"Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji". (QS. al-Buruj (85) : 8)

Kamis, 31 Oktober 2013

AN-NAAFI-’U

AN-NAAFI-’U (النَّافِعُ) artinya Yang Maha Pemberi Kemanfa’atan, yakni meratalah kebaikan yang dikurniakan-Nya itu kepada semua hamba-Nya (kampung, kota dan negeri) dan sebagainya. Perhatikanlah matahari dijadikan Allah yang sangat bermanfa’at bagi alam dunia ini, bahkan cahayanya dapat menembus sampai ke dasar-dasar laut sekalipun. Matahari itu banyak sekali manfa’atnya, apalagi di zaman kemajuan ini dimana ilmu tekhnologi telah meningkat sangat maju, maka cahaya matahari itu dapat dipergunakan orang untuk berbagai keperluan dan kepentingan. Demikian pula bulan dan bintang-bintang semuanya ada manfa’at dan faedahnya. Alhasil semua yang dijadikan Allah ini tidaklah sia-sia, ada hikmah dan kepentingannya.
Demikianlah kemanfa’atan dari Allah itu, merata diberi-Nya kepada yang maujud (yang ada) ini.
Firman الله سبحانه وتعالى dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 164 ayat artinya :
“Sesunggushnya tentang kejadian langit dan bumi, dan pertukaran malam dengan siang, kapal yang berlayar di lautan yang membawa barang-barang yang bermanfaat (berfaedah) bagi manusia, hujan yang diturunkan Allah dari langit, maka dihidupkan -Nya bumi yang telah mati dan berkeliaran di atasnya bermacam-macam binatang, angin yang bertiup dan mega (awan) yang terbentang antara langit dan bumi. Sesungguhnya segala yang tersebut itu menjadi bukti atas kekuasuan Allah, bagi kaum yang berakal.”

Meyakini dua sifat Adh-Dhaarru dan An-Naafi-‘u ini menghendaki agar kita tidak mengharapkan manfaat kecuali dari Allah dan tidak memohon menolak madlarat kecuali kepada Allah.
--------------------------------
URAIAN ASMA'UL HUSNA, H. Hadiyah Salim, PT. Alma'arif, Cetakan Pertama 1983, halaman 97-98.
DO’A ASMAULLAH AL HUSNA DAN URAIAN MAKNANYA
, Staf Redaksi C.V. Peladjar, C.V. Peladjar Bandung, halaman 50.

HARAM SOMBONG (4)

Abu Sa’id Alkhudry r.a. berkata : Bersabda Nabi s.a.w.: Berdebat sorga dengan neraka, maka berkata neraka : Padaku orang-orang yang kejam dan sombong-sombong. Jawab sorga : Padaku orang-orang yang tertindas dan miskin. Maka firman Allah pada keduanya : Engkau sorga tempat rakhmat-Ku. Aku merahmati dengan kau pada siapa yang Aku kehendaki. Dan kau neraka tempat siksa, Aku menyiksa dengan kau pada siapa yang Aku kehendaki, dan untuk masing-masing kamu mendapat sepenuhnya. (HR. Muslim).
--------------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN I, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1978, halaman 505-506.

Industri Kreatif di Semarang

Pada bulan Oktober 2013 dari tanggal 1 sampai dengan 31, aku mendapat kesempatan menjadi mitra BPS Provinsi Jawa Tengah sebagai pengumpul data Survei Khusus Ekonomi Kreatif 2013 (SKEK 2013) untuk yang pertama kali. Industri Kreatif dapat diartikan sebagai kumpulan aktivitas ekonomi yang terkait dengan penciptaan atau penggunaan pengetahuan dan informasi.
Beberapa responden sangat menarik perhatianku secara pribadi, diantaranya adalah :
Ari Modiste yang beralamat di Jl. Raya Pongangan Gunungpati Semarang, sebuah usaha penjahitan dan pembuatan pakaian sesuai pesanan yang dikelola oleh ibu Munawatul bersama suami,. Beliau menceritakan bahwa dalam setahun bisa menangani kurang lebih 50 pasang baju pengantin dan itu belum termasuk seragam pengiring pengantin seperti penerima tamu dan lain-lain. Meskipun usahanya ini masih tergantung juga dengan usaha lain seperti finishing bordir sebagai pemanis desain. Beliau juga tak segan memberikan arahan desain bagi pasangan pengantin yang memesan baju di tempat beliau secara gratis. Dalam menjalankan usahanya beliau dibantu oleh 2 orang anak buah dan dalam waktu dekat beliau telah merencanakan akan memperdayakan orang-orang yang berkekurangan fisik untuk didik dan diberdayakan sebagai anak buahnya, agar mereka bisa berdaya-guna minimal bagi diri mereka sendiri, begitu paparan beliau.
Dinar Gorden yang beralamat di Jl. Sumurboto II / 10E Banyumanik Semarang, sebuah jasa perancangan khusus kegiatan dekorasi interior yang dikelola oleh bapak Saroni bersama istri. Beliau menceritakan bahwa bergerak dalam industri kreatif ini sudah lebih dari 10 tahun, usaha pembuatan gorden. Dalam sebulan beliau bisa menerima minimal 2 order isi interior gorden (termasuk ukur luas bidang yang diisi gorden, pengajuan desain dan penjahitan), selebihnya beliau biasa menerima order jahit gorden dari toko-toko gorden ternama di Semarang, bahkan ada satu toko gorden kelas menengah keatas di jalan Thamrin yang menjadi langganan jahit beliau, yang mana toko tersebut mengirimkan produknya sampai ke Singapura.
Omah Dekor yang beralamat di Jl. Jangli I / 61 Semarang, adalah sebuah jasa perancangan khusus kegiatan dekorasi pengantin yang dikelola oleh bapak Tan Nendro. Beliau menjelaskan dekorasi pengantin yang mampu beliau garap mulai dari yang bernuansa Tradisional, Modern sampai yang bernuansa Islami. Dalam bulan-bulan nikah beliau sering menangani 2 sampai 3 tempat sekaligus dalam sehari, hal ini tentunya mampu diatasi karena beliau memulai bisnis ini dari tahun 2005 dan didukung oleh tenaga ahli pilihan.
IsaCom yang beralamat di Komplek Ruko Pusposari Blok C-1 Tembalang Semarang, adalah sebuah jasa reparasi komputer yang dikelola oleh bapak Rivai. Kebetulan beliau bergerak dalam reparasi laptop dan CPU, tetapi tidak menutup kemungkinan melayani instal sistem. Beliau juga menuturkan bahwa akhir-akhir ini animo mereparasi laptop sangat menurun, hal itu di karenakan harga laptop sekarang semakin murah dan vendor-vendor ternama berani menjamin garansi produk sampai 3 tahun.
Sebenarnya ada beberapa lagi usaha kreatif responden yang mengelitik keingin-tahuanku, tetapi karena sedikitnya data yang bisa aku gali dari mereka oleh sebab sesuatu hal karena mereka juga tidak ingin terbuka maka aku tidak bisa membagikan kekreatifan mereka. Semoga bermanfaat.

Genesis Rhapsodos

Genesis Rhapsodos
Genesis Rhapsodos di Final Fantasy Crisis Core, juga dikenal sebagai "G", merupakan salah satu krusial dalam Crisis Core serta memainkan peran sebagai cameo dalam Dirge of Cerberus. Ia merupakan seorang 1st Class SOLDIER yang lahir dari JENOVA Project, bahkan sempt dipercaya oleh Sephiroth sebagai asal-usul nama Project G. Pada awalnya ia merupakan SOLDIER yang setia kepada Shinra dan hendak membuktikan dirinya sebagai pahlawan seperti Sephiroth, tetapi sesudah tubuhnya mulai mengalami degradasi akibat efek samping JENOVA Project yang tidak sempurna pada dirinya, hal ini membuat Genesis kemudian memberontak dalam upayanya mencari penyembuhan.
Genesis lahir sebagai salah satu hasil dari JENOVA Project G yang dipimpin oleh Hollander. Gillian Hewley yang saat itu juga merupakan salah satu bagian dari tim peneliti diinfus dengan sel-sel JENOVA, kemudian sel Gillian sendiri ditransplantasikan kepada Genesis dengan harapan ia akan memiliki kekuatan JENOVA. Setelah kelahiran Genesis, JENOVA Project S di bawah pimpinan Prof. Hojo dianggap lebih superior sehingga Project G dihentikan. Genesis sendiri dianggap sebagai produk gagal dan diserahkan kepada salah seorang tuan tanah di Banora untuk diadopsi. Namun demikian, tanpa sepengetahuan Hojo maupun Hollander, Project G tetap dilanjutkan oleh DeepGround.
Sementara itu, Genesis tumbuh besar di Banora dan berteman dengan Angeal Hewley, putra dari Hollander dan Gillian yang juga merupakan hasil eksperimen Project G sebelumnya meski tanpa sepengetahuan Angeal sendiri. Ketika perang Wutai berlangsung, Genesis merasa iri dengan kepopuleran Sephiroth yang menjadi pahlawan meski seusia dengan mereka sehingga ia dan Angeal kemudian berangkat ke Midgar untuk bergabung dengan SOLDIER. Pada akhirnya mereka berdua juga berhasil bergabung dengan 1st Class SOLDIER dan berteman dekat dengan Sephiroth yang memang hanya bersosialisasi secara personal dengan mereka berdua.
Pada awal kemunculannya di Crisis Core, Genesis digambarkan sebagai sosok penyendiri, arogan, dan childish. Sekilas ia tampak seperti karakter yang cukup mudah dipahami, tetapi seiring dengan berjalannya cerita, konflik batin yang dialami Genesis menjadi semakin nyata dan rumit. Sebagai anak adopsi, ia merasa dikhianati oleh orangtua kandung maupun orangtua angkatnya, yang kemudian menjadi salah satu alasan baginya untuk meninggalkan Banora dan bergabung dengan SOLDIER. Namun demikian, masalah terbesar yang dialaminya adalah ketika ia mengetahui asal-usul kelahirannya setelah terluka dalam salah satu sesi latihan, yang membuatnya membenci Shinra dan segala sesuatu yang berhubungan dengan perusahaan tersebut. Meski ia cukup bangga dengan kepopuleran yang diperolehnya melalui penampilan fisik serta gaya bertarungnya, ia tidak terlalu suka terlibat dengan orang lain dan hanya berteman dengan Sephiroth dan Angeal.
Genesis dapat dibilang terobsesi dengan LOVELESS, suatu karya sastra ternama dalam bentuk puisi yang telah diadaptasi menjadi drama teater. Menurut salah satu fan club Genesis, Study Group, ia membaca LOVELESS ketika masih kecil dan sejak saat itu menyukai karya sastra tersebut serta telah berupaya menerjemahkan makna puisi tersebut sepanjang hidupnya. Genesis juga digambarkan mengartikan LOVELESS secara harafiah, di mana ia percaya bahwa dirinya, Zack Fair, Sephiroth, dan Angeal sebagai para karakter dalam puisi. Dengan begitu, ia percaya bahwa dengan memenuhi apa yang diceritakan dalam LOVELESS, ia dapat memperoleh Gift of The Goddess yang akan menyembuhkan degradasinya.
Nama Genesis pertama kali disebut sebelum Zack dikirim ke Wutai sebagai SOLDIER berstatus "Missing in Action". Bersama dengan Angeal, Zack dikirim untuk menggantikan Genesis dan membantu Sephiroth. Namun demikian, Zack malah menemukan beberapa prajurit misterius dengan wajah persis dengan Genesis yang kemudian dikenal sebagai Genesis Copies seperti yang dijelaskan oleh Sephiroth. Nantinya, Genesis ditemukan di kampung halamannya Banora, dan sejak saat itu ditampilkan sebagai tokoh antagonis utama Crisis Core meski pada dasarnya ia tidak benar-benar jahat.
Di akhir cerita, ia akhirnya berhasil menemukan penyembuh dari degradasi yang dialaminya setelah dikalahkan oleh Zack dalam Final Battle. Setelah Zack berangkat ke Midgar bersama Cloud Strife, Genesis dibawa pergi oleh 2 orang 1st Class SOLDIER misterius, yang nantinya dikenal sebagai Weiss dan Nero.
Genesis sekali lagi muncul sebagai cameo dalam Secret Ending Dirge of Cerberus, di mana ia mengangkat jasad Weiss dan mengatakan bahwa masih banyak hal-hal yang harus mereka kerjakan sebelum membawa Weiss pergi.

SHOLAT KHAUF (3)

Khauf = takut, sholat khauf = sholat di dalam takut, sholat di dalam perang,

Dari Jabir r.a.. ia berkata : “Saya pernah menyaksikan sholat khauf bersama Rasulullah s.a.w., kami berbaris (jadi) dua barisan, sedangkan musuh berada di antara kami dan kiblat; kemudian Nabi s.a.w. takbir dan kami (kedua-dua barisan) pun takbir semuanya, kemudian beliau ruku’ dan kamipun ruku’semuanya, kemudian beliau mengangkat kepalanya dan kamipun mengangkal kepala pula semuanya. lantas beliau dan barisan di belakangnya (barisan pertarna) sujud, sedangkan barisan lainnya (barisan kedua) mengawasi musuh, maka setelah beliau selesai sujud, barisan yang di belakangnya itu (barisan pertama) berdiri ……… Dan Jabir menyebutkan hadits. Dan dalam sebuah riwayat. “Kemudian beliau sujud dan barisan pertamapun sujud bersama beliau, maka setelah barisan pertama ini berdiri, maka barisan kedua baru sujud, lantas barisan pertama mundur dan barisan kedua maju (tukar tempat), dan Jabir menyebutkan hadits, seperti itu, dan di akhir semua hadits itu. “Kemudian Nabi s.a.w. salam. dan kamipun salam semuanya.” Diriwayatkan oleh Muslim.

Dan dalam riwayat Abu Daud dan Abu ‘Ayyasy Az-Zuraqy seperti itu pula tapi ia menambah; “Bahwasanya kejadian itu di ‘Usfan.”

Dan dalam riwayat Nasa’i dari jalan lain, dari Jabir r.a. : “Bahwasanya Nabi s.a.w. sholat (khauf) bersama shahabat-shahabatnya dua rakaat, kemudian beliau sholat lagi bersama yang lainnya dua raka’at, lalu salam”.

Dan seperti itu pula dalam riwayat Abu Daud dari Abu Bakrah.
-------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab Kitabush Sholat, halaman 176-177.

Rabu, 30 Oktober 2013

HARAM SOMBONG (3)

Haritsah bin Wahab r.a. berkata : Saya telah mendengar Rasulullah s.a.w. bersabda : Sukakah saya beri tahukan kepadamu orang-orang ahli neraka? Ialah tiap-tiap orang yang kejam, rakus dan sombong. (HR. Buchary dan Muslim).
--------------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN I, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1978, halaman 505.

Angeal Hewley

Angeal Hewley
Angeal Hewley di Final Fantasy Crisis Core merupakan salah satu non-playable character yang memainkan peranan besar dalam Crisis Core. Lahir dan besar di Desa Banora, ia merupakan putra dari Hollander dan Gillian. Angeal merupakan mentor yang memberikan cukup banyak pengaruh terhadap perkembangan diri Zack Fair, terutama terkait prinsipnya akan kehormatan seorang SOLDIER. Ia merupakan pemilik asli dari Buster Sword sebelumnya diwariskan kepada Zack.
Sebelum plot cerita Crisis Core dimulai, Gillian Hewley diceritakan bekerja bersama Hollander dalam suatu eksperimen yang kemudian dinamakan Project Gillian, yakni suatu penelitian untuk menciptakan Cetra-Human Hybrid. Dalam eksperimen tersebut, Gillian disuntik dengan JENOVA Cells yang dikira Hollaner sebagai Cetra, kemudian sel-selnya digunakan untuk bahan-bahan eksperimen lainnya. Salah satu hasil dari eksperimen ini adalah Angeal.
Selama masa kecilnya, Angeal tinggal dan bergaul dengan sesama penduduk Banora. Ia juga berteman baik dengan putra salah satu roang terkaya di desa, yakni Genesis Rhapsodos, yang juga merupakan salah satu bahan eksperimen Project G.
Angeal merupakan seorang pria dengan moral dan dedikasi tinggi. Ia memiliki kebanggaan sebagai anggota SOLDIER dan menjunjung tinggi kehormatan tersebut di atas segalanya. Buster Sword miliknya ia pandang sebagai simbol dari mimpi dan kehormatannya, sehingga sebisa mungkin ia berusaha untuk tidak terlalu sering menggunakan pedang tersebut agar tidak rusak.
Sebagai seorang 1st Class SOLDIER, Angeal tergolong sebagai salah satu sosok pemimpin yang berpengaruh dan dihormati, ditunjukkan dengan banyaknya anggota SOLDIER lain yang menaruh respek padanya. Adapun sifat ini diturunkannya kepada Zack yang nantinya mengambil alih peran sebagai mentor bagi para personil baru. Namun demikian, ketika menyadari asal-usul kelahirannya, Angeal mulai membenci dan menganggap dirinya sebagai monster yang tidak pantas memiliki kehormatan dan wibawa. Ia mengasingkan diri dari SOLDIER, meski ia juga mengatakan bahwa dalam hatinya ia masih seorang SOLDIER.
Walaupun tampak serius, Angeal juga memiliki sedikit rasa humor, misalnya dengan memberi julukan kepada muridnya "Zack, The Puppy" karena kepribadiannya yang tidak bisa diam.

SHOLAT KHAUF (2)

Khauf = takut, sholat khauf = sholat di dalam takut, sholat di dalam perang,

Dari Ibnu Umar r.a., ia berkata : “Saya pernah ikut berperang dengan Rasulullah s.a.w. di jurusan Nejd, dan kami berhadapan dengan musuh, lalu kami berbaris, kemudian Rasulullah s.a.w. sholat bersama kami; lalu satu rombongan sholat bersama beliau, sedangkan serombongan lainnya, menghadapi musuh; lalu beliau ruku’ dan sujud dua kali bersama rombongan tersebut (pertama), lalu mereka pergi mengganti rombongan yang belum sholat (rombongan kedua), dan rombongan ini datang (ke tempat sholat) lantas Nabi s.a.w. ruku’ satu kali dan sujud dua kali bersama mereka (rombongan kedua), lalu beliau salam, kemudian mereka (kedua rombongan itu) masing-masing ruku’ satu kali lagi dan sujud dua kali”. Muttafaq ‘alaih, dan ini adalah lafadh Bukhary.
-------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab Kitabush Sholat, halaman 175-176.

Selasa, 29 Oktober 2013

ADH-DHAARRU

ADH-DHAARRU (الضَّارُّ) artinya, Yang Maha Pembéri Bahaya, yakni menurunkan siksaan-Nya kepada orang yang mendurhakai-Nya.
Seringan-ringan siksaan Allah, adalah sangat berat jika dibandingkan dengan siksaan atau hukuman manusia.
Apabila seorang pencuri sangat takut kepada polisi, dan apabila tertangkap tentu akan masuk penjara, maka lebih-lebih takut lagi kepada murka Allah dimana orang-orang yang durhaka itu akan masuk neraka.
Manusia hendaklah demikian cara berpikirnya, jika masuk penjara ditakutnya maka akan masuk neraka tentu lebih-lebih lagi ditakuti.
Firman الله سبحانه وتعالى dalam Al-Qur’an surat Al-An’am ayat 42 yang artinya.
“Sesungguhnya telah Kami utus Rasul-rasul kepada umat-umat yang dahulu (tetapi mereka mendustakan rasul-rasul itu), maka Kami siksa mereka itu dengan kesengsaraan dan kemelaratan. Moga-moga mereka bermohon dengan tunduk dan merendah diri kepada Allah”.

Firman الله سبحانه وتعالى dalam Al-Qur’an surat Al-An’am ayat 17 yang artinya :
“Jika Allah menimpakan suatu kemelaratan (bala) kepadamu maka tiadalah yang akan menghilangkannya melainkan Dia sendiri; dan jika Dia menurunkan kebajikan kepadamu, maka Dia Maha kuasa pada tiap-tiap sesuatu.”
--------------------------------
URAIAN ASMA'UL HUSNA, H. Hadiyah Salim, PT. Alma'arif, Cetakan Pertama 1983, halaman 96-97.
DO’A ASMAULLAH AL HUSNA DAN URAIAN MAKNANYA, Staf Redaksi C.V. Peladjar, C.V. Peladjar Bandung, halaman 50.

HARAM SOMBONG (2)

Salamah bin Al-Akwa’ r.a. berkata : Ada orang makan di sisi Nabi s.a.w. dengan tangan kiri, maka ditegor oleh Nabi : Makanlah dengan tangan kanan. Jawab orang itu : Saya tidak dapat. Maka Nabi bersabda : Tidak dapat engkau. Tiada yang mendorong makan dengan tangan kiri itu hanya karena sombong. Salamah berkata. Tiba-tiba ia tidak dapat mengangkat tangan ke mulutnya. (HR. Muslim).
--------------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN I, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1978, halaman 505.

Ridlo

Ridlo, rela dan mesra menerima ketetapan Illahi. Menerima pimpinan Illahi artinya menerima kebijaksanaan-Nya. Kebijaksanaan Illahi menentukan dan menetapkan sesuatu. Tempo-tempo kita gagal dalam usaha, padahal kita telah memberikan kesungguhan dan pengurbanan. Manusia berusaha dan membuat rencana tapi ketetapan dan keputusan terakhir ditangan Tuhan.
Manusia berusaha taqdir menentukan !!!
Manusia membuat rencana, dari sudut yang gelap taqdir mentertawakan dia. Kita seringkali menemukan kenyataan yang tidak sesuai dengan harapan dan perhitungan kita.
Ada Maha Kekuatan dan Maha Kekuasaan dibelakang segala ikhtiar manusia !!! Ada Maha Kekuatan dan Maha Kekuasaan yang mempunyai “Hak Veto” yang menentukan nasib dan bahagia kita. Diri kita terpelanting antara harap dan cemas, terhempas antara dua dunia yang saling bertabrakan. Jaya atau binasa, derita dan malapetaka yang menimpa, segala itu ada hubungannya dengan Maha Kekuatan dan Maha Kekuasaan yang memegang pimpinan dan kebijaksanaan atas seluruh alam yang besar ini.
“Jika Allah menimpakan bahaya kepada kamu, maka tidak ada siapapun juga dapat melepaskannya, melainkan Dia. Dan jika Ia memberikan kebaikan kepadamu, maka sesungguhnya Ia berkuasa atas segala sesuatu”. Dan Ia-lah yang berkuasa atas segala hamba-Nya, dan Ia-lah yang bijaksana, yang amat Mengetahui”. (QS. Al-An’am : 17 – 18)
Segala yang dijadikan, segala kejadian, ketetapan dan kebijaksanaan Tuhan, pasti ada rahasia yang terkandung didalamnya, ada “Sirrun Illahiyyun” yang gelap dalam pandangan mata, tetapi cerah dalam pandangan bathin.
Ada “Hikmah Illahiyyah” yang tersimpan didalam kebijaksanaan Illahi itu. Ma kholaqta hadza batila !!! Galilah rahasia dan misteria itu, dan terimalah kebijaksanaan itu !!! Mukmin yang sudah ridlo kepada Allah sebagai Robb, ridlo kepada Islam sebagai Agamanya dan ridlo Muhammad Nabi dan Rasul, itu artinya dia telah sampai kepuncak. Tak ada lagi yang lebih atas dari itu, tak ada lagi yang lebih tinggi dari itu. Mukmin yang begitu akan mendapat MARDLOTILLAH, keridloan Illahi. Itulah tujuan kita, dan bukan keridloan manusia. Itu yang memesrakan kita tenggelam dalam mengabdi dan berbakti, larut dalam kehidupan yang maha luas ini.
Dia ridlo kepada Tuhan, dan Tuhan ridlo kepadanya; demikian hendaknya hubungan Mukmin dengan Tuhannya ! Menerima pimpinan dan kebijaksanaan-Nya tanpa cadangan. Hendak digantung tinggi atau dilempar jauh oleh-Nya, bulat terserah semata-mata kepada-Nya belaka. Ia berkuasa hamba menerima. Itulah jiwa tauhid, jiwa Ketuhanan Yang Maha Esa yang suci dan murni. Marilah kaum Muslimin kita miliki jiwa ini dahulu sebelum berangkat, agar tidak ada penyesalan ditengah jalan. Marilah kita menghiasi jiwa dan diri dengan perasaan Ridlo, Insya Allah kita akan menemukan keyakinan didalam hidup ini. marilah kita pegang erat-erat dan jangan dilepaskan !!!
“Wahai jiwa yang yakin !!! Kembalilah kepada Tuhanmu dengan ridlo dan diridloi !!! Masuklah kedalam golongan hamba-hamba-Ku dan masuklah kedalam jannah-Ku !!!” (QS. Al-Fajr : 27 – 30)
#570

SHOLAT KHAUF (1)

Khauf = takut, sholat khauf = sholat di dalam takut, sholat di dalam perang,

Dari Shalih bin Khawwat r.a., tentang orang yang sholat khauf bersama Rasulullah s.a.w. pada perang Dzatir-riqa’; “Bahwasanya satu rombongan dari shahabat-shahabatnya Nabi s.a.w. berbaris bersama Nabi s.a.w., dan serombongan lagi menghadapi musuh; lalu beliau sholat satu raka’at bersama rombongan yang ikut beliau, kemudian beliau tetap berdiri sedangkan rombongan tersebut menyelesaikan sholatnya sendiri-sendiri, lantas mereka pergi berbaris menghadapi musuh, dan rombongan lainnya datang (ke tempat sholat). Nabi s.a.w. sholat satu raka’at yang tinggal (satu raka’at lagi) bersama mereka, kemudian beliau tetap duduk sedangkan mereka menyempurnakan sholatnya, kemudian beliau salam bersama mereka”. Muttafaq ‘alaih, dan ini adalah lafadh Muslim. Dan tersebut pula dalam kitab Al-Ma’rifat riwayat Ibnu Mandah, dan Shalih bin Khawwat dari ayahnya.
-------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab Kitabush Sholat, halaman 174-175.

Senin, 28 Oktober 2013

HARAM SOMBONG (1)

Abdullah bin Mas’ud r.a. berkata : Bersabda Nabi s.a.w. : Tiada masuk ke sorga, siapa yang di dalam hatinya ada seberat dzarrah (atom yang kecil) dari sombong. Maka seorang berkata. Adakalanya seorang itu suka berpakaian bagus. Sabda Nabi s.a.w.: Sesungguhnya Allah indah dan suka keindahan. Sombong itu yalah menolak hak kebenaran, dan merendahkan orang. (HR. Muslim).
--------------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN I, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1978, halaman 504-505.

UMMU AIMAN

Namanya adalah Barakah binti Tsa’labah bin Amru bin Hishan bin Malik bin Salmah bin Amru bin Nu’man Al Habasyiyah.
Rasulullah mewarisi wanita ini dari ayahnya, dan Ummu Aiman senantiasa mengasuh Rasulullah hingga dewasa. Tatkala Rasulullah menikah dengan Khadijah birti Khuwailid, beliau memerdekakan Ummu Aiman yang kemudian ia dinikahi oleh Ubaidullah bin Haris Al-Khazraji, darinyalah ia melahirkan Aiman yang pada gilirannya Aiman ikut berhijrah dan berjihad bahkan syahid tatkala perang Hunain.
Nabi memuliakan Ummu Aiman, beliau sering mengunjunginya dan memanggilnya dengan kata “Wahai ibu …” Beliau bersabda :
“Beliau (Ummu Aiman) adalah termasuk ahli baitku.” Beliau juga bersabda : “Ummu Aiman adalah ibuku setelah ibuku.”
Ummu Aiman senantiasa berhidmat kepada Rasulullah s.a.w. dan lemah lembut terhadap beliau. Setelah datangnya masa nubuwwah beliau bersabda :
“Barangsiapa yang ingin menikah dengan wanita ahli jannah maka hendaklah menikahi Ummu Aiman.”
Maka akhirya Zaid bin Haritsah menikahinya pada malam ketika ia diutus oleh Nabi s.a.w. Dengannyalah akhirnya Ummu Aiman melahirkan Usamah bin Zaid buah hati Rasulullah s.a.w.
Ketika Rasulullah s.a.w. mengijinkan kepada kaum muslimin untuk berhijrah ke Madinah, maka Ummu Aiman termasuk wanita yang berhijrah angkatan pertama. Ummu Aiman berhijrah di jalan Allah dengan berjalan dan tanpa membawa bekal. Pada saat hari sangat panas, sementara ia sedang melakukan shaum, ia sangat kehausan, tiba-tiba ada ember di atasnya yang menjulur dari langit dengan tali berwarna putih. Lalu Ummu Aiman meminum air yang di dalamnya hingga kenyang. Ummu Aiman berkata : “Saya tidak pernah lagi merasakan haus sesudah itu. Sungguh saya biasa menghadapi rasa haus dengan shaum di siang hari, namun kemudian aku tidak merasakan haus lagi setelah minum air tersebut, meskipun aku shaum pada siang hari yang panas aku tetap tidak merasakan haus.
Rasulullah s.a.w. bersikap lemah lembut kepadanya dan terkadang mengajaknya bercanda karena ia seperti ibunya sendiri. Telah diriwayatkan bahwa suatu ketika ia berkata kepada Rasulullah s.a.w., Wahai Rasulullah bawalah (ajaklah) aku.” Maka Nabi berkata : “Aku akan membawamu di atas anak onta.” Ummu Aiman berkata : “Anak unta tidak akan mampu membawaku lagi pula aku tidak menyukainya.” Nabi bersabda : “Aku tidak akan membawamu kecuali dengan anak unta.” Ini adalah canda Rasulullah s.a.w. kepada Ummu Aiman, hanya saja sekalipun beliau bercanda namun tidak mengatakan kecuali yang benar, sebab setiap unta seluruhnya adalah anak unta.
Ummu Aiman adalah seorang wanita yang kidal suaranya, suatu ketika beliau ingin menyeru kaum muslimin pada perang Hunian dan berkata : “Sabatallahu aqdamakum” semoga Allah mengistirahatkan kaki kalian (Padahal mungkin yang dimaksud adalah tsabatallahu aqdamakum (semoga Alah mengokohkan kaki kalian). Maka Nabi bersabda :
“Diamlah anda wahai Ummu Aiman karena anda adalah seorang yang kidal lisannya.”
Suatu ketika Ummu Aiman masuk ke dalam rumah Nabi s.a.w. dan mengucapkan salam, “Salamun laa alaikum” (keselamatan bukan atas kalian) padähal yang dimaksud adalah Assalamu ‘alaikum, akan tetapi beliau memberikan rukhshah kepadanya untuk mengucapkan salam (Salamun la alikum)
Di samping Ummu Aiman memiliki sifat-sifat yang terpuji di tambah lagi pada usianya sudah tua, ia tidak mau tinggal diam beliau ingin menyertai para pahlawan Islam dalam menghancurkan musuh-musuh Allah Azza wa Jalla untuk meninggikan kalimat-Nya. Sehingga ia ikut dalam perang Uhud dan ikut andil dengan kemampuan yang ia miliki, ia memberikan minum bagi pasukan muslim dan mengobati yang terluka dan ia juga menyertai perang Khaibar bersama Rasulullah s.a.w..
Ketika Rasulullah s.a.w. wafat Abu Bakar berkata kepada Umar, “Pergilah bersama kami menemui Ummu Aiman, kita akan mengunjunginya sebagaimana Rasulullah s.a.w. telah mengunjunginya. Tatkala mereka sampai di rumah Ummu Aiman ternyata ia sedang menangis, keduanya berkata : “Apa yang membuat anda menangis? Bukankah apa yang di sisi Allah lebih baik bagi Rasul-Nya?
Ummu Aiman menjawab, “Bukanlah saya menangis karena tidak tahu bahwa apa yang di sisi Allah lebih baik bagi Rasul-Nya, hanya saja saya menangis karena telah terputusnya wahyu dari langit.” Hal itu membawa Abu Bakar dan Umar menangis, sehingga keduanya menangis bersama Ummu Aiman.
Pada saat terbunuhnya Umar bin Khaththab, Ummu Aiman menangis sambil berkata : “Pada hari ini Islam menjadi lemah.”
Ummu Aiman wafat pada masa kekhalifahan Utsman bin Affan, tepatnya dua puluh hari setelah terbunuhnya Umar.
Semoga Allah merahmati Ummu Aiman pengasuh pemimpin anak Adam, beliau adalah seorang wanita yang rajin shaum dan tahan lapar, berhijrah dengan berjalan diberi minum yang tidak di ketahui asal-usulnya,  minuman dari langit sebagai penyembuh bagi beliau.
-----------------------------------------------------
NISAA' HAULAR RASUL, Mahmud Mahdi Al Istanbuli dan Musthafa Abu An Nashr Asy Syalabi (Para Penulis), MENGENAL SHAHABIAH NABI S.A.W. (Edisi Indonesia)
, Abu Umar Abdullah Asy Syarif (Penterjemah), At-Tibyan Solo, halaman 212 – 215

Minggu, 27 Oktober 2013

AL-MAANI-’U

AL-MAANI-’U (الْمَانِعُ) artinya Yang Maha Mencegah atau Menolak, menjauhkan kemungkinan-kemungkinan musibah, kerusakan atau kecelakaan pada harta dan badan.
Hamba-hamba Allah yang saleh, selalu dalam lindungan-Nya dan Dialah yang membela orang itu dan tipu daya setan. Orang yang dibela Allah berarti orang itu dapat lindungan dan petunjuk Allah, ia tidak akan tersesat selama-lamanya, dan apa-apa yang akan mendatangkan bahaya bagi orang itu selalu dilindungi sehingga bahaya itu tidak menimpa dirinya.
Sebaliknya orang-orang yang kafir kepada Allah, mereka takkan dapat pembelaan dari Allah (pertolongan) sebab mereka dekat kepada bahaya dan malapetaka, dan di kemudian hari mereka akan masuk neraka, tempat yang seburuk-buruknya.
Firman الله سبحانه وتعالى dalam Al-Qur’an surat Al-Isra’ ayat 94 yang artinya :
“Tiada yang menghalangi manusia untuk beriman, setelah datang kepadanya petunjuk selain dari perkataan mereka : “Pantaskah Allah mengutus manusia menjadi Rasul ?””

Firman الله سبحانه وتعالى dalam Al-Qur’an surat Al-Anbiya’ ayat 43 yang artinya :
“Atau adakah mereka mempunyai beberapa tuhan, yang mempertahankan mereka selain dari (azab) Kami? Tuhan-tuhan itu tiada sanggup menolong dirinya sendiri, dan tiada pula terpelihara daripada siksaan Kami.”
--------------------------------
URAIAN ASMA'UL HUSNA, H. Hadiyah Salim, PT. Alma'arif, Cetakan Pertama 1983, halaman 95-96.
DO’A ASMAULLAH AL HUSNA DAN URAIAN MAKNANYA, Staf Redaksi C.V. Peladjar, C.V. Peladjar Bandung, halaman 50.

TAWADLU’ (10)

Anas r.a. berkata : Biasa unta Nabi s.a.w. yang bernama Al’Adlba tidak pernah dapat dikejar, tiba-tiba pada suatu hari ada seorang badwi berkendaraan unta yang masih muda, dan dapat mengejar unta Al’Adlba itu, hingga kaum muslimin merasa jengkel lalu Rasulullah s.a.w. bersabda : Layak sekali bagi Allah, tiada sesuatu didunia ini yang akan menyombongkan diri melainkan direndahkan oleh-Nya. (HR. Buchary).
--------------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN I, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1978, halaman 501.

SHOLAT JUM’AT (20)

Dari Hakam bin Hazn r.a., ia berkata; “Kami pernah melakukan Jum’at bersama Rasulullah s.a.w., beliau berdiri (khutbah) sambil bertelekan atas tongkat atau panah”. Diriwayatkan oleh Abu Daud.
-------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab "Kitabush-Sholat", halaman 174.

Sabtu, 26 Oktober 2013

TAWADLU’ (9)

Abu Hurairah r.a. berkata : Bersabda Nabi s.a.w.: Andaikan saya diundang untuk makan kaki atau paha binatang ternak, niscaya saya sambut dan mendatangi panggilan itu. (HR. Buchary).
--------------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN I, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1978, halaman 501.

SHOLAT JUM’AT (19)

Dari Thariq bin Syihab r.a., bahwasanya Rasulullah s.a.w. bersabda : “Jum’at itu hak kewajiban tiap-tiap Muslim (dilakukan) dengan berjama’ah, kecuali bagi yang empat; hamba sahaya, wanita, anak-anak dan yang sakit”. Diriwayatkan oleh Abu Daud dan ia berkata : “Thariq tidak mendengar hadits ini dan Nabi s.a.w.”. Dan dikeluarkan pula oleh Hakim dan riwayat Thariq tersebut dari Abu Musa.

Abu Daud berkata : “Thariq pernah berjumpa dengan Nabi s.a.w., ia adalah shahabat beliau dan tidak mendengar apa-apa dari Nabi s.a.w.”. Dan menurut riwayat Hakim, Thariq mendengar hadits dari Abu Musa (shahabat), jadi hadits ini adalah “mursal shahabi” (mursal ialah Tabi’in meriwayatkan dari Nabi s.a.w. dengan tidak melalui shahabat), dan dapat dijadikan hujjah, sebab hukumnya sama dengan mausul (Hadits yang sampai sanadnya kepada Nabi s.a.w.).
-------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab "Kitabush-Sholat", halaman 173.

Jumat, 25 Oktober 2013

AL-MUGHNIYYU

AL-MUGHNIYYU (الْمُغْنِيْ) artinya Yang Maha Pemberi kekayaan kepada siapa yang dikehendaki-Nya dengan tidak terhingga. Apa yang di sisi Allah tidak akan habis-habisnya, tidak seperti manusia, walaupun bagaimana kayanya, bilamana kekayaannya itu dihambur-hamburkannya, niscaya akan habislah apa yang dimilikinya itu.
Oleh karena itu, الله سبحانه وتعالى Maha Kaya dalam segala-galanya. Dalam nomor 88 Al-Ghaniyyu, juga disebut bahwa Allah Maha Kaya, yaitu bahwa Zatnya Allah adalah Maha Kaya, sedangkan dalam nomor 89 Al-Mughniyyu, bahwa Allah itu Maha Pemberi, karena kaya-Nya itu. Jadi jelaslah bahwa ke-Maha Kaya-an Allah itu ada pada dzat-Nya dan ada pula pada perbuatan-Nya. Yang mengenai ke-Maha Kaya-an dzat-Nya disebut “Al-ghaniy”, dan yang mengenai af’al-Nya (perbuatan-Nya) disebut “Al-Mughniy”.
Firman الله سبحانه وتعالى dalam Al-Qur’an surat At-Taubah ayat 28 yang artinya :
“Hai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya orang-orang musyrik itu najis, maka tiada boleh mereka mendekati Mesjidilharam sesudah tahun ini. Jika kamu takut menjadi miskin, nanti Allah akan memberikan kurnia-Nya kepadamu jika dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.”
--------------------------------
URAIAN ASMA'UL HUSNA, H. Hadiyah Salim, PT. Alma'arif, Cetakan Pertama 1983, halaman 94-95.
DO’A ASMAULLAH AL HUSNA DAN URAIAN MAKNANYA, Staf Redaksi C.V. Peladjar, C.V. Peladjar Bandung, halaman 49.

TAWADLU’ (8)

Abu Hurairah r.a. berkata : Bersabda Nabi s.a.w. : Allah tiada mengutus seorang Nabi, melainkan pernah menggembala kambing. Berkata para sahabat : Dan kau ya Rasulullah? Jawab Nabi : Saya dahulu menggembala kambing orang-orang Mekah dengan mendapat upah beberapa qirath. (HR. Buchary).
--------------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN I, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1978, halaman 500-501.

SHOLAT JUM’AT (18)

Dari Jabir bin Samurah r.a.; “Bahwasanya Nabi s.a.w. membaca ayat-ayat Qur’an dalam khutbahnya, memberi ingat kepada orang-orang”. Diriwayatkan oleh Abu Daud dan asalnya dalam riwayat Muslim.
-------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab "Kitabush-Sholat", halaman 173.

Kamis, 24 Oktober 2013

TAWADLU’ (7)

Anas r.a. berkata : Rasulullah s.a.w. jika makan dengan tiga jari. Dan bersabda : Jika jatuh suapan orang, hendaknya diambil dan bersihkan kotorannya, kemudian hendaklah dimakannya, dan jangan dibiarkan dimakan syaithan. Juga Rasulullah s.a.w. menyuruh membersihkan makanan yang ada dipiring dengan sabdanya : Kamu tidak tahu di manakah makanan itu yang berkat. (HR. Muslim)

Memperkecil suapan yang dimasukkan ke mulut, dan menghabiskan makanan dan mengambil makanan yang jatuh serta membersihkan kotoran yang melekat padanya, semua itu termasuk pada akhlak yang baik dan menunjukkan ketinggian kesopanan orangnya.
--------------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN I, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1978, halaman 500.

SHOLAT JUM’AT (17)

Dan dari padanya r.a.; Bahwasanya Rasulullah s.a.w. pernah menyebut hari Jum’at, lantas beliau bersabda : “Pada hari Jum’at itu ada suatu saat, apabila kebetulan seorang Muslim sholat dan memohon sesuatu kepada Allah ‘azza wajalla pada sa’at itu, niscaya Allah akan mengabulkannya, dan beliau berisyanat dengan tangannya bahwa sa’at itu sangat sedikit (sangat pendek)”. Muttafaq ‘alaih. Dan pada sebuah riwayat Muslim : ”Ia itu adalah sa’at yang sedikit”.

Dari Abu Burdah dari ayahnya r.a.. ia berkata; Saya pernah mendengar Rasulullah s.a.w. bersabda : “Sa’at itu ialah antara Imam duduk (di atas mimbar) sehingga selesai sholat”. Diriwayatkan oleh Muslim, dan Darukutny mentarjih bahwa ini dari perkataan Abu Burdah.

Dan dari Jabir, riwayat Abu Daud dan Nasa’i. Bahwasanya sa’at itu ialah antara sholat Ashar dan terbenamnya matahari. Tentang “saat” ini telah diperselisihkan lebih dari empatpuluh kaul (omongan) yang saya tulis dari syarah Bukhary (yakni Fat-hul Bari).
-------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab "Kitabush-Sholat", halaman 171-172.

Rabu, 23 Oktober 2013

AL-GHANIYYU

AL-GHANIYYU (الْغَنِيُّ) artinya Yang Maha Kaya, tidak membutuhkan apa pun dan yang selain dzat-Nya sendiri, tetapi yang selain-Nya itu amat membutuhkan pada-Nya.
Jadi الله سبحانه وتعالى Maha Kaya dalam segala-galanya, artinya tidak memerlukan bantuan dari apa dan dari siapa juapun dan jika dituliskan kekayaan Allah satu persatunya, tidaklah manusia akan dapat menghitungnya. Bahkan semua ala mini perlu kepada-Nya
Adapun kekayaan Allah kekal abadi, diberikan-Nya kepada semua hamba-Nya, namun yang ada pada sisi-Nya itu tidak akan habis-habisnya.
Firman الله سبحانه وتعالى dalam Al-Qur’an surat Ali ‘Imran ayat 97 yang artinya :
“Di sana beberapa tanda yang nyata, diantaranya makam (tempat) Ibrahim. Barangsiapa masuk negri Mekkah, niscaya mendapat aman séntosa. Allah mewajibkan atas manusia mengerjakan hajji yaitu orang yang kuasa berjalan padanya, barangsiapa yang ingkar kepada-Nya, sesungguhnya Allah Maha Kaya daripada sekalian alam.”

Firman الله سبحانه وتعالى dalam Al-Qur’an surat Muhammad ayat 38 yang artinya :
“Ingatlah kamu ini orang-orang yang diajak untuk membelanjakan hartamu pada jalan Allah. Maka diantara kamu ada juga orang yang kikir dan barangsiapa yang kikir itu, adalah bahaya kekikirannya itu atas dirinya sendiri. Allah Maha Kaya dan kamu orang-orang faqir (berkehendak) kepadaNya. Dan jika kamu berpaling (tidak mau mengikut) maka Allah bakal menggantikanmu dengan kaum yang lain daripadamu. Kemudian itu tiadalah kaum itu durhaka seperti kamu.”
--------------------------------
URAIAN ASMA'UL HUSNA, H. Hadiyah Salim, PT. Alma'arif, Cetakan Pertama 1983, halaman 93-94.
DO’A ASMAULLAH AL HUSNA DAN URAIAN MAKNANYA, Staf Redaksi C.V. Peladjar, C.V. Peladjar Bandung, halaman 49.

TAWADLU’ (6)

Abu Rifa’ah (Tamim) bin Usaid r.a. berkata : Ketika saya sampai kepada Rasulullah s.a.w. ia sedang berkhutbah, maka saya berkata : Ya Rasulullah seorang ghorih (asing) datang ingin bertanya tentang agama, karena ia belum mengerti agamanya. Maka turun Rasulullah dan menghentikan khutbahnya, kemudian duduk di depanku, mengajarkan kepadaku dari apa yang diajarkan Allah kepadanya. Kemudian setelah selesai meneruskan khutbahnya hingga selesai. (HR. Muslim).
--------------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN I, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1978, halaman 499-500.

SHOLAT JUM’AT (16)

Dari Abu Hurairah r.a., ia berkata; Rasulullah s.a.w. bersabda : “Barangsiapa yang mandi, lantas pergi Jum’at, dan ia sholat berapa raka’at saja ia mau (sholat ini adalah sholat sunah “intidlar” (sholat menunggu datangnya imam)), kemudian ia diam sehingga Imam selesai berkhutbah, lalu sholat bersama imam, maka dosanya antara Jum’at itu dan Jum’at lainnya akan dihapuskan, dan lebih tiga hari”. Diriwayatkan oleh Muslim.
-------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab "Kitabush-Sholat", halaman 170-171.

Selasa, 22 Oktober 2013

TAWADLU’ (5)

Al-Aswad bin Jazid r.a. berkata : ‘Aisjah ketika ditanya : Apakah yang biasa dikerjakan oleh Nabi s.a.w. di. rumah? Jawabnya : Ia membantu keluarganya, maka apabila tiba waktu sholat, segera keluar untuk sholat. (HR. Buchary).
--------------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN I, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1978, halaman 499.

SHOLAT JUM’AT (15)

Dari Sa’ib bin Yazid r.a., bahwasanya Mu’awiyah berkata kepadanya : “Apabila kamu sholat Jum’at, janganlah disambung dengan sesuatu sholat sehingga kamu bercakap-cakap dahulu atau keluar, karena Rasulullah s.a.w. memerintah kami berbuat demikian, ialah tidak boleh menyambung sebuah sholat dengan sholat lain sehingga kami bercakap-cakap dahulu atau keluar”. Diriwayatkan oleh Muslim.
-------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab "Kitabush-Sholat", halaman 170.

Senin, 21 Oktober 2013

AL-JAAMI-’U

AL-JAAMI-’U (الْجَامِعُ) artinya Yang Maha Mengumpulkan, yakni mengumpulkan berbagai hakikat yang telah bercerai-berai dan juga mengumpulkan seluruh umat manusia pada hari pembalasan atau yang menghimpun anggota-anggota manusia yang sudah rapuh dan hancur untuk dihidupkan kembali, atau yang menghimpun segala sifat-sifat kesempurnaan pada dzat-Nya.
Manusia sesudah matinya, badannya akan hancur menjadi tanah, tulang belulangnya telah bercerai-berai, maka apabila datang hari akhirat, manusia akan dibangkitkan dari kuburnya masing-masing, maka daging yang sudah hancur dan tulang-tulang yang berserakan yang telah lumat menjadi tanah, dapat dikumpulkan oleh Allah kembali, sehingga menjadi manusia biasa.
Setelah jasadnya kembali, maka semua manusia semenjak dari Adam عليه السلام sampai dunia dikiamatkan, akan berkumpul di satu tempat yang bernama “Padang Mahsyar” artinya tempat berhimpun atau disebut juga “Padang Mauquf” artinya tempat berhenti buat sementara waktu, yaitu sebelum orang-orang surga akan masuk surga dan orang-orang neraka akan masuk neraka.
Firman الله سبحانه وتعالى dalam Al-Qur’an surat Asy-Syura ayat 15 yang artinya :
“Allah, Tuhan kami dan Tuhan kamu, untuk kami amalan kami dan untuk kamu amalan kamu. Tidak ada persoalan antara kami dan kamu. Allah akan menghimpunkan antara kita sekalian dan kepada-Nya tempat kembali.”

Firman الله سبحانه وتعالى dalam Al-Qur’an surat Al-Kahfi ayat 99 yang artinya :
“Hari itu Kami tinggalkan mereka itu (Ya’juj dan Ma’juj) bercampur aduk antara satu dengan lainnya (keliru). Kemudian ditiup lagi serunai (sangkakala) ketika berbangkit, maka Kami himpunkan mereka itu semuanya pada suatu tempat (di Padang Mahsyar).”
--------------------------------
URAIAN ASMA'UL HUSNA, H. Hadiyah Salim, PT. Alma'arif, Cetakan Pertama 1983, halaman 92-93.
DO’A ASMAULLAH AL HUSNA DAN URAIAN MAKNANYA, Staf Redaksi C.V. Peladjar, C.V. Peladjar Bandung, halaman 49.

TAWADLU’ (4)

Anas r.a. berkata : Adakalanya wanita-wanita pelayan di kota Madinah itu memegang tangan Nabi s.a.w. dan membawa Nabi ke mana ia sukai. (HR. Buchary).
--------------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN I, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1978, halaman 499.

SHOLAT JUM’AT (14)

Dari Abu Hurairah r.a., ia berkata; Rasulullah s.a.w. bersabda : “Apabila seseorang di antara kamu sholat Jumat, hendaklah ia sholat empat raka’at sesudahnya”. Riwayat Muslim.
-------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab "Kitabush-Sholat", halaman 170.

Minggu, 20 Oktober 2013

TAWADLU’ (3)

Anas r.a. berjalan di hadapan anak-anak, maka ia memberi salam kepada mereka, dan berkata Dahulu Nabi s.a.w. berbuat demikian. (HR. Buchary dan Muslim).
--------------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN I, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1978, halaman 498-499.

Masjid Baitu At-Taabiin Kalisegoro Gunungpati Semarang

Masjid Baitu At-Taabiin
Jl. Raya Ampel Gading Kalisegoro Gunungpati
Semarang 50229
Telp. (024) 70355860
Fax. (024) 8508202
Email : taibiin@hotmail.com

SHOLAT JUM’AT (13)

Dari Zaid bin Arqam r.a., ia berkata; Nabi s.a.w. pernah sholat Hari Raya, kemudian beliau memberi kelonggaran (untuk tidak sholat Jum’at), beliau bersabda : “Barangsiapa yang mau sholat (Jum’at) sholatlah!”. Diriwayatkan oleh Imam yang Lima (Ahmad, Abu Daud, Ibnu Majah, Tirmidzi dan Nasa’i) kecuali Tirmidzi, dan disahkan oleh Ibnu Khuzaimah.

Hari Raya jatuh di hari Jumat, maka bagi yang sudah sholat Han Raya diberi kelonggaran tidak sholat Jumat.
-------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab "Kitabush-Sholat", halaman 169-170.

Sabtu, 19 Oktober 2013

Sebuah Mimpi Fiksi Sejarah

Pengen banget menuangkan mimpi fiksi sejarah dalam Blog-ku ini. Mimpi berada dalam masa-masa mulia, baik saat masa Rasulullah ﷺ dan masa sepeninggal Rasulullah ﷺ. Seolah-olah aku berada dalam masa itu untuk mengambil hikmah dan menjadikannya referensi bagi kecintaanku kepada Allah dan Rasulullah ﷺ yang semoga menumbuh-kembangkan kecintaanku kepada perbuatan yang mendekatkan diriku kepada cintanya Allah dan cintanya Rasulullah ﷺ. Dengan harapan Allah dan Rasulullah ﷺ pun mencintaiku.

CIWAMBHA Adventure

Dok. Photo : Alat Panjat
Semarang. Kami menyewakan aneka peralatan dan perlengkepan untuk mendukung aktifitas petualangan Anda dengan menyediakan Dome, Matras, Carrier, Mesting, Kompor, Flysheet, Webbing, Cover Bag, Slepping Bag dan lain-lain. Kami menyewakan peralatan dan perlengkapan tersebut dalam bentuk Paket Lengkap, Parsial, Harian, Event dan lain-lain.

CIWAMBHA Adventure
Jl. Sumurboto I No. 33
Kelurahan Sumurboto Kecamatan Banyumanik
Kota Semarang .

Kontak Person :
X-San : 08562654481 PIN BB : 320bc084
Satria : 081802512010

AL-MUQSITHU

AL-MUQSITHU (الْمُقْسِطُ) artinya Yang Maha Mengadili yakni memberikan kemenangan kepada orang-orang yang teraniaya dari tindakan orang-orang yang menganiaya dengan keadilan-Nya, dan menghukum hamba-hamba-Nya setimpal dengan amalan-amalan mereka.
Allah s w t. tidak membiarkan perbuatan aniaya, barangsiapa yang menganiaya sesamanya, pasti Allah akan memberikan hukuman terhadap orang yang menganiaya.
Rasulullah ﷺ telah memberikan suatu pelajaran bagi manusia, agar menolong orang yang teraniaya dan yang menganiaya. Para sahabat bertanya kepada Nabi : Ya Rasulullah! Bagaimanakah caranya menolong orang yang menganiaya, sedangkan perbuatannya telah berdosa, lalu diberi pertolongan lagi? Jawab Nabi : Memberi pertolongan kepada yang menganiaya ialah dengan jalan menasehati mereka agar berhenti dari perbuatan yang jahat itu. Adapun memberikan pertolongan kepada orang yang teraniaya, yaitu kita berusaha melepaskannya dari perbuatan yang buruk itu.
Firman الله سبحانه وتعالى dalam Al-Qur’an surat Al-Ma’idah ayat 42 yang artinya :
“Mereka itu suka mendengarkan perkataan bohong, suka memakan yang haram, dan jika mereka datang kepada engkau, maka hukumlah antara mereka atau berpalinglah engkau dari mereka. Jika engkau berpaling dari mereka itu, maka tiadalah mereka membahayakan engkau sedikit juapun. Jika engkau menghukum antara mereka, maka hukumlah dengan adil. Sesungguhnya Allah mengasihi orang-orang yang adil.”
--------------------------------
URAIAN ASMA'UL HUSNA, H. Hadiyah Salim, PT. Alma'arif, Cetakan Pertama 1983, halaman 91-92.
DO’A ASMAULLAH AL HUSNA DAN URAIAN MAKNANYA, Staf Redaksi C.V. Peladjar, C.V. Peladjar Bandung, halaman 48.

TAWADLU’ (2)

Abu Hurairah r.a. berkata : Rasulullah s.a.w., bersabda : Tiada berkurang harta karena sedekah, dan Allah tiada menambah pada seorang yang mema’afkan melainkan kemulyaan. Dan tiada seorang yang bertawadlu’ (merendah diri) karena Allah, melainkan dimulyakan oleh Allah. (HR. Muslim).
--------------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN I, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1978, halaman 498.

TAWADLU’ (1)

‘Ijadl bin Himar r.a. berkata : Bersabda Rasulullah s.a.w. : Sesungguhnya Allah telah mewahyukan kepada saya : Bertawadlu’ (merendah dirilah) hingga seseorang tidak menyombongkan diri terhadap lainnya dan seseorang tidak menganiaya terhadap lainnya. (HR. Muslim).
--------------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN I, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1978, halaman 498.

SHOLAT JUM’AT (12)

Dari Ibnu ‘Abbas r.a.; “Bahwasanya Nabi s.a.w. membaca surat “Jum’ah” dan “Al-Munafiqun” dalam sholat Jum’at”, Diriwayatkan oleh Muslim.

Dan dalam riwayat Muslim dan Nu’man bin Basyir r.a., ia berkata : Adalah Nabi s.a.w. membaca “Sabbihisma rabbikal a’la” dan “Hal ataka haditsul ghasyiyah” dalam sholat hari Raya dan sholat Jum’at.”
-------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab "Kitabush-Sholat", halaman 169.

Jumat, 18 Oktober 2013

Membasmi Virus Yuyun

Ciri - Ciri VIRUS YUYUN
Ciri – ciri komputer yang sudah terinfeksi virus ini adalah munculnya banyak shortcut yang jika kita klik akan membuka window baru. Shortcut yang dibuat virus ini adalah shortcut dengan icon folder, tetapi dengan extensi lnk (LNK). Jika kita salah klik, maka aktiflah virus Yuyun ini.

Virus Yuyun ini tidak terlalu mengganggu, karena ia tidak menghapus data (dalam kasusku ya), hanya memenuhi komputer kita dengan penciptaan shortcut–shortcut. Setelah sekian lama, kehadiran virus ini mulai terasa. Komputer kita jauh lebih lemot dari biasanya dan puncaknya adalah HANG!

Ciri – ciri lainnya adalah munculnya shortcut dengan icon folder. Ada tiga shortcut yang bakalan memenuhi kompter kita, yaitu :
  1. New Harry Potter and….lnk
  2. Microsoft.lnk
  3. New Folder.lnk (kalo muncul ini berarti udah parah!)
Ciri – ciri virus Yuyun yang tidak kelihatan (karena di-hidden) adalah :
  1. file autorun.inf di setiap folder dan drive
  2. file thumb.db juga di setiap folder. (Tolong dibedakan antara thumb.db dengan thumbs.db)
  3. file wscript.exe di folder windows\system32
  4. file database.mdb di folder my document
Untuk dapat melihatnya, anda harus mempunyai Program Nero yang buat nge-burn CD. (baru ngeh-kan akan kehebatan Nero khan? ha…ha…ha... semua file yang terhidden bisa keliatan!)

Membasmi VIRUS YUYUN
Aku sempet dibikin stress dengan virus ini karena sedikit sekali informasi tentang virus Yuyun ini dari teman-teman dan internet.

CARA PERTAMA : Mudah dan Cepat
Beli Kapersky Antivirus seharga 200rb-an Rupiah. Install dan scan. Beres, virus Yuyun hilang. Ini cara yang mudah cepat dan mahal. Atau…mau yang bener–bener mudah dan cepat ? Caranya install ulang windowsnya, tetapi  hapus semua partisinya dan buat partisi baru. Sebab, jika hal itu tidak anda lakukan anda akan bertemu lagi dengan si yuyun ini.

CARA KEDUA : Manual dan Gratis tapi merepotkan.
Matikan program yang berjalan otomatis waktu windows kita mulai. Untuk itu anda perlu menggunakan software tambahan. Jangan kuatir kok, gratis. Namanya HijackThis. Silahkan didownload di situs favorit saya www.filehippo.com. Terus apa yang mesti dimatikan ? Tentunya si wscript.exe ini. Aduh…maaf yaa, saya gak bakalan jelasin si HijackThis ini, silahkan dipelajari sendiri. Gampang kok !
Setelah berhasil mematikan si wscript.exe ini, maka anda boleh memberi pelajaran sama teman se-gank-nya virus ini. Si Database.mdb. Lokasinya di folder my document anda. Untuk itu anda memerlukan program Nero, sebab file ini sangat licin, bisa menyembunyikan dirinya dengan baik. Jika anda tidak punya Nero Burning Rom, alternatifnya adalah ACDc (software untuk liat gambar). Dua progam ini bisa melihat tempat persembunyiannya file ini.
Lantas kalau database.mdb langsung dihapus gak pake wscript-wscriptan dan hijack–hijack-an kan bisa ? NGGGGAAAK ISAAAA, kalopun bisa, abis di delete, muncul lagi!
Nah…kalo sudah selesai dua langkah di atas, maka mulailah hal yang paling menjengkelkan. Kita mesti menghapus satu – satu file-file tipuan yang dibuat oleh virus ini. Di tiap-tiap harddisk kita dan tiap folder kita (huuuuuh…hiks…hiks…hiks…). Hapuslah file – file berikut ini :
  1. New Harry Potter and….lnk
  2. Microsoft.lnk
  3. New Folder.lnk (kalo muncul ini berarti udah parah!)
  4. Semua icon folder yang extensinya .ink. Nama filenya sesuai dengan nama folder anda.

Setelah anda melakukan langkah ke tiga…maka selamat, anda telah berhasil menghilangkan virus yuyun dari komputer anda.

Ini ada blog di internet (Abs.Net) yang juga membahas virus yuyun lebih serius.

Semoga tulisan saya bisa membantu anda membasi virus yuyun ini. Jika ada hal yang kurang dimengerti anda bisa kirim email ke saya. Saya akan bantu anda mengatasi virus yuyun ini.

Inspirasi : Wapannuri.com

SUNNAT MENYENDIRI (5)

Abu Hurairah r.a berkata : Bersabda Rasulullah s.a.w. : Sebaik-baik kehidupan seorang, ialah seorang yang memegang kendali kudanya dalam perjuangan Fisabilillah, melompat di atas punggungnya tiap mendengar panggilan mencari pembunuhan atau mati di tempatnya, atau seorang yang memelihara kambing di atas bukit atau suatu dusun sambil menegakkan sholat dan mengeluarkan zakat, dan tetap melakukan ibadat hingga mati tidak ada hubungan pada manusia kecuali dalam kebaikan. (HR. Muslim).

Bergaul kepada sesama manusia dan menghadiri kumpulan mereka, dan majlis-majlis dzikir, menengok orang sakit, menghadiri janazah, membantu kepada mereka semua itu baik, bagi orang yang dapat mempertahankan Amar ma’ruf dan nahi mungkar. Dan sabar menghadapi mereka, serta dapat menahan diri dari gangguan mereka. Demikianlah yang dilakukan oleh Rasulullah s.a.w dan sahabat Nabi dahulu kala, dan tabi’in.
--------------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN I, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1978, halaman 495.

SHOLAT JUM’AT (11)

Dari Jabir r.a., ia berkata. Pada hari Jum’at masuklah seorang laki-laki sedang Nabi s.a.w. sedang berkhutbah, maka sabdanya : “Apakah kamu telah sholat”, ia menjawab : “Belum”. Sabdanya : “Berdirilah dan sholatlah dua raka’at”. Muttafaq’alaih.

Sholat yang dimaksud adalah sholat “tahiyyatul-masjid”. Hadits ini menunjukkan bahwa imam boleh bertanya kepada makmum di tengah-tengah khutbah, dan makmum yang diajak bicara boleh bicara, yang lain tetap diam.
-------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab "Kitabush-Sholat", halaman 169.

Kamis, 17 Oktober 2013

DZUL-JALAALI WAL-IKRAAM

DZUL-JALAALI WAL-IKRAAM (ذُوالْجَلَالِ وَالْاِكْرَامِ) artinya Yang Maha Memiliki Kebesaran dan Kemuliaan. Juga dzat yang mempunyai keutamaan dan kesempurnaan, pemberi kurnia dan kenikmatan yang amat banyak dan melimpah ruah.
Kebesaran Allah tidak ada yang menandingi-Nya, semua yang maujud ini tunduk kepada perintah-Nya, dan bilamana perintah Allah telah datang (kiamat) semuanya akan hancur lebur, tinggallah wajah Allah yang Maha Kekal.
Angin bertiup dengan kencangnya, dapat menumbangkan pohon-pohon besar dan merusakkan rumah-rumah dan sebagainya, bumi bergoncang, tanah menjadi belah-belah, air pasang tingginya puluhan meter dapat melanda kampung dan kota-kota, kesemuanya itu terjadi karena mengikut perintah Allah supaya terjadi demikian. Dalam situasi seperti itu ke manakah manusia akan lari? Kepada siapakah mereka memohonkan pertolongan, jika tidak kepada Allah? Oleh sebab itu sembahlah Allah yang mempunyai kemuliaan, ke-Agungan, kekayaan, kekuasaan dan sebagainya.
Firman الله سبحانه وتعالى dalam Al-Qur’an surat Ar-Rahman ayat 27 yang artinya :
“Dan tetap kekal Zat Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan.”
--------------------------------
URAIAN ASMA'UL HUSNA, H. Hadiyah Salim, PT. Alma'arif, Cetakan Pertama 1983, halaman 90-91.
DO’A ASMAULLAH AL HUSNA DAN URAIAN MAKNANYA, Staf Redaksi C.V. Peladjar, C.V. Peladjar Bandung, halaman 48.

Ikhlas

Ikhlas, meluruskan niat dan sengaja hati. Sebagai Muslim yang Muslih dan tidak boleh diombang-ambingkan oleh puji dan cela manusia. Maju bukan karena pujian dan tidak mundur karena cacian dan makian. Jujur dalam amalan, ikhlas kepada Cita, setia kepada tujuan. Ikhlas adalah jiwa dari segala amal !!! Tuhan menilai niat dan sengaja hati, bukan menilai besar atau kecilnya jasa, banyak sedikitnya amal.
“Dan Kami memeriksa dan menilai kepada apa yang mereka kerjakan dalam amal kebajikan mereka, lalu kami jadikan dia debu yang berterbangan”. (QS. Al-Furqan : 23)
Segala jasa dan karya, segala pembantingan tulang dan cucuran keringat akan menjadi “Haba’an Mantsura”, jika tidak didasarkan kepada niat yang ikhlas dan sengaja yang tulus. Mukmin yang ikhlas ialah yang menyerahkan dirinya hanya untuk kepentingan Cita dan Agama. Cita dan Agama telah menelan seluruh hidupnya. Niat menjiwai Cita, Cita yang mempunyai jiwa. Niat dan sengaja hati menuntun kita dalam menyelesaikan persoalan ummat ini.
Selisih faham dan sengketa pendapat yang biasa kita temui dalam perjuangan, retak antara kawan seiring, akan mudah diselesaikan, jikalau kita sama-sama ikhlas memiliki kejujuran dan ketulusan hati. Tak ada dendam dan kebencian, tak ada kesumat dan iri hati antara manusia. Marilah kita memfanakan diri demi kepentingan Cita dan Agama !! Bukan Cita dan Agama untuk diri sendiri, tetapi diri sendiri untuk Cita dan Agama !!
Ikhlaskan diri sebelum berangkat, kelak Tuhan akan menggelimangi hajat kita dengan Rahman dan Rahim-Nya, dan akan memberikan ‘Inayah, Hidayah dan Ma’unah kepada kita. Tanpa ‘Inayah, Hidayah dan Ma’unah Illahi, kita tidak akan bertemu jalan yang benar, tidak akan bertemu dengan Cita dan Agama. Marilah kita berlaku jujur dalam perjuangan hidup, agar halaman sejarah hidup kita tidak bernoda dengan titik-titik yang menghitamkan diri. #570

SUNNAT MENYENDIRI (4)

Abu Hurairah r.a berkata : Bersabda Nabi s.a.w. : Allah tiada mengutus seorang Nabi melainkan pernah memelihara kambing. Berkata para sahabat : Dan kau ya Rasullulah? Jawab Nabi : Saya dahulu memelihara kambing orang-orang Mekkah dengan mendapat upah beberapa qirath (HR. Buchary).
--------------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN I, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1978, halaman 494-495.

SHOLAT JUM’AT (10)

Dari Ibnu ‘Abbas r.a., ia berkata : Rasulullah saw. bersabda : “Barangsiapa yang bercakap-cakap di hari Jum’at padahal Imam sedang berkhutbah, maka orang itu adalah seperti keledai yang memikul kitab-kitab, dan orang yang berkata kepadanya : “Diam!”, maka tiada Jum’at baginya. Diriwayatkan oleh Ahmad dengan sanad yang tidak apa-apa, dan hadits ini menafsirkan hadits Abu Hurairah dalam dua shahih (Bukhary -Muslim), marfu : Apabila engkau berkata kepada kawanmu : “Diam!”, sedangkan Imam sedang berkhutbah Jum’at, maka engkau berbuat sia-sia.
-------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab "Kitabush-Sholat", halaman 168-169.

Rabu, 16 Oktober 2013

SUNNAT MENYENDIRI (3)

Abu Sa’id Alkhudry r.a berkata : Bersabda Rasulullah s.a.w : Hampir terjadi bahwa sebaik-baik kekayaan seorang muslim peternakan kambing yang dipeliharanya di atas bukit dan mencari tempat-tempat air, semata-mata karena melarikan diri dari goda’an fitnah. (HR. Buchary)
--------------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN I, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1978, halaman 494.

SHOLAT JUM’AT (9)

Dari Ummi Hisyam binti Haritsah bin Nu’man r.a., ia berkata; Saya tidak menghafal “Qafwalquranil majid”, melainkan dari lidah Nabi. s.a.w. sendiri, beliau membacanya tiap-tiap Jum’at di atas mimbar apabila berkhutbah”, Riwayat Muslim.
--------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab "Kitabush-Sholat", halaman 168.

Selasa, 15 Oktober 2013

MAALIKUL-MULKI

MAALIKUL-MULKI (مَالِكُ الْمُلْكِ) artinya Yang Maha Menguasai Kerajaan, dan segala hal yang berlaku di alam semesta, baik langit maupun bumi dan sekitarnya serta yang di balik alam yang ghaib itu semuanya sesuai dengan kehendak dan iradat-Nya,tidak ada yang bisa membantah hokum-Nya.
Allah adalah Raja dari segala Raja (King of King) dan rajanya di dunia ini tidak kekal abadi dan pemerintahannya pun tidak berlaku terus-menerus.
Raja di dunia ini adalah seperti dalam sandiwara, apabila dia sedang bermain dan berperankan sebagai raja, maka diwaktu layar terbuka dia disebut “raja”. Tetapi apabila layar telah turun, ia kembali sebagai orang biasa. Begitulah caranya permainan. Begitulah raja, atau Presiden di dunia ini, kadang-kadang ia cepat diturunkan rakyat dari takhtanya, karena rakyat tak suka kepada pemerintahannya.
Bagi Allah mempunyai kerajaan yang sangat luas yang tak ada tandingan-Nya. Tunduklah kepada-Nya segala isi alam ini dan tak ada seorangpun yang dapat menghalangi perintah-Nya dan menghancurkan-Nya.
Firman الله سبحانه وتعالى dalam Al-Qur’an surat Ali ‘Imran ayat 26 yang artinya :
“Katakanlah, Ya Allah yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada siapa yang Engkau kehendaki, Engkau tanggalkan kerajaan kepada siapa yang Engkau kehendaki, Engkau muliakan siapa yang Engkau kehendaki, dan Engkau hinakan siapa yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkau segala kebajikan, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas tiap-tiap sesuatu.”

Firman الله سبحانه وتعالى dalam Al-Qur’an surat Al-Jumu’ah ayat 1 yang artinya :
“Telah bertasbih kepada Allah apa-apa yang di langit dan di bumi, Raja Yang Maha Suci, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”
--------------------------------
URAIAN ASMA'UL HUSNA, H. Hadiyah Salim, PT. Alma'arif, Cetakan Pertama 1983, halaman 89-90.
DO’A ASMAULLAH AL HUSNA DAN URAIAN MAKNANYA, Staf Redaksi C.V. Peladjar, C.V. Peladjar Bandung, halaman 47-48.

SUNNAT MENYENDIRI (2)

Abu Sa’id Alkhudry r.a berkata : Seorang bertanya kepada Nabi : Ya Rasulullah, siapakah manusia yang utama ? Jawab Nabi : Seorang mu’min yang berjuang dengan jiwa raganya dan hartanya untuk menegakkan agama Allah. Kemudian siapa? Jawab Nabi : Seorang yang menyendiri disuatu dusun bertaqwa kepada Allah beribadat dan menghindari manusia dan kejahatannya. (HR. Buchary dan Muslim).
--------------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN I, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1978, halaman 493-494.

SHOLAT JUM’AT (8)

Dari ‘Ammar bin Yasir r.a. ia berkata; Saya mendengar Rasulullah saw. bersabda : “Sesungguhnya panjangnya sholat dan pendeknya khutbah seseorang itu adalah tanda dari pengetahuannya tentang hal Agama.” Riwayat Muslim.
-------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab "Kitabush-Sholat", halaman 168.

Senin, 14 Oktober 2013

Hancurkan dan Basmi Virus My Tati Love!!

Tati my love
Tati.exe cuma virus pecundang…virus ini emang memblokir beberapa fungsi windows, beberapa diantaranya : SEARCH, TASK MANAGER, REGISTRY dan lain-lain. Virus Tati My Love juga menyembunyikan folder/subfolder dan membuat file duplikat di dalam flash disk berbentuk *.scr , tati.my.love.txt. Virus ini tergolong tidak terlalu jahat karena tidak merusak data. Virus ini bergerilya membentuk sebuah icon “Folder” untuk mengelabuhi mangsanya. Penyebarang utama virus ini ternyata melalui flash disk berbentuk “autorun.inf”. Virus berukuran 198 KB ini, menurut keterangan resmi yang diterima detikINET, Rabu (16/1/2008), memalsukan diri sebagai folder berekstensi SCR dan bertype “Screensaver”. Berikut cara ‘menghabisinya’ :

Langkah 1 :
Matikan “system restore” selama proses pembersihan berlangsung (bagi yang menggunakan Windows XP). Disarankan untuk melakukan pembersihan virus pada Safe Mode.

Langkah 2 :
Matikan proses virus dengan nama tati.exe (icon Folder). Untuk mematikan proses virus tersebut silahkan gunakan tools seperti “proceexp”. Tools ini dapat di-download di alamat http://download.sysinternals.com/Files/ProcessExplorer.zip

Langkah 3 :
Cari dan hapus file autorun.inf yang terdapat dalam setiap drive pada komputer anda. Pencarian bisa menggunakan menu “Search Windows”.
Cari dan hapus file dengan nama tati.exe di direktori C:\Windows, C:\Windows\system 32 dan C:\Documents and Settings\All Users\Start Menu\Programs\Startup

Langkah 4 :
Hapus file duplikat yang dibuat pada flash disk Anda. Untuk mempercepat proses penghapusan, Anda dapat menggunakan menu “Search Windows”.
Sebelum melakukan pencarian sebaiknya tampilkan terlebih dahulu file/folder yang disembunyikan. Berikut cara untuk menampilkan file/folder yang disembunyikan dan mencari file virus.
  1. Buka [Windows Explorer]
  2. Klik menu [Tools], kemudian klik [Folder Options]
  3. Pada layar “Folder Options”, klik tab [View]
  4. Pada folder [Hidden files and folders], hilangkan tanda centang pada opsi [Hide extensions for known file types] dan [Hide protected operating system files (recommended)]
  5. Lalu klik tombol [Ok]

Untuk mencari dan menghapus file virus :
  1. Buka Windows Explorer, kemudian klik kanan di lokasi Flash Disk, lalu klik “Search…”
  2. Setelah muncul layar “Search Result”, pada kolom “All or part of the file name” isi dengan ekstensi *.SCR
  3. Pada kolom “Look in” pastikan sudah menuju ke lokasi flash disk yang akan diperiksa.
  4. Klik menu “What size is it”, kemudian pilih opsi Specify size (in KB). Pilih “at most”, isi dengan ukuran “198″.
  5. Setelah itu klik menu “More Advanced option”, kemudian beri tanda centang pada Search system folders, Search hidden files and folders, Search subfolders.
  6. Kemudian klik tombol “Search” untuk memulai proses pencarian.
  7. Setelah berhasil ditemukan, hapus file virus yang mempunyai ukuran 198 dengan ekstensi SCR (Screen Saver) dengan icon “Folder”

Langkah 5 :
Tampilkan kembali file/folder yang sudah disembunyikan oleh virus pada flash disk Anda dengan cara:
  1. Klik [Start] menu
  2. Klik [Run]
  3. Pada dialog box [Run] ketik “CMD” tanpa tanda kutip, kemudian tekan tombol [Ok].
  4. Setelah muncul Dos Prompt, pindahkan kursor ke lokasi flash disk. Contoh jika flash disk Anda adalah E: maka ketik perintah E: kemudian tekan tombol [Enter].
  5. Setelah kursor berada di drive E (flash disk), ketik perintah: ATTRIB -s -h /s /d setelah itu ketikkan perintah EXIT untuk krluar dari Dos Prompt.

Langkah 6 :
Rajin-rajin men-scan komputer dengan anti virus yang ter-update.

Sumber : Bosgentongs Ideal's Blog

Mesin Lorong Waktu

Kenapa aku begitu silau dengan gemerlap dunia sebagai pembuktian akan kemakmuran diri atau pemahaman kepemilikan gemerlap dunia sebagai pertanda satu-satunya kasih sayang Allah pada hamba-Nya. Andai saja aku memiliki mesin waktu seperti dalam kisah sinetron religi Lorong Waktu-nya pakdhe Deddy Mizwar, aku ingin sekali berada pada suasana pasca pembagian harta rampasan perang di Hunain dan Ta’if. Dimana Nabi memberikan pembagian harta rampasan perang lebih banyak kepada mereka-mereka yang baru masuk dalam pelukan Islam. Dan tindakan Nabi mengambil hati orang-orang yang tadinya merupakan musuh besar itu menjadi bahan pembicaraan di kalangan Anshar, dan satu sama lain mereka berkata : “Rasulullah telah bertemu dengan masyarakatnya sendiri.” Hingga perkataan Anshar itu sampai kepada Nabi di Hazira (istilah untuk sebuah tempat yang dilingkungi buluh dan papan, yakni tempat berpagar).
Lalu Nabi meminta Sa’d bin ‘Ubada mengumpulkan Anshar, dan berkata beliau : “Saudara-saudara kaum Anshar. Suatu desas-desus (Qalatun, ‘Banyak bicara yang akan menimbulkan permusuhan) berasal dari kamu yang telah disampaikan kepadaku itu merupakan suatu perasaan yang ada dalam hatimu terhadap diriku, bukan? Bukankah kamu dalam kesesatan ketika aku datang lalu Tuhan membimbing kamu? Kamu dalam kesengsaraan lalu Tuhan memberikan kecukupan kepadamu, kamu dalam permusuhan, Tuhan mempersekutukan kamu?”
Anshar : “Ya, memang! Tuhan dan Rasul juga yang lebih bermurah hati.”
Muhammad : “Saudara-saudara kaum Anshar. Kamu tidak menjawab kata-kataku?”
Anshar : “Dengan apa harus kami jawab, ya Rasulullah? Segala kemurahan hati dan kebaikan itu ada pada Allah dan Rasul-Nya juga.”
Muhammad : “Ya, sungguh, demi Allah! Kalau kamu mau, tentu kamu masih dapat mengatakan kamu benar dan pasti dibenarkan : “Engkau datang kepada kami didustakan orang, kamilah yang mempercayaimu. Engkau ditinggalkan orang, kamilah yang menolongmu. Engkau diusir, kamilah yang memberimu tempat. Engkau dalam sengsara. kami yang menghiburmu. Saudara-saudara dari Anshar! Adakah sekelumit juga rasa keduniaan itu dalam hati kamu? Dengan itu aku telah mengambil hati suatu golongan supaya mereka sudi menerima Islam, sedang terhadap keislamanmu aku sudah percaya. Tidakkah kamu rela, saudara-saudara Anshar, apabila orang-orang itu pergi membawa kambing, membawa unta, sedang kamu pulang membawa Rasulullah ke tempat kamu? Demi Dia yang memegang hidup Muhammad! Kalau tidak karena hijrah, tentu aku termasuk orang Anshar. Jika orang menempuh suatu jalan di celah gunung, dan Anshar menempuh jalan yang lain, niscaya aku akan menempuh jalan Anshar. Allahuma ya Allah, rahmatilah orang-orang Anshar, anak-anak Anshar dan cucu-cucu Anshar.”
Semua perkataan Nabi yang diucapkan dengan penuh keharuan, penuh rasa cinta dan kasih-sayang kepada mereka yang pernah memberikan ikrar, pernah memberikan pertolongan dan satu sama lain saling memberikan kekuatan. Begitu besar keharuannya itu, sehingga orang-orang Anshar pun menangis. sambil berkata : “Kami rela dengan Rasulullah sebagai bagian kami.”
Dan aku ingin sekali bisa memahami bagaimana Nabi telah memperlihatkan ketidaksukaannya pada harta yang telah diperoleh sebagai rampasan perang itu, yang sebenarnya belum pernah ada suatu rampasan perang diperoleh sebanyak itu. Ia memperlihatkan ketidaksukaannya pada harta itu sebagai langkah dalam mengambil hati mereka yang dalam beberapa minggu yang lalu masih musrik — dapat melihat bahwa dalam agama yang baru itu ada kebahagiaan hidup dunia dan akhirat. Kalau dalam membagi harta itu Muhammad sendiri sudah merasa payah sekali sehingga menimbulkan pertanyaan di kalangan Muslimin; dan kalau pun ini telah membawa kemarahan pihak Anshar karena beliau telah bermurah hati kepada mereka yang perlu dijinakkan itu, namun dengan demikian ia telah memperlihatkan sikap yang adil, pandangan yang jauh serta kebijaksanaan yang baik sekali. Dengan demikian ia telah berhasil mengajak ribuan orang Arab ini — semua dengan senang hati, dengan perasaan lega bersedia memberikan nyawanya demi jalan Allah.
Sebuah harapan yang tak terperi ketika Rasulullah mendoakan kebaikan kita dan anak cucu serta menjamin kebersamaan dengan beliau kepada kita. Salam'alaika yaa Rasulullah.

SUNNAT MENYENDIRI (1)

Sa’ad bin Abi Waqqosh r.a berkata : Saya telah mendengar Rasulullah s.a.w bersabda : Sesungguhnya Allah kasih kepada hamba yang bertaqwa, yang kaya hati dan tersembunyi. (HR. Muslim).
-----------------------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN I, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1978, halaman 493.

SHOLAT JUM’AT (7)

Dari Jabir bin Abdillah r.a., ia berkata; “Adalah Rasulullah s.a.w. apabila berkhutbah, kedua matanya merah, tinggi suaranya. keras marahnya, sehingga seolah-olah beliau itu pengancam lentara dengan berkata : “(Musuh) akan menyerbu kamu pagi-pagi dan petang”, kemudian beliau bersabda : “Amma ba’du, sesungguhnya sebaik-baik perkataan (uraian) ialah kitab Allah, dan sebaik-baiknya petunjuk adalah petunjuk Muhammad, dan seburuk-buruknya perkara (urusan ‘ibadah) ialah yang diada-adakan (bid’ah), dan setiap bid’ah itu adalah sesat”. Diriwayatkan oleh Muslim. Dan dalam sebuah riwayat Muslim pula : “Adalah khutbahnya Nabi s.a.w. di hari Jum’at; Beliau memuji Allah dan menyanjungnya kemudian beliau berkata mengiringi pujian dan sanjungan itu dengan suaranya yang tinggi”. Dan dalam sebuah riwayatnya pula : “Barangsiapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka tidak ada yang dapat menyesatkannya, dan barangsiapa yang ada dalam kesesatan, maka tidak ada yang dapat memberi petunjuk kepadanya”. Dan dalam riwayat Nasa’i disebutkan; “Dan seluruh kesesatan itu di dalam neraka”
-------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab "Kitabush-Sholat", halaman 167.

Minggu, 13 Oktober 2013

AR-RA’UUFU

AR-RA’UUFU (الرَّءُوْفُ) artinya Yang Maha Pengasih, Maha rahmat dan Kasih Sayang kepada makhluk-Nya, hampir sama dengan Ar-Rahman dan Ar-Rahim, hanya saja sifat Ar-Ra’uf ini disertai lemah lembut.
Pengasihnya Allah telah dirasakan oleh segenap hamba-Nya, dan kurnia-Nya yang banyak itu yang diberikan-Nya kepada setiap hamba-Nya, kepemurahan-Nya, pertolongan-Nya dan sebagainya, telah diuraikan satu persatu dalam pembahasan asma-ul husna ini. Semuanya itu menunjukkan bahwa Allah itu Maha Pengasih dan Maha Penyayang yang tiada taranya. Berbahagialah orang yang taat dan patuh menurut perintah Allah dan merugilah yang mendurhakai-Nya.
Firman الله سبحانه وتعالى dalam Al-Qur’an surat An-Nahl ayat 7 yang artinya :
“Binatang itu membawa beban kamu kesuatu negeri yang kamu tidak sanggup sampai kepadanya, melainkan dengan bersusah payah. Sesungguhnya Tuhan kamu Maha Penyantun lagi Maha Penyayang”.

Firman الله سبحانه وتعالى dalam Al-Qur’an surat Al-Hadid ayat 9 yang artinya :
“Dia yang menurunkan kepada hamba-Nya (Muhammad) beberapa ayat yang terang, supaya ia mengeluarkan kamu daripada gelap gulita kepada terang benderang. Sungguh Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang kepadamu.”

Agar kita selalu mendapatkan belas-kasihan Allah, kita diharuskan berbelas-kasihan pula kepada orang-orang yang lemah dan fakir miskin.
--------------------------------
URAIAN ASMA'UL HUSNA, H. Hadiyah Salim, PT. Alma'arif, Cetakan Pertama 1983, halaman 88-89.
DO’A ASMAULLAH AL HUSNA DAN URAIAN MAKNANYA, Staf Redaksi C.V. Peladjar, C.V. Peladjar Bandung, halaman 47.

WARA DAN MENJAUHI SEGALA SYUBHAT (9)

Athiyah bin Urwah Assa’dy r.a berkata : Bersabda Rasulullah s.a.w : Seorang hamba tidak dapat mencapai tingkat muttaqin, hingga meninggalkan apa-apa yang tidak berdosa, karena khawatir terjerumus pada apa yang berdosa. (HR. Attirmidzy).
--------------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN I, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1978, halaman 492.

SHOLAT JUM’AT (6)

Dari Jabir bin Samurah r.a., ia berkata; “Bahwasanya Nabi s.a.w. berkhutbah sambil berdiri, lalu duduk, kemudian beliau berkhutbah sambil berdiri, maka barangsiapa yang memberitahu kepadamu bahwa Nabi berkhutbah sambil duduk, adalah dusta.”, Dikeluarkan oleh Muslim.
-------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab "Kitabush-Sholat", halaman 166-167.

Sabtu, 12 Oktober 2013

4 Obyek Wisata dalam 12 Jam

OBYEK WISATA. Ahad, 29 September 2013 TravelNusa (Traveler Nusantara) sekeluarga melakukan perjalanan wisata dadakan, tetapi untungnya kebutuhan biaya sudah dipersiapkan 3 bulan sebelumnya. Sebagai warga Jawa Tengah kita turut mendukung program Pemerintah Visit Jawa Tengah 2013 dengan ikut mengunjungi obyek-obyek wisata yang banyak tersebar di Jawa Tengah dan turut mempromosikan keeleokkannya. Kabupaten Semarang dan Kota Semarang menjadi target kunjungan wisata kami nikmati.

ESTIMASI BIAYA
Sewa Mobil = Rp. 350.000 per 12 jam
Premium = Rp. 120.000 (@1 liter = Rp. 6.500)
Biaya Masuk Tol = Rp. 20.000,-
Tiket Masuk Candi Gedung Songo = Rp. 45.000,- (@Rp. 7.500 per orang hari libur)
Tiket Parkir Mobil Candi Gedung Songo = Rp. 3.000 per mobil
Tiket Masuk Umbul Sidomukti = Rp. 60.000,- (@Rp. 10.000,- per orang hari libur)
Tiker Parkir Mobil Umbul Sidomukti = Rp. 2.000 per mobil
Tiket Parkir Mobil Mesjid Agung Jawa Tengah = Rp. 2.000,-
Tiket Masuk Sam Poo Kong = Rp. 18.000,- (Rp. 3.000 per orang hari libur)
Tiket Parkir Mobil Sam Poo Kong = Rp. 2.000 per mobil
Makan dan Jajan Rp. 250.000,-
--------------------------
Total Biaya = Rp. 872.000,-

CANDI GEDONGSONGO
Lampu Taman sepanjang selasar jalan
Tujuan pertama adalah Candi Gedongsongo lokasi terjauh menurut kami yang bakal kami datangi. Komplek Candi Gedongsongo ini berada pada titik koordinat GPS : 7° 12' 29.90" S  110° 20' 29.86" E. Dari kunjungan terakhirku, rupanya pengelola tempat wisata ini memberikan beberapa penambahan fasilitas gazebo yang bermanfaat jadi ruang berkumpul jika berwisata rombongan dan penambahan lampu jalan yang estetika sebagai pemanis taman. Setelah satu jam setengah lebih kami memuaskan diri disini kami melanjutkan perjalanan ke obyek berikutnya.

UMBUL SIDOMUKTI  
Kolam rendam Umbul Sidomukti
Perjalanan selanjutnya menuju Umbul Sidomukti yang terletak di Lembah Sidomukti lereng Gunung Ungaran, tepatnya desa Sidomukti, Bandungan, Kabupaten Semarang.  Dua jam kami habiskan waktu disini dengan berenang, berendam dan makan siang.

MASJID AGUNG JAWA TENGAH
Menara Al-Husna kompleks MAJT
Setengah tiga sore kami sampai di Masjid Agung Jawa Tengah yang terletak di jalan Gajah Raya, Keluarahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari menempati tanah bandha Masjid Agung Semarang seluas 10 ha dan mampu menampung jamaah lebih kurang 13.000 orang, lalu kami menikmati suasana kompleks masjid dan berjamaah ashar disini.
Setelah sholat ashar berjamaah kami melanjutkan perjalanan ke obyek berikutnya.

SAM POO KONG
Klenteng Sam Poo Kong adalah sebuah kuil Tionghoa yang terletak di daerah Kelurahan Ngemplak Simongan, Kecamatan Semarang Barat, Kotamadia Semarang, Indonesia adalah  tempat kunjungan yang terakhir kami berwisata kali ini. Kurang lebih satu jam setengah kami meng-eksplore tempat ini dengan berfoto-foto. Yang pengen berkostum ria ala raja-raja Tiongkok kalian bisa sewa kostum disini, biayanya per kostum Rp. 80.000,- dua kali foto.

WARA DAN MENJAUHI SEGALA SYUBHAT (8)

Nafi’ berkata : Umar bin Al-Khotthob menentukan belanja bagi sahabat Muhajirin 4000 (empat ribu), tetapi untuk putranya sendiri diberi 3500 (tiga ribu lima ratus). Dan ketika ditanya : Mengapakah kamu mengurangi bagiannya? Jawabnya : Ia dibawa hijrah oleh ayahnya. Tidak dapat disamakan dengan orang yang berhijrah sendiri. (HR. Buchary).
--------------------------------
Tarjamah RIADHUS SHALIHIN I, Salim Bahreisy, Penerbit PT Alma’arif Bandung, Cetakan keempat 1978, halaman 492.

AL-’AFUWWU

AL-’AFUWWU (الْعَفُوُّ) artinya Yang Maha Pema’af, pelebur kesalahan orang yang suka kembali untuk meminta ampun pada-Nya, hampir sama artinya dengan Al-Ghafur dan At-Tawab = pengampun dan pemberi taubat, hanya saja Al-Afuwwu mengandung arti menghapus dosa diminta ataupun tanpa diminta ampun.
Allah s,w,t. Maha Tinggi, Maha Mulia, Maha Sempurna dalam segala-galanya, suka memberi ma’af kesalahan dan dosa-dosa hamba-Nya, apabila hamba-Nya itu memohon ampunan-Nya, tetapi sayang kebanyakan manusia yang lalai memohon ampun kepada Allah. Diantara Manusia ada yang tidak mau memberi ma’af terhadap sesamanya. Dalam agama Islam sangat tercela manusia yang tidak mau ma’af mema’afkan itu.
Firman الله سبحانه وتعالى dalam Al-Qur’an surat Ali ‘Imran ayat 134yang artinya :
“Yaitu orang-orang yang menafkahkan hartanya ketika suka dan duka (dimasa lapang dan sempit), orang-orang yang sabar menahan marah, orang-orang yang mema’afkan manusia dari kesalahannya. Allah mengasihi orang-orang yang berbuat kebaikan itu”.

Firman الله سبحانه وتعالى dalam Al-Qur’an surat An-Nisa’ ayat 149 yang artinya :
“Jika kamu melahirkan sesuatu kebajikan atau kamu sembunyikan atau kamu ma’afkan kesalahan orang, maka sesungguhnya Allah Maha Pema’af lagi Berkuasa.”
--------------------------------
URAIAN ASMA'UL HUSNA, H. Hadiyah Salim, PT. Alma'arif, Cetakan Pertama 1983, halaman 87-88.
DO’A ASMAULLAH AL HUSNA DAN URAIAN MAKNANYA, Staf Redaksi C.V. Peladjar, C.V. Peladjar Bandung, halaman 47.

SHOLAT JUM’AT (5)

Dari Ibnu Umar r.a., ia berkata; Rasulullah s.a.w. bersabda : “Barangsiapa yang keburu (kebagian) sholat Jum’at dan lainnya satu raka’at, hendaklah ia tambah kekurangannya raka’at, maka ia telah sempurna sholatnya”. Diriwayatkan oleh Nasa’i, Ibnu Majah, Darukutny, dan lafadh ini adalah riwayat Darukutny dengan sanad yang shahih, tapi Abu Hatim menguatkan mursalnya.
-------------------------------
Tarjamah BULUGHUL MARAM, Ibnu Hajar Asqalany, Penerbit : PT. Alma’arif Bandung, Cetakan ke tujuh, 1984, Bab "Kitabush-Sholat", halaman 166.