologi itu di malam hari sekalipun.
------------------------------------------
Sumber bacaan :
Kompasiana
Muhammad Al-Fatih 1453; Felix Y. Siauw; Penerbit : Al-Fatih Press, Jakarta Utara; Cetakan ke-7, Juni 2014.

Watari

Manga Gensō Suikoden III - The Successor of Fate. Watari (Chikou Star) adalah seorang Ninja pendiam. Dia adalah anggota dari Kage ('Dark Wind'), sekelompok ninja yang pernah bekerja untuk Highland. Dia datang untuk sumpah setia kepada satu orang di Highland (melindungi Jillia Blight), dan ketika organisasi berhenti mengabdi pada Highland, Watari Kage menjadi buronan mereka.
Sejak itu ia menjalani hidup sebagai tentara bayaran. Dia juga mempertahankan pakaian khas Kage, menutup mulut dan hidungnya dengan kain. Ia bergabung dengan Fire Bringer dengan bayaran besar, dan saat bekerja untuk mereka ia menemukan Ayame, anggota lain dari Kage. Mereka pun berduel, dan dia mengalahkannya, menyebabkan dia setuju untuk tidak mencoba dan membunuhnya sampai setelah perang. Setelah perang ia menghilang. (sumber : Suikosource dan Manga Gensō Suikoden III - The Successor of Fate karya Aki Shimizu, Kadokawa Corporation, Tokyo Japan 2002).

Jumat, 05 Desember 2014

Keutamaan Berjalan ke Masjid (3)

Ubay bin Ka’ab r.a. berkata : Ada seorang sahabat Anshor, tiada seorang yang saya kenal lebih jauh rumah daripadanya, tetapi ia tidak pernah terlambat sholat jama’ah di masjid. Maka Ia ditegur : Andaikan kau membeli keledai untuk kendaraanmu di waktu gelap atau panas. Jawabnya : Saya tidak ingin kalau rumahku di sebelah masjid, saya ingin tercatat dalam amal kebaikanku perjalananku ke masjid dan kembaliku ke rumah keluargaku. Bersabda Nabi s.a.w. : Allah telah mengumpulkan bagimu semua itu. (HR. Muslim).
----------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979, halaman 156.

Kamis, 04 Desember 2014

Keutamaan Berjalan ke Masjid (2)

Abu Hurairah r.a. berkata : Bersabda Nabi s.a.w. Siapa yang bersuci di rumahnya kemudian berjalan ke masjid untuk menunaikan sholat fardlu, maka semua langkahnya dihitung yang satu untuk menghapuskan dosa dan yang kedua untuk menaikkan derajat. (HR. Muslim).
----------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979, halaman 155-156.

Waspadai Karakter Zainab bint’l-Harith!

Setelah melalui proses yang panjang satu persatu pihak Yahudi di Madinah sekarang tunduk kepada kekuasaan kaum Muslimin. Kedudukan mereka di negeri-negeri Arab sudah berantakan dan mereka pun terpaksa meninggalkan daerah itu. Tadinya mereka di tempat itu sebagai golongan yang dipertuan, sampai selesai mereka itu dikeluarkan.
Dan sebagai akibat kejatuhan mereka itu hati, mereka dipenuhi kebencian dan dendam yang kotor sekali. Zainab bint’l-Harith isteri Sallam bin Misykam pernah menyampaikan hadiah daging domba kepada Rasulullah —setelah ia merasa aman dan setelah ada perjanjian perdamaian dengan pihak Khaibar. Ketika beliau dan para sahabat sedang duduk hendak memakan daging itu, Rasulullah mengambil bagian kakinya dan hendak mulai dikunyah, tapi tidak sampai ditelannya. Dalam pada itu salah satu sahabat, Bisyr bin’l-Bara’ telah mengambil daging itu sekerat. Dan Bisyr telah menelannya sekaligus. Sedang Rasul memuntahkannya kembali seraya katanya : “Ada tanda-tanda tulang itu beracun.”
Kemudian Zainab dipanggil, dan di tanyai; “Untuk apa kau lakukan ini?”
“Untuk membunuhmu”, jawabnya penuh keberanian dan kelancangan.
Lalu katanya : “Tuan telah mengadakan tindakan terhadap ayahku, pamanku dan suamiku serta golonganku, seperti sudah tuan ketahui.
“Kalau dia seorang raja, aku lega; kalau dia seorang Nabi tentu dia akan diberi tahu, dan racun itu tidak akan berpengaruh baginya!”, lanjutnya.
Akibat makan daging itu Bisyr akhirnya meninggal dunia.
Dalam hal ini beberapa ahli sejarah masih berbeda pendapat. Ada yang menyatakan, bahwa Nabi telah memaafkan Zainab, dan sangat menghargai sekali alasannya mengingat malapetaka yang telah menimpa golongannya itu. Ada juga yang mengatakan bahwa dia pun dibunuh sebagai kisas, sebagai ganti kematian Bisyr yang diracun itu.
Nabi lalu berbekam pada bagian atas punggungnya, dekat leher. Sejak itu beliau sering mengeluh sakit akibat racun itu hingga wafatnya. “Aku selalu merasakan pengaruh makanan yang kumakan di Khaibar.”
Dan perbuatan Zainab itu telah menimbulkan kesan yang mendalam di dalam hati kaum Muslimin. Peristiwa-peristiwa yang timbul sesudah Khaibar ini membuat mereka tidak percaya lagi kepada orang-orang Yahudi. Bahkan mereka mewaspadai akan segala akibat tipu muslihat yang akan dilakukan secara perseorangan sampai kapanpun.
----------------------------
Hayat Muhammad (Sejarah Hidup Muhammad), Dr. Muhammad Husain Haekal, Ph.D, Penerbit : P.T. Pustaka Litera Antar Nusa Jakarta-Bogor, Cetakan Kesebelas, Januari 1990.
Rijal Haolar Rasul (Karakteristik Perihidup 60 Shahabat Rasulullah), Khalid Muhammad Khalid, Penerbit : CV. Penerbit Diponegoro Bandung, Cetakan keduapuluh 2006.

Rabu, 03 Desember 2014

Keutamaan Berjalan ke Masjid (1)

Abu Hurairah r.a. berkata : Bersabda Nabi s.a.w. : Siapa yang pergi pada pagi atau sore hari ke masjid, maka Allah menyediakan untuknya hidangan di sorga tiap ia pergi baik pagi atau sore. (HR. Buchary dan Muslim).
----------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979, halaman 155.

Bisyarah

Dalam Islam, janji dan prediksi serta kabar gembira dari Allah dan Rasul-Nya disebut dengan bisyarah. Bagi kaum Muslim, bisyarah adalah sumber energi yang tak terbatas, yang dapat mengatasi segala rintangan dan memungkinkan segala kemustahilan. (Muhammad Al-Fatih 1453; Felix Y. Siauw; Penerbit : Al-Fatih Press, Jakarta Utara; Cetakan ke-7, Juni 2014, halaman 290).

Selasa, 02 Desember 2014

Keutamaan Sholat Subuh dan Ashar (6)

Buroidah r.a. berkata : Rasulullah s.a.w. bersabda : Siapa yang meninggalkan sholat ashar, maka telah gugur semua amalnya. (HR. Buchary).

Gugur yang berarti rusak dan batal.
----------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979, halaman 154.

Bogazkesen

Rumeli Hisari
Sebuah bangunan yang istimewa pada zamannya telah berdiri kokoh. Sebuah benteng dari hasil pemikiran Sultan Mehmed II, baik layout, jarak antara menara dan bentuk keseluruhan seperli lafadz "Muhammad" dalam bahasa arab. Yang kemudian detailnya diserahkan kepada Muslihiddin, sang arsitek. Pembangunan benteng ini berada di bawah pengawasan langsung Sultan Mehmed II. Sehingga setiap bawahannya dan para tukang yang dibagi tanggung jawabnya membangun bagian benteng yang berbeda saling bersaing untuk menyelesaikan lebih cepat. Sejarawan Yunani, Kristovoulos mengatakan bahwa benteng ini "lebih mirip kota kecil dari pada benteng". Pembangunan benteng dalam waktu yang relatif sangat cepat, secara tidak langsung memperlihatkan kekuatan sumber daya yanag dimiliki kesultanan Utsmani dan kemampuan Mehmed dalam mengkoordinasikan dan mengatur distribusi logistik dari seluruh wilayah kesultanannya. Benteng yang kemudian dinamakan Rumeli Hisari (Istana Eropa), pengerjaannya dimulai pada tanggal 15 April 1452 M dan selesai pada tanggal 31 Agustus 1452 M. Benteng ini berdiri diatas lahan 31.250 meter persegi dan memiliki 3 menara utama, dimana setiap menara dikuasai oleh satu orang wazir ("pembantu"-nya Sultan), serta 14 menara pengawas dengan ketinggian menara berkisar antara 22-28 meter dengan ketebalan dinding antara 5 - 7 meter. Di dalam benteng dipasangi 6 meriam yang dapat menembakkan peluru seberat 300 kg. Dan berkekuatan 400 pasukan dimasa Sultan Mehmed II (1451 - 1481). Bersama benteng Anadolu Hisari  2 benteng ini lebih dikenal dengan BogazKesen (bahasa Turki = "Pemotong Tenggorokan") yang bahu membahu menjaga selat Bosphorus. 
Anadolu Hisari
Anadolu Hisari merupakan benteng yang dibangun terlebih dahulu sebelum benteng Rumeli Hisari di bangun, benteng ini dibangun diatas reruntuhan kuil Uranus pada tahun 1393 - 1394 M oleh kakek Sultan Mehmed II yaitu Sultan Beyazid I yang sama-sama punya hasrat menaklukan Konstantinopel, benteng dengan ketinggian menara 25 meter ini dibangun sebagai persiapan sultan Beyazid I sebelum menyerang Konstantinopel untuk menahan serangan dari kaum kristen Genoa dari utara.
--------------------------
Referensi :
Muhammad Al-Fatih 1453; Felix Y. Siauw; Penerbit : Al-Fatih Press, Jakarta Utara; Cetakan ke-7, Juni 2014, halaman 61-80.
Wisatatiga

Dua-dua

TIME TUNNEL. Lorong waktu di tahun 54 Hijriyah, aku ingin menuntut ilmu perihidup sang sahabat, Sa'ad bin Abi Waqqash. Dari saudara-saudara Muslim yang ada di 'Aqiq.
Diceritakan oleh putranya ketika Sa'ad bin Abi Waqqash hendak menemui Allah ta'ala, bahwa kepala beliau berada dipangkuannya dan sang putra menangis. Lalu katanya kenapa kamu menangis wahai anakku...? Sungguh Allah tiada akan menghukumku..., dan sungguh aku termasuk salah seorang penduduk surga ...!".
Dan beliau berpesan kepada keluarganya untuk mengkafani mayatnya dengan kain yang dikenakan waktu perang Badr. Ketika tiba masanya, tubuh Sa'ad bin Abi Waqqash pun ditempatkannya dengan aman dekat sekelompok tokoh suci dari para sahabat Rasulullah  ﷺ di tanah Baqi'.
* * *
Dua hal menonjol yang selalu menjadi dendang dan senandungnya. Pertama, dialah yang mula-mula melepas anak panah pertama dalam membela agama Allah. Kedua, dia merupakan satu-satunya orang yang dijamin oleh Rasulullah  ﷺ dengan kedua orang tua beliau diwaktu perang Uhud.
Sa'ad bin Abi Waqqash seorang kesatria berkuda yang paling berani. Ia mempunyai dua macam senjata yang amat ampuh; panah, dan do'amya. Jika ia memanah musuh pastilah akan mengenai sasarannya, dan jika memohon kepada Allah pastilah dikabulkan. Dan itu tak lepas dari Rasulullah untuknya.
----------------------------------
Inspirasi :
Rijal Haolar Rasul
(Karakteristik Perihidup 60 Shahabat Rasulullah), Khalid Muhammad Khalid, Penerbit : CV. Penerbit Diponegoro, Cetakan keduapuluh 2006, halaman 101-117.

Senin, 01 Desember 2014

Keutamaan Sholat Subuh dan Ashar (5)

Jabir bin Abdullah Albajaly r.a. berkata : Kami berada di sisi Nabi s.a.w. pada suatu malam, maka Nabi melihat ke bulan purnama sambil berkata : Kamu akan melihat kepada Tuhan sebagaimana kamu melihat bulan ini tidak silau karena melihatnya. Maka jika kamu dapat jangan sampai dikalahkan untuk sholat sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya. Cepatlah kamu kerjakan. (HR. Buchary dan Muslim).
----------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN II, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1979, halaman 154.

Dua Hari, Mesir Hancurkan 700 Rumah di Perbatasan Gaza

GAZA, (Middle East Monitor|Sahabat Al-Aqsha): Situs berita pls48.net melaporkan, seorang pejabat Mesir di Sinai Utara mengatakan, pemerintah Mesir harus menyelesaikan pembongkaran rumah di “buffer zone”, di sepanjang perbatasan Jalur Gaza. Buffer zone adalah kawasan pembatas antara zionis dan tanah Gaza.
Sumber resmi mengatakan, sekitar 802 rumah yang dihuni oleh 1.156 keluarga akan terkena pembongkaran karena letaknya berdekatan dengan terowongan. Dikatakan pula, terdapat terowongan di 87 rumah. Hingga kini sudah lebih dari 700 rumah dihancurkan oleh pihak berwenang Mesir. Tujuannya, untuk memperlambat aliran persenjataan di antara kedua wilayah ini.
Seperti diketahui, pintu masuk terowongan kebanyakan terdapat di dalam rumah-rumah penduduk di sepanjang perbatasan. Tahun lalu pihak tentara mengklaim telah menghancurkan sebagian terowongan yang banyak menyelundupkan senjata dari Mesir ke Gaza. Kini pemerintah Mesir berencana membangun “New Buffer Zone” demi menghambat aksi penyelundupan senjata.
Masih menurut sumber tersebut, pihak berwenang Mesir telah membayar sekitar 63 juta pound Mesir ($8.8 juta) sebagai kompensasi penghancuran rumah. Setelah menghancurkan 709 rumah, selanjutnya 93 rumah juga akan dihancurkan dalam beberapa hari mendatang.
Pls48.net melaporkan, sumber resmi di pemerintahan kudeta menyatakan bahwa pemerintah membayar 1.200 pound Mesir ($ 160) per meter untuk kompensasi bangunan beton dan 700 pound Mesir ($ 90) per meter untuk kompensasi struktur lainnya. Situs pls48.net juga memberitakan, pihak berwenang memberikan 900 pound Mesir ($ 126) per keluarga untuk menyewa akomodasi sementara selama tiga bulan.
Sementara itu, angkatan bersenjata Mesir mengumumkan mereka akan menggandakan jarak buffer zone menjadi satu kilometer. Pernyataan tersebut berbeda dengan keterangan para ahli yang mengatakan jarak buffer zone akan diperluas hingga lima kilometer.
Untuk membenarkan perluasan buffer zone, angkatan bersenjata mengatakan bahwa terowongan lebih panjang dari yang diperkirakan, yakni ada yang sepanjang 800 meter.* (Middle East Monitor|Sahabat Al-Aqsha/Daffa; 23 November 2014, 22:02 WIB).